6 Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Bisa Traveling

0
411
6 Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Bisa Traveling - ©blibli.com
6 Tips Mengatur Keuangan Agar Tetap Bisa Traveling - ©blibli.com

Nongki.net – Mengatur keuangan untuk orang yang gemar traveling sebenarnya tidak terlalu sulit. Asalkan Anda bisa mengambil keputusan yang tepat, tentu keuangan Anda akan tetap terjaga.

Bagi sebagian orang, traveling sudah menjadi gaya hidup ataupun hobi tersendiri yang harus dilakukan setidaknya sekali dalam setahun. Pasalnya, ada kepuasan tersendiri yang tidak bisa diukur saat melakukan traveling ke destinasi yang diimpikan. Di luar gaya hidup ataupun hobi, ada alasan lain yang membuat seseorang melakukan traveling, yaitu untuk menghilangkan stres ataupun suntuk akibat rutinitas maupun pekerjaan.

Namun, apapun alasannya traveling membutuhkan anggaran atau budget khusus yang tidak sedikit. Sehingga harus dipersiapkan secara matang dari jauh-jauh hari. Meskipun harus rela berhemat dan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung tetapi masih banyak saja yang rela agar bisa traveling.

Nah, agar kesannya tidak memaksakan keuangan Anda, berikut ini cara mengatur keuangan untuk orang yang hobi traveling versi Nongki.net.

Baca Juga:  6 Cara Menggunakan Toilet Umum Dengan Aman

1. Menabung Tiap Bulan

Memiliki banyak uang memang dambaan setiap orang. Tidak mengherankan jika banyak orang yang selalu tergoda untuk menghambur-hamburkannya ketika memiliki banyak uang. Alhasil impian untuk berlibur hanya menjadi mimpi belaka. Oleh karena itu menabung adalah salah satu pilihan wajib bagi Anda yang hobi traveling.

Anda bisa melakukan cara ini jika keuangan tidak memungkin untuk langsung melakukan liburan. Jangka waktu menabung harus disesuaikan dengan gaji dan estimasi pengeluaran saat liburan. Sebagai contoh: biaya liburan Anda diperkirakan Rp 3.000.000. Maka Anda dapat menabung Rp 1.000.000 perbulan selama tiga bulan ataupun Rp 500.000 untuk enam bulan kedepan.

Jika Anda memang sudah berniat untuk pergi liburan artinya Anda juga harus punya komitmen untuk menabung. Usahakan uang untuk traveling dipisahkan dari rekening Anda. hal ini agar uang tersebut tidak tercampur dan akhirnya Anda tidak bisa menabung untuk traveling. Dengan menabung, bagi Anda yang hobi traveling tak perlu takut lagi bakal kekurangan uang.

2. Pilih Destinasi yang Tidak Terlalu Jauh

Saat Anda memiliki keinginan untuk traveling namun memiliki anggaran yang terbatas. Maka Anda dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi yang tidak terlalu jauh. Sebenarnya liburan bisa Anda lakukan dimana saja, tidak melulu harus naik pesawat yang harganya cukup menguras kantong. Anda dapat memilih tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi. Yang terpenting adalah memberikan pengalaman baru yang berarti serta melepas stres.

Oleh karena itu, agar kondisi keuangan Anda tetap stabil sekaligus menyalurkan hobi traveling Anda. Maka pilihan destinasi yang dekat dengan tempat tinggal Anda adalah pilihan yang tepat. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran besar ketika berlibur. Misalnya bagi Anda yang tinggal di Jakarta, Anda dapat pergi ke Bandung, Bogor, Cirebon atau kota-kota terdekat yang belum pernah Anda singgahi.

3. Mencari Transportasi yang Murah

Cara mengatur keuangan berikutnya agar tetap bisa traveling adalah dengan mencari pilihan transportasi yang semurah mungkin. Jika memang tujuan destinasi Anda masih bisa dilalui oleh kereta api, tidak ada salahnya Anda membeli tiket kereta api dari jauh-jauh hari yang tentu harganya lebih murah dibandingkan pesawat. Namun, jika hanya bisa dilalui oleh pesawat, belilah tiket pesawat saat ada promosi ataupun travel fair yang tentunya memberikan harga jauh lebih murah dari biasanya.

Menggunakan kendaraan pribadi juga bisa menjadi alternatif lain agar liburan Anda semakin hemat. Ketika Anda menentukan destinasi liburan yang dekat dengan kota Anda, maka menggunakan kendaraan pribadi adalah pilihan yang tepat. Selain murah, Anda juga dapat dengan mudah berkeliling sendiri saat tiba di lokasi liburan. Anda tidak perlu repot-repot bertanya rute transportasi umum dari satu destinasi ke destinasi berikutnya. Namun Anda juga harus mempersiapkan kondisi badan tetap prima. Karena menggunakan kendaraan pribadi bisa sangat menguras tenaga Anda.

Baca Juga:  10 Bandara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luasnya

4. Pilih Penginapan yang Murah

Saat harus menginap maka sebaiknya Anda memilih penginapan dengan harga murah namun masih layak huni. Biasanya tempat penginapan seperti ini memiliki lokasi yang sedikit lebih jauh dari tempat wisata utama. Alasan mengapa harus memilih hotel yang murah adalah karena Anda hanya akan menggunakannya untuk istirahat di malam hari saja. Selebihnya Anda akan menghabiskan waktu untuk berwisata.

Saat berlibur, jangan habiskan sebagian besar waktu Anda untuk tidur di hotel. Sebaiknya mengeksplore banyak tempat baru disekitar dan mencicipi makanan khas lokal. Dengan memilih penginapan yang murah, Anda dapat mengalokasikan uangnya untuk kebutuhan lain yang juga penting.

5. Membawa Bekal Dari Rumah

Traveling pastinya menguras banyak tenaga, membuat badan lemas tak terkira. Badan lemas membuat rasa lapar tak bisa lagi dihindari. Bagi kamu yang tak ingin biaya pengeluarannya membengkak saat traveling, sebaiknya bawalah bekal makanan dari rumah sebelum melakukan perjalanan. Dengan membawa bekal makanan dari rumah, biaya pengeluaranpun bisa sedikit diminimalisir. Sebab, biasanya harga makanan di tempat-tempat wisata terbilang mahal.

Namun, jika Anda tidak sempat membawa bekal makanan dari rumah, Anda bisa makan di warung makan yang sekiranya tidak terlalu menguras banyak pengeluaran. Misalnya makan di warung-warung kecil dan menghindari makan di restoran. Kecuali jika Anda memiliki budget khusus untuk mencicipi makanan lokal yang memang sedikit mahal.

6. Stop Belanja Kebutuhan Yang Kurang Penting

Traveling memang mengasyikan. Traveling tanpa memegang uang tentu akan sangat menyedihkan. Maka, menekan biaya pengeluaran adalah salah satu kunci bagi Anda yang hobi sekali dengan jalan-jalan. Untuk menghemat pengeluaran maka mulailah berhentilah membeli barang-barang tidak bermanfaat. Selain tidak memberikan manfaat, tentunya juga hanya akan membuat keuangan Anda mengalir deras. Kondisi keuangan yang sekarat bisa menyebabkan rencana liburan Anda menjadi gagal.

Hidari membeli baju, sepatu, minum kopi di cafe dan kebutuhan lain yang selama ini sering menguras kantong Anda. Hal ini harus Anda lakukan demi memiliki kondisi keuangan yang sehat untuk kebutuhan dan traveling. Mengatur keuangan untuk melakukan traveling itu tidak sulit. Yang dibutuhkan hanyalah komitmen Anda secara konsisten. Selain keuangan Anda tetap terjaga, Anda juga masih bisa liburan ke destinasi yang selama ini Anda diimpikan. Selamat mencoba!

Baca Juga:  5 Langkah Sederhana Menjaga Badan Tetap Bugar

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini