7 Tempat Wisata Balikpapan Paling Favorit Wisatawan

0
483

Nongki.net – Balikpapan kota yang terkenal dengan hasil minyaknya ini ternyata menyimpan pesona tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang memiliki jumlah penduduk terbesar kedua di Kalimantan Timur ini menawarkan beragam destinasi wisata mulai dari pantai, gunung, daerah perbukitan, hingga hitan lindung.

Balikpapan telah dilengkapi dengan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS Sepinggan). Sehingga untuk mengunjungi kota ini, Anda dapat memilih beberapa penerbangan dari berbagai maskapai. Sejumlah hotel berbintang pun telah berdiri dan dapat melayani Anda dengan tarif yang beraneka ragam tergantung dari kemampuan Anda masing-masing.

Terdapat dua pantai yang menjadi tempat favorit wisatawan saat pergi ke Balikpapan, yaitu Pantai Kemala dan Pantai Manggar. Namun jika Anda ingin merasakan suasana alam dengan udara yang sejuk, maka Hutan Lindung Sungai Wain adalah pilihan yang tepat. Hutan topis ini masih memiliki kondisi alam yang terjaga serta menjadi rumah bagi sejumlah hewan dan tumbuhan langka yang ada di dunia.

Selain itu, bagi Anda yang menyukai tempat wisata yang agak sedikit ekstrim, maka Anda dapat pergi ke Penangkaran Buaya Teritip untuk menyaksikan dan memberi makan buaya-buaya yang ada di sana.

Baca Juga:  Berbasah-basah Ria di Festival Songkran Thailand

1. Pantai Kemala

Pantai Kemala atau disebut dengan Pantai Polda adalah sebuah pantai yang berada di Balikpapan atau lebih tepatnya terletak di jalan Jenderal Sudirman. Setiap hari pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutamasaat akhir pekan. Hal ini dikarenakan pasir putih yang membentang luas serta angin sepoi-sepoi membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama.

Di sepanjang pinggir pantai terdapat banyak warung yang menawarkan hidangan makanan khas daerah hingga menu ala Western. Anda dapat menikmati hidangan makan dan minuman sambil ditemani pemandangan debusan ombak yang melambai-lambai.

Karena ombak yang agak tenang, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan menarik di wisata Balikpapan Kalimantan Timur ini seperti berenang, duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan, berjalan-jalan di sepanjang pantai. Anda juga dapat menikmati wahana permainan air seperti banana boat dengan biaya Rp. 25.000,- per orang atau jetski dengan biaya Rp. 800.000,- per orang. Untuk dapat masuk tempat wisata pantai ini, setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu Rp 500 per orang. Jika Anda membawa mobil pribadi akan dikenakan biaya Rp. 2.000,- dan untuk tarif motor senilai Rp. 1.000,-

2. Hutan Lindung Sungai Wain

Tempat wisata Balikpapan dan Samarinda selanjutnya adalah Hutan Lindung Sungai Wain yang merupakan sebuah hutan tropis yang masih sangat alami dan belum tersentuh tangan jahil manusia. Tempat wisata yang berlokasi di Balikpapan ini, tepatnya KM 23 Jalan Balikpapan – Samarinda menjadi tempat perlindungan flora dan fauna langka seperti beruang, bekantan, kantong semar, orang utan, dan lain-lain. Selain itu , wisata Kota Balikpapan ini menjadi budidaya tanaman endemik yaitu jahe Balikpapan.
Hutan Lindung Sungai Wain memiliki lokasi seluas 10.000 ha, sehingga apabila Anda berkunjung ke sini akan didampingi pemandu wisata. Untuk dapat mengunjungi tempat ini, ada beberapa paket yang bisa Anda pilih, misalnya paket A terdiri dari 1 – 6 tamu yang dipatok dengan harga Rp. 350.000,-, dan seterusnya.

3. Taman Tiga Generasi

Tempat wisata di Balikpapan dan Samarinda berikut ini jarang diketahui banyak orang, tempat ini bernama Taman Tiga Generasi. Tempat ini menjadi tempat nongkrong atau nyantai bersama teman-teman dan keluarga Anda saat akhir pekan tiba.

Objek wisata di Balikpapan ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Hal ini dapat terlihat dari kebersihannya dan keasriannya yang selalu terjaga, dimana pemerintah harus menyiapkan anggarannya secara berkala demi membayar jasa petugas kebersihan dan keindahan taman.

Di taman Tiga Generasi ini, tersedia jalan yang dipasang batu kerikil sehingga sangat cocok untuk orang tua yang ingin terapi refleksi secara rutin guna memperlancar peredaran darah. Selain itu, tempat ini dapat digunakan sebagai tempat olahraga maraton rutin setiap paginya karena di sekitar taman banyak terdapat pohon-pohon yang menghasilkan udara segar dan meneduhkan suasana.

Baca Juga:  VIDEO: TMII, Tempat Rekreasi Yang Sarat Edukasi

4. Gunung Dubs

 

Gunung Dubs merupakan sebuah dataran tinggi yang ada di kota Balikpapan. Tempat ini menjadi kompleks perumahan pertamina yang tak jauh dari kilang minyak. Tempat ini menampilkan pemandangan yang indah dipandang mata. Di sepanjang jalan terdapat pohon-pohon rindang yang menghasilkan udara di sekitarnya terasa sejuk. Pada malam hari yang menampilkan pemandangan kota cantik yang dihiasi gemerlap lampu kota.

Wisata malam Balikpapan ini juga memberikan kita pengalaman baru tentang hasil perkilangan minyak pertamina yang bentuknya mirip seperti drum yang sangat besar. Anda dapat bersantai di sini menikmati keindahan alam yang dapat menyejukkan hari dan pikiran Anda. mengamati keadaan kota dan permukaan laut dari atas bukit tentunya akan membuat kita lebih kagun dengan kekuasaan dan kebesaran Allah.

5. Bukit Bangkirai

Tempat wisata berikutnya yang tak boleh ditinggalkan adalah Bukit Bangkirai. Pada objek wisata kali ini Anda akan berpetualangan melewati sebuah jembatan tali yang beralas papan yang terhubung dengan 5 pohon bangkirai. Jembatan yang dilewati oleh wisatawan adalah jembatan canoby bridge.

Untuk Anda pecinta alam yang menyukai daerah pegunungan, Bukit Bangkirai sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan, medan yang ada di sini tidak begitu sulit dengan jarak tempuh yang cukup singkat dan ditambah .dengan suasana asri di daerah pegunungan.

6. Pulau Segajah

Tempat wisata unik berikutnya yang ada di Balikpapan adalah Pulau Segajah. Pulau ini berjarak 250 km dari kota Balikpapan. Tepatnya lokasi ini berada di keluarahn Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur.

Keunikan dari pulau ini adalah pulau ini hanya dapat dikunjungi pada siang hari. Tau kah Anda kenapa? Karena pulau ini akan tenggelam pada waktu malam hari. Selain itu, pada waktu akan berkunjung siang hari, Anda juga harus memperhatikan keadaan air laut dan pastikan dalam keadaan surut.

Ketika air laut mulai pasang, keadaaan pulau ini mulai tenggelam seolah tak nampak. Pesona alam pulau Segajah sungguh mempesona dengan keadaan air laut berwarna biru.dan pasirnya yang berwarna putih. Tempat ini cocok bagi Anda yang hobi menyelam karena pulau ini menampakan keindahan bawah laut yang memukau hati. Anda akan menjumpai banyak bintang laut dengan warna coklat kemerahan.

Yang perlu Anda ketahui, berbeda dengan wisata Balikpapan dekat bandara, di tempat ini tidak tersedia warung makan atau restorant dan juga hotel. Jadi saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda harus memperhatikan waktu. Kalau Anda mencari penginapan, Anda bisa pergi ke Bontang.

Untuk dapat sampai di pulau Segajah, Anda dapat naik bus antar kota dalam provinsi menuju pelabuhan di Bontang Kuala. Selanjutnya, Anda dapat menyewa perahu motor dengan waktu perjalanan sekitar 20 – 30 menit untuk sampai di pulau unik ini.

7. Balikpapan Super Blok

Balikpapan Super Blok (BSB) merupakan sebuah pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Balikpapan. tempat ini didirikan pada tahun 2007, dimana terdapat 7 lantai.

Di sini Anda dapat membeli segala keperluan Anda. Tempat ini dapat memanjakan Anda dalam berbelanja. Di sini tersedia pakaian, perhiasan, aksesoris, buku, sampai pada perlengkapan rumah, dan perlengkapan dapur, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang Balikpapan Super Blok menjadi mall ternama yang ada di kota Balikpapan.

Itulah tadi 7 tempat wisata di Balikpapan KM 28 yang sayang untuk dilewatkan ketika Anda berada di kota Balikpapan. Selamat berlibur dan nikmati masa keseruan liburan Anda bersama keluarga.

Baca Juga:  12 Tempat Wisata Populer di Banyuwangi

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini