7 Tempat Wisata Paling Menarik dan Terbaik di Hong Kong 5/5 (1)

0
325
7 Tempat Wisata Paling Menarik dan Terbaik di Hong Kong
7 Tempat Wisata Paling Menarik dan Terbaik di Hong Kong - ©webjet.com.au

Nongki.net – Hong Kong adalah sebuah negara dengan daerah administrasi khusus negara China. Berdasarkan sejarahnya, Hong Kong pernah menjadi tempat jajahan Inggris. Sehingga percampuran budaya antara China dan Inggris menjadi sangat kental di sini. Membuatnya menjadi negara yang unik dan menarik ini memiliki banyak tempat wisata terbaik bagi wisatawan.

Dibalik suasana kota yang moderen dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi, Hong Kong masih menyimpan banyak sekali tempat-tempat tradisional. Selain itu terdapat pula beberapa wilayah pegunungan yang sebagian besar merupakan lanskap pedesaan. Beberapa juga masih ditumbuhi pohon-pohon hijau yang menjadi hutan belantara. Hong Kong menyajikan bukan hanya wisata kota (City Tour) tetapi juga alam dan budaya.

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan merangkum 7 tempat wisata di Hong Kong paling menarik dan terbaik favorit para wisatawan. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Taiwan Ini Gak Bikin Kantong Bolong

1. The Skyline Hong Kong

Hong Kong Skyline adalah salah satu atraksi paling khas dan menarik Hong Kong. Kerumunan gedung-gedung pencakar langit berjejer mengelilingi wilayah di sekitar perairan Victoria Harbour. Ketika pergi berlibur ke Hong Kong, Anda layak meluangkan waktu untuk menikmati suasana kota metropolitan dari Victoria Peak pada siang hari. Ketika malam menjelang, Anda juga akan disuguhkan dengan pertunjukan cahaya dari laser Symphony of Lights yang akan membuat malam Anda semakin meriah.

Pertunjukan Symphony of Lights akan berlangsung setiap hari sejak pukul 20.00 waktu setempat. Sinar laser dan lampu sorot akan menerangi gelapnya langit malam diiringi lantunan musik-musik instrumen orkestra barat dan China oleh Hong Kong Philharmonic Orchestra. Perpaduan musik tersebut akan menghadirkan efek budaya timur dan barat.

Jika Anda berkunjung pada saat-saat seperti tahun baru China, maka Anda juga bisa menikmati suguhan festival kembang api di Victoria Peak.

2. Wisata Pedesaan Hong Kong

Di balik kemajuan ekonomi dan pembangunannya yang pesat, Hong Kong masih memiliki wisata bersejarah bagi wisatawan. Jika Anda tertarik untuk melihat lebih jauh tentang sisi tradisional Hong Kong, maka Anda wajib mengunjungi beberapa desa-desa kuno. Suasana pedesaan ini akan menampilkan pemandangan sekilas tentang Hong Kong di masa lalu. Bahkan beberapa desa di antaranya telah berusia lebih dari 500 tahun yang lalu sejak penjajahan Inggris.

  • Desa Kat Hing Wai

Desa pertama yang patut untuk Anda singgahi adalah Kat Hing Wai. Desa ini telah berusia kira-kira 400 tahun. Desa berdinding atau A Walled Village ini merupakan wisata yang cukup populer di Hong Kong. Anda akan menemukan sejumlah rumah kuno, reruntuhan zaman perang, serta tembok-tembok tebal yang masih utuh sebagai benteng pertahanan dan beberapa kuil kecil.

Penduduk lokal yang masih menempati desa ini adalah berasal dari warga keturunan Tang. Anda juga dapat berfoto menggunakan pakaian khas tradisional mereka. Namun terdapat biaya yang harus dikeluarkan yaitu sekitar HK$ 10. Untuk menuju desa ini, Anda dapat menggunakan bus 64K dari pasar MRT Tai Po dan turun di halte bus Kam Tin Road dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 2 menit.

  • Desa Shui Tau Tsuen

Desa Shui Tau Tsuen relatif lebih sulit dijangkau apabila dibandingkan dengan Kat Hing Wai. Meskipun begitu Anda layak untuk meluangkan waktu ke tempat ini. Desa Shui Tau Tsuen terkenal dengan bangunan-bangunan tua dengan dekorasi atap ruangan yang dihiasi oleh lukisan naga dan ikan.

Desa ini juga merupakan rumah bagi sepasang leluhur sejak abad ke-19. Dan para penduduk desa masih memperingati leluhur mereka setiap tahunnya. Nama mereka masih dapat Anda lihat di beberapa papan yang terpasang di kuil-kuil dan ruang belajar tradisional. Untuk menuju desa ini, Anda dapat menggunakan bus 64K dari stasiun pasar MRT Tai Po dan turun di halte Kam Tin Road yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

3. Menjelajahi Pulau Lamma

Jika Anda ingin pergi sejenak dari suasana hiruk pikuk kota dan gedung pencakar langit, maka datanglah ke Pulau Lamma. Pulau ini masih memiliki banyak pepohonan hijau dan dapat ditempuh hanya dengan 20 menit menggunakan kapal feri. Hong Kong sering disebut sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di dunia. Meskipun begitu 80% wilayah di Hong Kong adalah pepohonan hijau. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika Anda hanya melakukan wisata kota saat berlibur ke Hong Kong.

Pulau seluas 13 kilometer persegi ini hanya menampung sekitar 6.000 penduduk. Pulau Lamma telah menjadi salah satu tempat bersantai terbaik di Hong Kong. Suasananya yang sejuk, pepohonan hijau serta beberapa restoran seafood yang menggugah selera akan membuat siapa pun betah berlama-lama di Pulau Lamma.

4. Pasar Tradisional Mongkok

Bagi Anda yang gemar berbelanja terutama untuk wanita maka Mongkok adalah surga wisata belanja di Hong Kong. Distrik ini menyediakan kios-kios pinggir jalan dan menjadi salah satu distrik terindah di Hong Kong. Anda dapat menemukan Mongkok Ladies Market yang menjual beraneka barang tas, selendang, kaos bertuliskan I Love HK, baju bola, pin, kipas tradisional, dan lain sebagainya. Selain itu, perut Anda juga akan dimanjakan dengan beberapa jajanan street food khas Hong Kong serta jus buah-buahan yang segar.

Namun siapa sangka, distrik Mongkok yang kini indah dulunya merupakan sebuah markas mafia yang kejam dan terkenal. Bahkan menurut Guinness Book of Record mencatat bahwa wilayah Mongkok adalah tempat dengan penduduk terpadad di dunia. Kepadatan di distrik ini mencapai lebih dari 130.000 orang per kilometer persegi.

Baca Juga:  VIDEO: 2 Tempat Wisata Menakjubkan China Selain Great Wall

5. Kereta Gantung Ngong Ping

Kereta gantung Ngong Ping (The Ngong Ping Cable Car) adalah sebuah gondola yang akan membawa Anda menempuh perjalanan sejauh 5,7 kilometer. Perjalanan akan dimulai dari Pusat Kota Tung Chung menuju desa Ngong Ping di Pulau Lantau. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 25 menit.

Saat Anda mengendarai kereta gantung ini, Anda akan disuguhkan pemandangan Hong Kong 360 derajat dengan panorama yang menakjubkan. Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk melihat pemandangan Hong Kong yang hijau dari ketinggian.

Selain itu, Anda juga akan menemukan salah satu tempat wisata paling mengesankan di Hong Kong yaitu patung Buddha terbesar di dunia. Patung Tian Tan Buddha berdiri di ketinggian 110 kaki dan memiliki berat lebih dari 200 ton. Patung ini banyak menarik para peziarah umat Buddha untukk datang ke tempat ini. Anda harus menaiki sekitar 268 anak tangga untuk menjapai kaki patung Buddha perunggu ini.

Patung ini adalah bagian dari kompleks Biara Po Lin. Jika Anda ingin mengenal lebih dalam mengenai ajaran agama Buddha, maka anda dapat menuju objek wisata multimedia Walking with Buddha di desa Ngong Ping. Di tempat ini, Anda akan disuguhkan koleksi video dan tampilan interaktif selama 20 menit yang mengisahkan tentang Siddhartha Gautama dalam perjalanannya menjadi Buddha.

6. Kuil Tin Hau

Tin Hau adalah nama seorang dewi laut yang bertugas untuk melindungi para nelayan dan pelaut. Masyarakat lokal sangat menghormati dewi Tin Hau karena wilayah Hong Kong yang dikelilingi oleh lautan berwarna biru tua. Sehingga menjadikan Tin Hau sebagai dewa yang cukup populer di agama kepercayaan mereka. HongKong memiliki setidaknya 50 kuil yang didedikasikan kepada Tin Hau. Bahkan kuil Tin Hau secara khusus menggelar festival setiap tahunnya di wilayah Causeway Bay.

Kuil Tin Hau adalah monumen yang telah berusia lebih dari 200 tahun dan masih aktif sebagai tempat ibadah hingga hari ini. Selama hari-hari festival, kuil Tin Hau akan dibanjiri oleh para pengunjung dan sepasang patung naga berapi akan dipasang di depan pintu masuk sebagai penangkal roh jahat.

Seperti kebanyakan kuil lain di Hong Kong, bangunan ini juga digunakan untuk berdoa kepada para dewa. Fakta menarik lainnya adalah bahwa kuil ini dapat dikunjungi oleh berbagai penganut agama bukan hanya Buddha tetapi juga Taoisme, dan Konfusianisme. Bangunannya yang tua dan khas akan kuil-kuil China membuat kuil ini banyak sekali menarik wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong.

7. Pacuan Kuda Happy Valley

Balap kuda adalah salah satu pertandingan olahraga yang paling digemari di HongKong. Pacuan kuda Happy Valley dikemas secara teratur dan detail hingga ke langit-langit. Membuat tempat ini menjadi tempat pacuan kuda paling menarik apabila dibandingkan dengan pacuan kuda di Inggris, Perancis dan Amerika. Tempat ini juga sarat dengan perjudian dari balap kuda, minuman beralkohol dan sorak-sorai antusias penonton.

Happy Valley adalah tempat yang mempertemukan pertandingan pacuan kuda kelas dunia. Para pengunjung yang datang kesini dapat memutuskan untuk ikut bertaruh atau tidak dalam perjudian. Selain itu, bazar makanan yang disediakan di tenta-tenda di sekitar arena pacuan akan menambah semarak kemeriahan dari pertandingan.

Baca Juga:  13 Tempat Wisata Favorit Di Korea Selatan

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini