7 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

0
652
7 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif - ©permataiman.sch.id
7 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif - ©permataiman.sch.id

Nongki.net – Kita semua dianugerahi oleh Tuhan dengan 24 jam sehari. Tetapi, mengapa ada beberapa orang sukses mengerjakan banyak hal dengan hasil yang maksimal namun sebagian lainnya tidak?

Percaya atau tidak, mereka tidak memiliki kekuatan untuk memperlambat waktu. Tetapi rahasianya adalah mereka tahu bagaimana mengatur dan memanfaatkan waktu dengan benar.

Ingin tahu bagaimana Anda bisa menjadi ahli dalam manajemen waktu? Mulailah dengan menjalankan 20 tips manajemen waktu yang bermanfaat ini dan akan berdampak sangat kuat bagi hidup Anda. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini ya.

1. Melakukan Audit Waktu

Ketika berbicara tentang manajemen waktu, langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah mencari tahu bagaimana memanfaatkan waktu. Sebagai contoh, Anda mungkin percaya bahwa untuk mengirim email ke klien hanya membutuhkan waktu 30 menit. Tetapi pada kenyataannya tugas tersebut menghabiskan satu jam.

Cara termudah untuk melacak alokasi waktu Anda adalah dengan mengunduh aplikasi pada perangkat seluler seperti RescueTime, Toggl, atau Google Kalender. Aplikasi tersebut akan mencatat semua alokasi waktu dan kegiatan yang Anda lakukan selama seminggu.

Setelah itu Anda dapat mengakses laporan tersebut untuk mengetahui hal atau kegiatan apa yang banyak mencuri waktu Anda. Dengan informasi ini, Anda kemudian dapat melakukan penyesuaian agar waktu Anda lebih efisien untuk kegiatan yang lebih bermanfaat.

Baca Juga:  5 Tips Agar Berita Hoax Tidak Menyebar

2. Tetapkan Deadline untuk Setiap Tugas.

Setelah Anda mengetahui kegiatan apa saja yang mencuri sebagian besar waktu Anda, tugas Anda selanjutnya adalah menetapkan batas waktu atau deadline. Pastikan setiap tugas atau kegiatan yang Anda lakukan memiliki deadline. Sehingga waktu Anda menjadi lebih efisien lagi

Sebagai contoh, misalkan Anda adalah seorang blogger dan ingin menulis artikel dengan kualitas yang terbaik untuk blog Anda. Sebelum Anda menulis, Anda sudah menetapkan batas waktu untuk mengerjakan artikel selama 2 jam.

Dengan begitu Anda semakin terpacu untuk menyelesaikannya tepat waktu karena sudah ada kegiatan lainnya yang menanti. Hal ini bermanfaat agar Anda tidak bermain-main dalam mengerjakan tugas sebab tenggat waktu pengerjaan sudah Anda tetapkan sendiri.

3. Gunakan To-Do-List

Setiap tujuan atau projek pasti terdiri dari bagian atau langkah-langkah yang lebih kecil (biasa disebut juga sebagai objektif) agar tujuan tersebut dapat dicapai. Buatlah daftar tugas atau kegiatan untuk setiap tujuan atau projek. Hal ini akan membuat Anda semakin dekat dan memiliki langkah nyata untuk mencapai tujuan.

Selain membuat Anda tetap fokus, daftar tugas atau to-do-list ini juga akan memotivasi Anda karena Anda dapat melihat apa yang sudah dan belum dikerjakan.

Namun pada saat yang bersamaan, gangguan pasti akan muncul. Tetapi Anda harus tetap konsisten dan selalu kembali menyelesaikan tugas-tugas ini begitu Anda mampu dan memiliki waktu.

Baca Juga:  Tips Bermain Game Agar Mata Tidak Lelah

4. Selalu Bersiap untuk Hari Esok

Salah satu hal buruk yang terjadi dalam manajemen waktu adalah tidak memiliki persiapan untuk hari esok. Setelah Anda mengetahu daftar to-do-list dan terlalu berfokus pada tugas yang akan Anda kerjakan, namun Anda tidak menyiapkannya hal-hal sepele untuk hari esok.

Sebagai contoh, jika Anda harus menyelesaikan tugas membuat artikel tentang produk suatu brand. Maka sehari sebelumnya, sebelum Anda meninggalkan pekerjaan hari itu Anda sudah membeli contoh produk tersebut. Serta menyiapkan barang-barang pendukung lainnya dalam menyelesaikan tugas tersebut.

5. Susun Prioritas

Hal pertama di pagi hari, biasakan untuk selalu menyusun pekerjaan paling penting dan mendesak yang perlu diselesaikan segera.

Sebagai ilustrasi, jika tugas Anda adalah membuat 1 artikel. Maka waktu yang terbaik adalah kerjakan artikel tersebut di pagi hari. Jika tugas Anda adalah menulis 2 artikel, maka kerjakan artikel yang paling sulit terlebih dahulu di pagi hari.

Memakan waktu banyak? Memang. Tapi, intinya Anda harus mengurus tugas terbesar dan paling menantang itu di pagi hari. Tugas tersebut biasa disebut sebagai Most Important Tasks, atau tugas MITs Anda hari itu.

Ada beberapa alasan mengapa trik manajemen waktu ini menjadi efektif. Karena pada pagi hari, Anda biasanya masih memiliki jumlah energi paling banyak. Jadi lebih baik untuk menangani tugas-tugas paling berat ini agar Anda masih memiliki energi cadangan. Setelah selesai, maka lanjutkan untuk tugas-tugas ringan lainnya pada sore hari.

Baca Juga:  Apa itu Stres dan Kenali Tanda-tandanya

6. Belajar Mendelegasikan Tugas

Mendelegasikan atau mengalihdayakan tugas ke pihak lain seperti outsourcing bisa jadi agak rumit. Bagi beberapa orang, sulit untuk membiarkan orang lain melakukan pekerjaan yang biasa mereka lakukan. Sedangkan bagi sebagaian lainnya, mereka tidak punya waktu luang untuk melatih orang lain agar menyelesaikan tugas tertentu.

Namun keuntungan dari mendelegasikan tugas ini adalah penghematan waktu karena mengurangi beban kerja Anda. Yang berarti Anda memiliki lebih banyak waktu untuk di pada tugas yang lebih penting atau melakukan pekerjaan lebih detail.

Anda bisa menyerahkan tanggung jawab kepada anggota tim yang memenuhi syarat atau mempekerjakan freelancer yang berpengalaman dan telah memiliki portofolio yang baik.

7. Hindari Melakukan Pekerjaan Setengah-setengah

Dalam mengerjakan suatu tugas, ganguan bisa memang datang dari mana saja. Dengan semakin beragamnya media, sangat mudah mengalihkan perhatian kita.

Sebagai contoh, ketika Anda sedang menulis laporan tetapi berhenti secara tiba-tiba untuk memeriksa handphone Anda tanpa alasan. Atau Anda mencoba berlatih program baru namun tidak membiasakannya. Alih-alih lancar dan berganti ke program baru, Anda malah tetap menggunakan program yang lama.

Bekerja secara setengah-setengah ini, akan membuat Anda menjadi tidak fokus. Sehingga malah semakin membuat Anda mengulur waktu dalam menyelesaikan tugas.

Baca Juga:  Dapatkah Stres Berdampak Positif Bagi Tubuh?

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini