7 Wisata Perpustakaan Unik Di Dunia Bagi Si Kutu Buku 5/5 (1)

0
104
7 Wisata Perpustakaan Unik Di Dunia Bagi Si Kutu Buku
7 Wisata Perpustakaan Unik Di Dunia Bagi Si Kutu Buku - ©prague.eu

Nongki.net – Di dunia ini ada banyak cara yang dilakukan oleh para wisatawan untuk menikmati waktu liburan mereka di suatu tempat. Mulai dari menjelajah tempat wisata alam, wisata bersejarah, pergi ke museum dan sebagainya. Termasuk juga perpustakaan yang masih menjadi incaran bagi beberapa wisatawan kutu buku. Berkunjung ke perpusakaan seolah menemukan surga bagi mereka yang gemar membaca.

Sejarah Perpustakaan

Perpustakaan adalah sebuah tempat koleksi buku, majalah dan berbagai informasi lainnya. Percaya atau tidak, pada zaman dahulu perpustakaan pertama di dunia adalah tempat mengumpulkan teks yang ditulis pada tabel tanah liat. Beberapa arsip yang ditemukan di Irak berasal dari tahun 2600 sebelum masehi.

Pada periode klasik, perpustakaan Alexandria di Mesir berfungsi sebagai pusat utama bagi para akademisi. Hal tersebut terjadi pada abad ke-300 sebelum masehi sampai penaklukan pasukan Romawi atas Mesir pada 30 sebelum masehi. Selama berabad-abad sejak saat itu, perpustakaan telah memainkan peran penting di banyak kota bukan hanya sebagai tempat menyimpan buku, tetapi juga pusat pertemuan dan sarana belajar.

Baca Juga:  Menjelajahi Tempat Wisata Tepi Sungai Melaka Malaysia

7 Wisata Perpustakaan Unik di Dunia

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas tentang 7 wisata perpustakaan unik di dunia yang wajib diketahui oleh Anda yang gemar membaca. Ketujuh wisata perpustakaan unik ini dirancang bukan hanya memamerkan seni arsitektur, tetapi juga memperkenalkan budaya negara tersebut sewaktu dibangun.

Mulai dari perpustakaan yang didekorasi dengan lukisan dinding yang indah hingga dihiasi oleh ubin yang luar biasa dan ukiran yang agung. Tertarik berwisata ke perpustakaan? Yuk simak artikel selengkapnya!

1. St. Edmund Hall, Inggris

St. Edmund Hall atau yang biasa disebut juga sebagai The Hall atau Teddy Hall adalah sebuah bangunan aula yang dulunya termasuk ke dalam lingkungan kampus Universitas Oxford di Inggris. Namun kini bangunan ini telah berdiri sebagai kampus bernama St. Edmund College.

Sebelum berubah menjadi perpustakaan, bangunan yang dibangun pada tahun 1236 ini awalnya adalah sebuah gereja bernama St. Peter-in-the-East. Namun pada tahun 1970 gereja ini mengalami perubahan fungsi menjadi perpustakaan. Beberapa bagian telah direnovasi untuk mendukung penyimpanan buku. Tetapi proses renovasi masih menjaga integritas gereja secara utuh.

Ketika Anda mengunjungi perpustakaan ini, Anda masih dapat menjelajahi ruang bawah tanah dan sebuah kuburan yang terdapat di bagian halaman. Namun sayangnya, perpustakaan ini hanya diizinkan untuk wisatawan pada waktu-waktu tertentu saja, terutama ketika periode liburan sekolah.

2. The Boston Athenaeum, Amerika Serikat

Dibangun pada tahun 1807, The Boston Athenaeum adalah salah satu perpustakaan independen dan isntitusi budaya tertua dan paling terkemuka di Amerika Serikat. Tidak hanya koleksi buku-buku, perpustakaan yang memiliki nama unik ini juga menambahkan satu ruangan untuk menyimpan galeri seni.

Proyek ini telah dimulai sejak tahun 1827 dan telah menjalankan pameran seni tahunan yang memamerkan lukisan Amerika dan Eropa dari pertengahan tahun 1800-an. Perpustakaan ini bukan hanya menjadi perpustakaan terbesar tetapi juga pusat budaya di Amerika Serikat. Setiap tahunnya perpustakaan ini juga mengadakan pameran dan konser seni.

3. Trinity College’s Old Library, Irlandia

Perpustakaan yang memiliki ruangan panjang ini adalah tempat yang paling terkenal di Trinity College, Dublin Irlandia. Ruangan ini terletak di lantai atas dari ruang pameran, dimana Book of Kells disimpan. Perpustakaan ini memiliki arsitektur perpustakaan kuno yang sangat luar biasa. Perpustakaan ini seperti terlihat membentang berkilo-kilo meter di bawah langit-langit yang melengkung.

Perpustakaan dengan rak-rak kayu yang berasal dari pohon ek ini memiliki koleksi lebih dari 200.000 buku. Beberapa diantaranya adalah buku koleksi tertua. Koleksi yang paling terkenal yang dimiliki oleh perpustakaan ini adalah Kitab Kells.

4. The Admont Abbey Library, Austria

Terletak di kota Admont Austria, perpustakaan ini dibangun pada tahun 1776 dengan menampilkan karya arsitektur European Baroque. Perpustakaan ini menjadi perpustakaan biasa terbesar di dunia. Perpustakaan Admont ini menyimpan 70.000 volume ukiran yang berasal dari pohon Limau karya Josef Stammel.

Perpustakaan ini juga memiliki kolom-kolom yang rumit, setetika warna putih dan emas yang mencolok. Namun pada tahun 1865, bangunan ini pernah dilalap api hingga membakar hampir seluruh biara. Namun anehnya, ruangan perpustakaan tetap aman dan selamat dari kebakaran. Sejauh ini, tempat ini adalah perpustakaan paling dengan desain kuno paling unik di dunia.

Baca Juga:  10 Tips Menjaga Kesehatan Otak Agar Menghindari Pikun

5. Perpustakaan Kongres, Amerika Serikat

The Library of Congress menawarkan lebih dari 155 juta koleksi dan buku-buku langka terbesar di Amerika Utara. Perpustakaan yang terletak di Washington DC ini juga menyimpan salinan Alkitab Gutenberg serta buku-buku terkecil di dunia. Pada tahun 1814, Inggris pernah membakar habis perpustakaan ini, Namun lima belas tahun kemudian, Thomas Jefferson menawarkan perpustakaan pribadinya untuk menggantikan koleksi buku-buku yang hilang dan hangus terbakar.

Perpustakaan Kongres ini diklaim sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Bahkan beberapa koleksi hasil penelitian bisa Anda temukan di sini dengan lebih dari 450 bahasa. Perpustakaan ini dibuka dan dapat dikunjungi oleh umum. Namun hanya pejabat tinggi pemerintahan dan karyawan perpustakaan lah yang dapat memeriksa dan meminjam seluruh buku.

6. Perpustakaan Biara Strahov, Republik Ceko

The Strahov Monastery Library atau Perpustakaan Biara Strahov adalah perpustakaan yang memiliki 3 ruangan utama yaitu Aula Teologis, Aula Filsafat, dan Aula Ilmu Pengetahuan Umum. Perpustakaan yang didirikan pad atahun 1143 oleh Jindrich Zdik ini memiliki beberapa koleksi buku-buku yang tak ternilai dan tertua.

Perpustakaan yang memiliki desain interior klasik ini menyimpan koleksi buku ilmu pengetahuan alam termasuk didalamnya The Remains of a Dodo, temuan arkeologis, dan kemiliteran. Hingga kini bangunan ini masih aktif sebagai tempat biara serta perpustakaan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

7. Perpustakaan Kota Stuttgart, Jerman

Perpustakaan Kota Stuttgart atau Stutgart City Library merupakan perpustakaan yang memiliki 9 lantai. Pintu masuk bangunan ini diilhami oleh Cenotaph for Newton. Bangunan perpustakaan ini sangat mirip dengan kubus kristal besar di atas area rumput yang indah.

Perpustakaan yang selesai dibangun pada tahun 2011 ini dapat Anda masuki dari segala penjuru. Terdapat 4 lantai inti yang menyimpan koleksi buku serta 5 lantai ruang baca dengan atap yang diterangi oleh langit-langit berbahan kaca. Selain area perpustakaan, bangunan ini juga dilengkapi dengan ruang musik, ruang belajar, cafe, dan ruang anak-anak. Cocok bagi Anda yang ingin melakukan wisata perpustakaan sembari menikmati fasilitas lain yang disediakan.

Baca Juga:  10 Negara Dengan Wisata Terbaik Di Dunia Tahun 2019

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini