Nongki.net – Singapura adalah salah satu negara yang populer di kalangan para pelancong dari seluruh dunia. Negara yang terkenal dengan Patung Merlion ini memiliki ragam tempat wisata yang bisa Anda jelajahi. Mulai dari taman, gedung pencakar langit, wisata sejarah dan kuliner, hingga wisata bandara di Jewel Changi Airport Singapore. Selain itu, keunikan lain dari negara pulau ini adalah arsitektur bangunan serta budaya dan agama yang sangat multikultural. Singapura menjadi tempat yang ideal bagi Anda yang mencari pengalaman liburan dengan multietnis, kultur, dan agama. Salah satu kekayaan tersebut tercermin dari 8 bangunan gereja (Church) dengan tampilan artitektur yang memesona di Singapura.

Selain sebagai tempat ibadah, gereja di Singapura sangat jelas memiliki arsitektur yang indah untuk diabadikan. Fasad eksterior dan interior gereja-gereja tersebut akan menjadikan liburan Anda menjadi momen yang tidak terlupakan. Terlebih lagi bagi Anda yang beragama Kristiani, maka 8 gereja di Singapura ini dapat Anda jadikan pengalaman wisata religi yang sempurna.

8 Gereja Yang Harus Dikunjungi di Singapura

Menurut sensus yang dilakukan pada tahun 2000, agama Kristen adalah agama mayoritas kedua setelah Buddha/Taoisme dengan persentase 18,8% (Sumber: Demografi Singapura). Sehingga terdapat beberapa bangunan gereja yang berdiri di Singapura. Namun, terdapat 8 gereja yang dianggap paling menonjol dan menjadi daya tarik wisata karena memiliki tampilan arsitektur yang memesona.

Pada artikel kali ini, Nongki.net telah merangkum 8 gereja dengan arsitektur yang memesona yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Singapura. Selain beribadah, Anda juga dapat berfoto selfie untuk memperindah galeri media sosial Anda. Untuk berfoto di depan gereja, tidak tertutup hanya bagi Anda yang beragama Kristen. Semua agama dapat diperbolehkan untuk sekedar berfoto di halaman atau di luar pagar gereja-gereja tersebut. Penasaran? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • The Armenian Church Of St. Gregory the Illuminator
  • Our Lady of Lourdes
  • St. Andrew’s Cathedral
  • Church Of The Sacred Heart
  • Church Of The Holy Family
  • Church of St. Teresa
  • St. Joseph’s Church
  • Cathedral Of The Good Shepherd
Baca Juga:  5 Wisata Sungai Singapura yang Terkenal Bersih

1. The Armenian Church Of St. Gregory the Illuminator

 

View this post on Instagram

 

A post shared by heristage (@heristage) on

The Armenian Church Of St. Gregory the Illuminator adalah sebuah gereja yang kaya akan nilai sejarah. Gereja yang dibangun pada tahun 1835 ini merupakan gereja yang didedikasikan khusus untuk anggota Gereja Apolistik Armenia. Selain sebagai tempat wisata religi, gereja ini juga dikenal karena desain interiornya yang menakjubkan dan berbentuk bundar. Memiliki patung-patung yang megah yang terletak di halaman depan serta motif neoklasik mencerminkan zaman kolonial di Singapura. Gereja ini dibangun atas inspirasi dari Katedral Etchmiadzin yang terletak di Republik Armenia oleh arsitek bernama George Drumgoole Coleman.

Lokasi Tempat Wisata

60 Hill St, Singapura 179366

Jam Operasional

Buka pukul 10:00 – 18:00 pada hari Sabtu dan Minggu

2. Our Lady of Lourdes

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cindy Cheng (@dy_cheng) on

Tercermin dari namanya, Our Lady of Lourdes adalah sebuah gereja yang didirikan atas dedikasi kepada Bunda Maria. Pada masa-masa awal, gereja ini banyak didatangi oleh kelompok Katolik Roma Tamil. Namun sekarang, gereja ini terbuka oleh siapapun yang ingin beribadah. Memiliki gaya arsitektur Neo-Gothic membuat gereja ini sangat menonjol sebagai salah satu daya tarik wisata terbaik di negara Singa ini. Arsitektur gereja yang dibangun pada tahun 1888 ini telah terinspirasi oleh sebuah gereja di Perancis. Dan pada tanggal 14 Januari 2005, gereja ini telah resmi ditunjuk sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Lokasi Tempat Wisata

50 Ophir Rd, Singapura 188690

Jam Operasional

Buka pukul 09:30 – 18:00 pada hari Sabtu dan Minggu

Kontak

+65 6294 0624

3. St. Andrew’s Cathedral

 

View this post on Instagram

 

A post shared by jeffrey_xu (@jeffrey_xu) on

St. Andrew’s Cathedral adalah sebuah gereja Anglikan yang berdiri di pusat kota atau tepatnya di dalam area City Hall. Katedral ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi dan dikagumi karena keindahannya di Singapura. Selain karena letaknya yang berada di pusat keramaian, gereja ini juga dianggap sebagai salah satu bangunan monumen nasional Singapura yang memiliki pengaruh dari kebangkitan aliran arsitektur Gothic. Gereja yang dibangun pada tahun 1883 ini memiliki desain interior dan eksterior yang menjadi daya tarik wisatawan di negara Merlion ini. Arsitek dibalik pembangunan gereja dengan pemandangan yang memesona ini adalah George Drumgoole Coleman, Ronald MacPherson, dan John Turnbull Thomson.

Lokasi Tempat Wisata

11 St Andrew’s Rd, Singapura 178959

Jam Operasional

Buka pukul 09:00 – 17:00 pada hari Sabtu dan Minggu

4. Church Of The Sacred Heart

 

View this post on Instagram

 

A post shared by X I N Z I 🌻💙 (@xxinzzzzzzi_) on

Dibangun pada tahun 1910, Church of The Sacred Heart ini adalah sebuah gereja Katolik Roma yang dikenal di Singapura karena desain interior dan eksteriornya yang ekslusif. Bagi Anda yang beragama katolik, gereja ini memiliki suasana yang hidup dan menyajikan pengalaman yang tidak terlupakan. Membuat Anda ingin mengunjunginya kembali di liburan mendatang ke Singapura. Dengan seni estetika yang memukau serta suasana yang sakral akan menjadikan hari Anda penuh diberkati dan menyenangkan ketika menjelajah berbagai tempat di Singapura.

Lokasi Tempat Wisata

111 Tank Rd, Singapura 238069

Jam Operasional

Buka pukul 09:00 – 17:00 pada hari Senin hingga Jumat serta pukul 07.00 – 17.30 pada hari Sabtu dan Minggu

Kontak

+65 6737 9285

Baca Juga:  23 Ragam Wisata Terbaik di Putrajaya Malaysia

5. Church Of The Holy Family

 

View this post on Instagram

 

A post shared by My Singapore Life (@es20160930) on

Church of The Holy Family adalah sebuah gereja yang populer disebut sebagai Holy Family Church. Gereja Katolik Katong ini memiliki arsitektur yang memesona karena terinspirasi oleh motif China Klasik. Selain itu, interior gereja pun dirancang sedemikian rupa sehingga menggambarkan beberapa peristiwa besar dan penting selama kehidupan Yesus yang terlukis di dinding gereja. Jadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata Anda ketikan berlibur ke Singapura.

Lokasi Tempat Wisata

6 Chapel Rd, Singapura 429509

Jam Operasional

Buka pukul 09:00 – 21:30 pada hari Senin hingga Jumat serta pukul 09.00 – 18.00 pada hari Sabtu dan Minggu

Kontak

+65 6344 0046

6. Church of St. Teresa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @purpleprincess218 on

Church of St. Teresa adalah sebuah gereja yang merupakan satu-satunya yang memiliki desain arsitektur Romano-Bizantium di Singapura. Gereja ini telah menjadi salah satu daya tarik wisata karena bentuk kubahnya yang menakjubkan dan menjadi sorotan. Gereja yang dibangun pada tanggal 17 April 1929 ini telah terinspirasi dari salah satu gereja di Paris, Perancis. Selain karena arsitekturnya yang memesona, gereja ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tanggal 11 November 2009.

Lokasi Tempat Wisata

510 Kampong Bahru Rd, Singapore 099446

Jam Operasional

Buka pukul 08:30 – 20:00 pada hari Sabtu dan Minggu

Kontak

+65 6271 1184

7. St. Joseph’s Church

 

View this post on Instagram

 

A post shared by edwin (@eddy2099sg) on

St. Joseph’s Church adalah sebuah gereja Katolik Roma yang terletak di pusat kawasan bisnis di Central Area Singapore. Gereja yang dibangun pada awal abad ke-20 ini termasuk salah satu gereja terbaik untuk dikunjungi saat berlibur ke Singapura. Gereja yang dibangun oleh orang-orang Portugis-Asia ini memiliki perpaduan 2 budaya yang sangat terlihat sekali pengaruhnya pada bagian luar dan dalam gereja. Dikelilingi oleh suasana sakral yang suci dan kuat, gereja ini menjadi salah satu wisata religi yang harus Anda kunjungi di Singapura khususnya bagi Anda yang beragama Katolik.

Lokasi Tempat Wisata

143 Victoria St, Singapura 188020

Jam Operasional

Buka pukul 09:00 – 17:00 pada hari Sabtu dan Minggu

Kontak

+65 6338 3167

8. Cathedral Of The Good Shepherd

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bad Wolf (@bad_wolf_001) on

Dibangun pada tahun 1832, Cathedral of The Good Shepherd adalah sebuah gereja Katolik Roma tertua di negeri Singa ini. Gereja ini juga dianggap sebagai kursi Uskup Agung di Singapura. Memiliki gaya arsitektur Renaissance Revival, gereja ini menggambarkan kebangkitan zaman Romawi Kuno yang terlihat jelas dari tampilan interior dan eksterior pada dekorasi gereja.

Lokasi Tempat Wisata

A, Queen St, Singapura 188533

Jam Operasional

Buka pukul 08:00 – 21:00 pada hari Senin hingga Jumat serta pukul 07.00 – 21.00 pada hari Sabtu dan Minggu

Baca Juga:  10 Gereja dengan Arsitektur Eropa Kuno di Belanda

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini