Nongki.net – Petra adalah sebuah situs arkeologi yang berlokasi di wilayah Ma’an, Yordania. Petra atau dalam bahasa Yunani berarti “Batu” ini sangat terkenal karena arsitekturnya yang unik yaitu dengan cara memahat gunung batu dan juga sistem pengairannya. Petra diperkirakan telah dibangun sejak 312 sebelum masehi dan sempat menjadi kota yang hilang sebelum ditemukan kembali oleh penjelajah Swiss bernama Johann Ludwig Burckhardt pada tahun 1812. Di wilayah Petra, ternyata terdapat 8 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di situs warisan dunia UNESCO di Yordania ini.

Selain ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tanggal 6 Desember 1985, Petra juga dikukuhkan sebagai Tujuh Keajaiban Dunia pada tahun 2008. Situs yang terletak di antara Laut Mati dan Laut Merah ini juga dikenal sebagai Kota Mawar dan merupakan rumah bagi banyak gua, kuil, dan makan kuno.

8 Tempat Wisata di Situs Petra Yordania

Petra adalah sebuah hasil karya arsitektur manusia zaman prasejarah yang sangat spektakuler. Bangunan ini dibangun dengan cara memahat gunung batu sehingga membentuk tampilan luar yang luar biasa. Menurut majalah Smithsonian, Petra merupakan salah satu dari 28 tempat wisata terbaik yang wajib dikunjungi sebelum meninggal dunia.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika situs warisan dunia UNESCO ini banyak menarik wisatawan mancanegara setiap tahunnya. Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 8 tempat wisata yang berlokasi di situs Petra yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Yordania. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

  • As-Siq
  • Ad-Deir
  • Colonnaded Street
  • Al-Khazneh
  • Royal Tombs
  • Qasr Al-Bint
  • Petra Theater
  • High Place of Sacrifice
Baca Juga:  10 Tempat Wisata Gratis Saat Liburan Ke Dubai

1. As-Siq

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Travelzoo (@travelzoo) on

As-Siq atau Siq adalah sebuah koridor mistis yang diapit oleh 2 gunung batu yang mengarah ke Petra. Siq memiliki arti sebagai Poros dan terbentuk akibat gempa tektonik yang menyebabkan gunung batu terpecah menjadi dua. Ketika Anda berjalan melewati Siq, Anda akan merasakan pengalaman yang sangat luar biasa. Diapit dengan 2 dinding batu yang menjulang tinggi di atas kepala, Anda akan merasakan takjub dan magis sekaligus sedikit menakutkan. Siq merupakan salah satu atraksi tempat wisata paling penting untuk dikunjungi di Petra.

2. Ad-Deir

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ↠ DAPHNE ↞ (@daphne_koster) on

Saat Anda mengunjungi Petra, kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan petualangan ke salah satu tempat wisata di sekitar Petra yaitu Ad-Deir. Ad-Deir atau Ad-Dayr adalah sebuah biara yang terpahat di sebuah gunung batu dengan ketinggian mencapai 45 meter dan lebar 50 meter. Struktur ini pertama kali dibangun pada 3 SM yang difungsikan sebagai makan Nabatean. Ketika mengunjungi Ad-Deir, Anda akan menemukan sebuah prasasti yang terpahat di salah satu dinding bagian dalam yang ditemukan pada tahun 1991.

Prasasti tersebut bertuliskan “Simposium Obodas, Dewa. Prasasti ini menunjukkan bahwa Ad-Deir dibangun sebagai makan Raja Nabatean, Obodas 1, yang didewakan secara anumerta oleh rakyatnya pada saat itu. Selain itu, terdapat juga beberapa tanda Salib yang diiris di dalam dinding. Tanda tersebut menunjukkan bahwa Ad-Deir pernah digunakan kebmali sebagai gereja selama periode Bizantium. Karena keunikan struktur bangunan dan juga sejarahnya, Ad-Deir adalah tempat wisata kedua yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di Petra.

3. Colonnaded Street

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Monika W (@nikamo88) on

Colonnaded street adalah sebuah jalan situs kuno yang dihiasi dengan pilar-pilar batu yang megah. Colonnaded street menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika pergi ke Petra di Yordania. Dibangun sekitar 106 Masehi, jalanan di Colonnaded Street menggambarkan pengaruh Romawi di tempat tersebut. Mengikuti pola standar dari decamanus, Colonnaded Street merupakan sebuah jalan komersial dengan toko-toko bernomor yang berada di kedua sisi jalan dan berasal dari periode Bizantium.

Colonnaded Street memiliki panjang sejauh 400 meter yang dihiasi dengan berbagai lapisan mosaik yang menampilkan pola geometris dan motif alam. Terdapat lebih dari 10 toko selama penggalian lengkap dengan beberapa huruf Yunani yang digunakan sebagai alamat toko. Kota ini berakhir dan hancur karena gempa bumi hebat pada tahun 551 Masehi.

4. Al-Khazneh

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Travel | Vacations | Nature (@_wanderingdreams_) on

Al-Khazneh adalah salah satu atraksi wisata paling terkenal di Petra. Dalam Bahasa Indonesia, Al Khazneh memiliki arti sebagai “Perbendaharaan” dan merupakan salah satu tempat paling indah serta damai untuk dikunjungi di Petra. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat paling banyak dikunjungi di Petra. Al-Khazneh merupakan salah satu kuil paling rumit di Petra. Struktur bangunan yang dipahat di dinding gunung batu ini adalah sebuah makam dari Nabatean Raja Aretas IV di abad ke-1. Anda tidak boleh melewatkan situs utama ini ketika pergi berlibur dan menjelajah di Petra.

5. Royal Tombs

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ……….. (@life_of_a_travelholic) on

Apakah Anda percaya tentang sebuah tempat pemakaman yang indah? Jika tidak, maka Anda harus mengunjungi Royal Tombs yang berada di Petra, Yordania. Royal Tombs merupakan tempat pemakaman raja-raja terutama Raja Nabatean Malichus II. Makan yang dibangun pada abad ke 1 Masehi ini memang telah mengalami erosi akibat waktu dan cuaca, namun tidak mengurangi daya tarik keindahan dari rancangan aslinya. Sebelum menjadi makam raja, pada awalnya tempat ini dibuat sebagai gereja tempat beribadah. Baru setelah 400 tahun kemudian, gereja ini beralih fungsi menjadi tempat pemakaman.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Situs Warisan UNESCO di Australia

6. Qasr Al-Bint

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Andrea Daprà (@d_andy82) on

Qasr Al-Bint adalah sebuah struktur bangunan setinggi 23 meter yang diyakini sebagai kuil paling penting di Petra. Qasr Al-Bint hingga kini masih sangat ramai dikunjungi para wisatawan yang pergi ke Petra. Dinding-dinding pada struktur bangunan di Qasr Al-Bint pernah dicat dengan warna-warna cerah dan dihiasi dengan ukiran patung-patung dari banyak dewa. Bangunan ini juga menjadi satu-satunya struktur mandiri yang terdapat di Petra dan menjadi salah satu tempat wisata paling penting untuk dikunjungi wisatawan.

7. Petra Theater

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Visit Jordan (@visitjordan) on

Dibangun pada abad ke 1 Masehi oleh Nabatean, Petra Theater adalah sebuah ruang terbuka yang terbuat dari batu sebagai tempat pertunjukan. Pada awalnya, Petra Theater dipercaya dapat menampung hingga 3.000 penonton. Kemudian ketika bangsa Romawi masuk, sempat terjadi pemugaran sehingga menambah kapasistas penonton menjadi 7.000 orang. Sayangnya pada tahun 363 Sebelum Masehi struktur bangunan ini sempat rusak karena guncangan gempa yang sangat dahsyat. Sehingga Petra Theater pernah dibongkar untuk membentuk struktur bangunan yang lain. Meskipun begitu, Petra Theater tetap menjadi salah satu tempat atraksi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika pergi ke situs warisan dunia UNESCO Petra di Yordania.

8. High Place of Sacrifice

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Elen.Sg.Ca (@elen.sg.ca) on

Jika Anda menginginkan tempat terbaik untuk melihat pemandangan Petra di Yordania, maka kunjungilah The High Place of Sacrifice. The High Place of Sacrifice adalah tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat pergi ke Petra. Anda dapat pergi berjalan kaki melewati trek hiking yang menanjak atau juga dapat menyewa kedelai dengan biaya hanya JD10. Tempat yang dibangun di atas Jabal Madbah (Bukit Madbah) adalah sebuah tempat untuk menyembelih hewan kurban serta menumpahkan darah hewan sebagai persembahan.

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Petra di Yordania

Waktu terbaik untuk mengunjungi situs warisan dunia UNESCO Petra adalah ketika musim semi yaitu antara bulan Mei hingga September. Atau bisa juga ketika berlangsung musim gugur pada bulan September hingga November. Temperatur pada bulan-bulan tersebut berkisar antara 18 – 25 derajat celcius sehingga cuacanya tidak begitu menyengat.

Nongki.net sangat tidak menyarankan untuk pergi ke Petra pada musim panas, kecuali jika Anda menginginkan menjelajah Petra di ruang terbuka dalam kondisi cuaca yang sangat panas. Situs Petra terletak kurang lebih 200 kilometer ke arah selatan dari ibu kota Yordania, Amman. Untuk menuju Petra kota Ma’an, Anda akan menempuh sekitar 3 jam perjalanan menggunakan mobil. Itulah beberapa informasi yang penting untuk Anda ketahui sebelum pergi ke situs warisan dunia UNESCO di Yordania ini. Semoga bisa menambah wawasan dan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

Baca Juga:  10 Wisata Mesir Ini Membawa Anda Ke Peradaban Kuno

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini