8 Tempat Wisata Makassar Yang Wajib Dikunjungi

0
586
8 Tempat Wisata Makassar Yang Wajib Dikunjungi - ©marketeers.com
8 Tempat Wisata Makassar Yang Wajib Dikunjungi - ©marketeers.com

Nongki.net – Makassar, kota yang memiliki julukan sebagai kota Daeng ini merupakan pusat dari kemajuan pembangunan di wilayah Indonesia bagian timur. Kota yang pernah menjadi ibu kota Negara Indonesia Timur dan ibu kota Provinsi Sulawesi ini terletak di bagian barat daya pulau Sulawesi.

Sebagai kota metropolitan, akses menuju Makassar sangatlah mudah. Kota Makassar juga memiliki predikat sebagai kota terbesar setelah Medan di luar pulau Jawa. Untuk menuju ke Makassar, Anda dapat menggunakan akses transportasi darat, laut, maupun udara.

Tak heran, jika setiap tahunnya kota ini mengalami lonjakan jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Beragam keindahan wisata alam, budaya, sejarah, hiburan modern, kuliner serta kearifan masyarakat lokalnya telah menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi wisata Makassar.

Baca Juga:  Menjelajah 8 Pesona Wisata Palembang

8 Tempat Wisata Menarik di Makassar

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dikatakan bahwa Makassar memang menawarkan pilihan tempat wisata yang lengkap yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, bagi Anda yang berencana ingin mengunjungi kota ini dalam waktu dekat, berikut Nongki.net sajikan beberapa rekomendasi destinasi wisata menarik untuk Anda masukkan itinerary tempat wisata Makassar.

1. Benteng Rotterdam – Makassar

Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam, merupakan ikon wisata sejarah di Makassar. Benteng ini menjadi saksi dari sisa peninggalan penjajahan kolonial Belanda di masa lampau.

Di benteng ini, Anda akan menemukan banyak benda-benda peninggalan masa Indonesia sebelum merdeka, seperti berbagai alat pertanian, penggilingan padi, pakaian adat daerah, peninggalan dalam bentuk teks gulungan, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang memang tertarik dan ingin melihat langsung fakta sejarah yang pernah Anda pelajari di buku, maka benteng Rotterdam ini menjadi pilihan tempat wisata yang paling cocok.

Letak benteng yang berada di pinggir laut, membuat benteng ini bukan hanya menawarkan ilmu pengetahuan sejarah saja, tetapi juga pemandangan yang indah.

Tak heran jika saat sore menjelang, banyak orang akan memadati area benteng untuk menyambut semburat cahaya kemerahan di langit ketika matahari tenggelam.

Benteng Rotterdam ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIT. Anda akan dikenakan tiket sebesar Rp 10.000 untuk masuk ke dalam benteng. Namun jika Anda hanya berkeliling di area sekitar benteng untuk menikmati suasana pantai maka Anda tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis.

2. Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park merupakan tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke Makassar. Memiliki luas kurang lebih 7,2 hektar, wahana ini terbilang cukup lengkap yakni menawarkan wahana waterboom, taman burung, hingga arena outbond.

Untuk masuk ke dalam wahana ini, memang tersedia beberapa pilihan tiket masuk, seperti waterboom, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 65.000/orang dan sudah termasuk akses gratis menuju taman satwa. Sedangkan untuk wahana outbond, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 40.000/orang.

Biaya tiket terusan sebesar Rp 100.000/orang jika Anda ingin menikmati semua arena. Harga ini berlaku untuk anak di atas usia 1 tahun.

Jam operasional Gowa Discovery Park beroperasi pukul 08.00 sampai 17.00 WIT.

3. Pulau Kodingareng Keke

Berjarak sekitar 14 km dari Pantai Losari Makassar, Pulau Kodingareng Keke memang layak disebut sebagai “surga tersembunyi”-nya Makassar.

Wisata alam ini cocok untuk melepas penat. Pasir pantai di Pulau Kodingareng Keke berwarna putih halus. Air lautnya pun masih jernih, berwarna biru tosca.

Pulau Kodingareng Keke merupakan pulau yang nggak berpenghuni. Di sini terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai. Namun, di sini tidak terdapat penjual makanan maupun minuman. Sehingga disarankan Anda mempersiapkannya sebelum berkunjung ke pulau ini.

4. Pantai Akkarena – Makassar

Pantai Akkarena ini terkenal sebagai pantai di Makassar dengan spot sunset terindah. Selain itu, Pantai Akkarena dilengkapi area khusus untuk memancing. Cocok dijadikan pilihan tempat rekreasi bersama keluarga, juga bisa dijadikan lokasi pre-wedding atau sekadar bersantai di pinggir pantai.

Daya tarik utama tempat wisata Pantai Akkarena adalah dermaga sepanjang 150 meter. Dari dermaga inilah Anda dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam.

5. Jalan Somba Opu

Tempat ini dikenal sebagai pusat oleh-oleh khas Makassar.  ‘Malioboro’-nya Makassar. Begitu kesan tentang tempat ini.

Suasananya cukup bersahabat untuk dinikmati dengan berjalan kaki. Berbagai oleh-oleh khas Makassar- seperti kapal phinisi dalam botol atau minyak gosok cap tawon asli Makassar- lengkap tersedia. Paling menarik dan banyak diburu para traveler adalah aksesoris emas dan perak dengan kualitas tinggi, namun harga ramah di kantong.

6. Masjid Terapung Makassar

Selain sebagai tempat beribadah, masjid yang memiliki nama asli Masjid Amirul Mukminin ini juga dikenal sebagai tempat wisata di Makassar. Masjid ini ikon wisata religi Makassar.

Yang membanggakan, masjid ini dikenal sebagai masjid terapung pertama di Asia Tenggara.

Tempatnya bersih dan nyaman. Waktu berkunjung terbaik adalah menjelang ibadah sholat Maghrib karena Anda akan dapat menikmati pemandangan sunset yang luar biasa.

7. Warung Coto Gagak

Kurang lengkap rasanya jika liburan ke Makassar tanpa menicipi kuliner khasnya yaitu Coto Makassar. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mencoba kuliner ini adalah Warung Coto Gagak.

Lokasinya strategis, di area jalan utama. Warung yang cukup kecil untuk nama besar yang dimilikinya. Untuk sekali makan, Anda hanya akan dikenakan biaya yang cukup terjangkau.

Kuahnya tidak begitu kental namun aroma bumbunya begitu terasa dan harum. Untuk dagingnya, terasa begitu lembut dan mudah dikunyah karena direbus dengan waktu yang pas.

8. Trans Studio Makassar

Tempat wisata ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Langit-langitnya yang tinggi menjulang dan luasnya mengundang decak kagum. Trans Studio ini disebut wahana permainan indoor terbesar ke-2 di Indonesia, setelah Trans Studio Bandung.

Magic thunder coaster yang memacu adrenalin serta menegangkannya wahana rumah hantu “Dunia Lain” yang tak pernah sepi dari teriakan histeris pengunjung wajib Anda coba.

Jam operasional Trans Studio Makasar ini beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIT.

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini