9 Tips Bangun Untuk Sahur Ketika Ramadan 4.67/5 (3)

0
41
9 Tips Bangun Untuk Sahur Ketika Ramadan - ©thefoodjournal.com.sg

Nongki.net – Sahur adalah sebuah kegiatan makan yang dilakukan sebelum terbit fajar selama bulan Ramadan. Sahur tidak berbeda dengan sarapan pada umumnya, namun dilakukan pada jam yang lebih pagi. Pada hari biasa Anda mungkin sarapan pukul 6 hingga 10 pagi. Namun ketika bulan Ramadan, Anda melakukan sarapan pada pukul 3 sampai 4.30 pagi.

Kita mungkin sering mendengar, bahwa sarapan itu penting. Karena sebagai sumber energi bagi Anda untuk melakukan aktivitas pada hari itu. Mengingat pentingnya sarapan, maka sahur pun menjadi hal yang penting bagi Anda yang beragama Islam. Terlebih lagi saat puasa Anda tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama lebih dari 12 jam.

Untuk itu, bangun pagi dan melaksanakan sahur adalah hal yang penting bagi tubuh Anda agar tidak lemas ketika melakukan aktivitas di siang hari. Bahkan salah satu hadist dari Al-Bukhari dan Muslim menyebutkan bahwa Nabi Muhammad bersabda, “Bersantap sahurlah kalian, sesungguhnya pada sahur itu ada keberkahan”.

Namun pada kenyataannya, bangun pagi untuk melakukan santap sahur bukan lah hal yang mudah. Terlebih lagi bagi Anda yang tinggal merantau dan seorang diri. Kebiasaan bangun pagi yang bukan pada jamnya akan menyulitkan Anda untuk santap sahur. Dengan niat yang kuat, melakukan sahur sebulan penuh bukanlah hal yang mustahil. Berikut Nongki.net rangkum beberapa tips agar Anda dapat bangun untuk melakukan sahur selama bulan Ramadan. Yuk simak tips selengkapnya!

Baca Juga:  Tips Agar Tubuh Tidak Lemah dan Lesu Saat Berpuasa

1. Ingatlah Bahwa Sahur Itu Sunah

Bangun pagi sebelum terbit fajar untuk melaksanakan sahur adalah hal yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Untuk itu, cobalah untuk mengamalkan perilaku bangun pagi ini agar semakin memaksimalkan pahala puasa Anda. Kebiasaan bangun pagi selama puasa mungkin akan berdampak positif bagi Anda bahkan setelah Ramadan. Sehingga tidak akan ada lagi kata terlambat untuk pergi ke sekolah atau bekerja setelahnya.

2. Niatkan untuk Melaksanakan Solat Tahajud Setiap Pagi

Bulan puasa dapat menjadi momentum bagi Anda untuk memperbaiki diri. Salah satunya yaitu dengan berniat membiasakan diri rutin melaksanakan solat tahajud di pagi hari. Ketika Anda bangun pukul 3 pagi untuk melakukan sahur, Anda masih memiliki banyak waktu untuk melaksanakan solat tahajud.

Tentu ini akan menjadi kebiasaan yang baik karena Anda mengamalkan 2 ibadah sekaligus dalam satu waktu. Diharapkan setelah berakhirnya bulan puasa, Anda masih bisa melanjutkan rutin ibadah solat tahajud di hari-hari berikutnya.

3. Ingatkan Diri Anda Tentang Manfaat Sahur

Bangun pagi untuk santap sahur bukanlah sebuah tugas. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak merasa terbebani untuk bangun pagi hari untuk bersahur. Selalumengingatkan kepada diri sendiri bahwa bulan Ramadan merupakan bulan rahmat yang diberikan kepada umat manusia.

Makan sahur di bulan Ramadan bukan hanya memberikan Anda manfaat spiritual, tetapi juga bagi fisik dan mental. Mengisi tubuh Anda dengan makanan yang bergizi tepat sebelum melaksanakan puasa memungkinkan Anda untuk kenyang lebih lama. Serta memberikan tubuh lebih banyak energi untuk bertahan sepanjang hari. Sehingga membuat puasa Anda menjadi lebih lancar.

4. Mencoba Tidur Lebih Awal

Tidur lebih awal memang cukup sulit untuk dilakukan selama bulan Ramadan. Terutama bagi mereka yang sudah biasa tidur larut malam. Namun hal ini menjadi sangat bermanfaat bagi tubuh Anda untuk mempersiapkan tidur yang cukup sebelum bangun pagi melaksanakan sahur.

Sepulang Anda melakukan solat tarawih, berdoa dan mengaji. Jangan sia-siakan waktu Anda untuk melakukan kegiatan lain yang kurang bermanfaat. Sebaiknya Anda niatkan untuk tidur lebih awal sebelum mempersiapkan sahur. Semakin banyak tidur yang Anda dapatkan, maka semakin mudah untuk Abda melakukan bangun sahur.

Baca Juga:  5 Tips Perawatan Agar Kulit Sehat dan Bercahaya

5. Menggunakan Alarm Sebagai Alat Bantu

Di hari-hari pertama bulan Ramadan, mata Anda mungkin sangat sulit untuk bangun dan melaksanakan sahur. Untuk itu, alarm bisa menjadi salah satu solusi sebagai alat bantu untuk membangunkan sahur. Berikan jeda 1 hingga 45 menit sebelum azan subuh berkumandang yang menandakan awal berpuasa. Hal ini dimaksudkan agar menghindari Anda untuk tidur kembali setelah bangun.

Segera ambil air wudhu untuk melaksanakan solat tahajud agar muka menjadi lebih segar. Setelah itu Anda dapat melaksanakan santap sahur dengan lebih tenang, hingga menunggu waktu subuh tiba.

6. Tidur Siang Jika Memungkinkan

Jika Anda cukup beruntung memiliki waktu luang di siang hari, Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan tidur siang. Melakukan tidur siang di bulan Ramadan bukan hanya dihitung sebagai sunah, tetapi juga bisa membantu Anda bangun di pagi hari untuk melaksanakan sahur.

Melakukan istirahat dengan tidur sebentar selama puasa dapat menghindari Anda untuk tidur terlelap dan melewatkan sahut pada keesokan harinya. Untuk itu, sempatkanlah untuk tidur siang walaupun sebentar ketika bulan Ramadan.

7. Berkomitmen Untuk Melakukan Sahur

Terdapat perbedaan besar antara keinginan untuk melakukan sesuatu dengan niat yang bersungguh-sungguh melakukan sesuatu. Tanamkan pada hati Anda bahwa Anda memang memiliki niat yang besar untuk bangun sahur di pagi hari. Anda berniat untuk mengikuti sunah dari nabi besar Muhammad SAW.

Dengan melakukan niat yang bersungguh-sungguh. Tubuh Anda seperti akan mendukung dan membantu Anda untuk bangun lebih pagi. Anda akan bangun demi melaksanakan ibadah. ketika Anda benar-benar menginginkan sesuatu, maka Anda pasti bisa mewujudkannya.

8. Mempersiapkan Menu Sederhana Yang Anda Sukai

Bangun pagi untuk melakukan sahur akan menjadi hal yang sulit jika Anda belum memiliki rencana apa yang akan Anda makan untuk menu sahur. Untuk itu, persiapkan sedini mungkin menu sahur yang Anda sukai.

Persiapkan menu sahur yang sederhana, agar tidak memakan waktu yang lama untuk memasaknya. Jika Anda telah memiliki menu sahur yang akan Anda makan, ini bisa menjadi slaah satu motivasi untuk Anda bangun pagi melakukan sahur.

9. Jadilah Kreatif

Hal terpenting tentang sahur adalah melakukan kegiatan yang membuat Anda senang. Ada banyak hal yang Anda lakukan selama Ramadan dan jika Anda terus melakukan sesuatu hanya karena Anda harus melakukannya. Maka seluruh bulan puasa akan terasa seperti pekerjaan rumah yang berat.

Anda bangun pada pagi buta hanya untuk makan sebelum melakukan puasa. Mengapa Anda tidak menambahkan satu kegiatan yang Anda senangi di sela-sela santap sahur? Hal ini dapat menjadikan Anda bersemangat untuk bangun sahur. Sehingga kegiatan sahur bukan menjadi hal yang berat, sebab Anda melakukannya demi kegiatan yang menyenangkan.

Selamat mencoba ya, semoga ibadah puasa Anda dapat lancar selama sebulan penuh. Amin!

Baca Juga:  Sering Kesiangan? Ikuti 6 Tips Sederhana Ini Agar Mudah Bangun Pagi

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here