Arsenal Berpeluang Juara Liga Europa Setelah Tekuk Rennes 3-0

0
541
Arsenal Berpeluang Juara Liga Europa Setelah Tekuk Rennes 3-0 - ©independent.co.uk

Nongki.net – Arsenal sukses melakukan comeback dengan mengalahkan Rennes 3-0 dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Europa 2018-19 yang digelar di Emirates Stadium, Jumat (15/3) dini hari WIB.

Pierre-Emerick Aubame yang menjadi bintang kemenangan Arsenal dengan mencetak dua gol. Sementara satu gol lainnya diciptakan pemain muda Ainsley Maitland-Niles.

Kemenangan ini mengantar Arsenal lolos ke babak perempat final dengan skor agregat 4-3 setelah laga leg pertama di markas Rennes pekan lalu berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Baca Juga:  Messi Bawa Barcelona Melaju Ke Perempat Final Liga Champions

The Gunners Cetak 2 Gol di Babak Pertama

Harus mengejar ketinggalan agregat, Arsenal yang mendapat dukungan suporter setia mereka di kandang sendiri mencoba langsung tampil ofensif sejak menit pertama.

Hasilnya gol pun langsung didapat ketika laga baru berjalan lima menit. Kerja sama apik tim tuan rumah membuat Aaron Ramsey mampu mengirim umpan yang bisa diselesaikan Aubameyang menjadi gol.

Arsenal menggandakan keunggulan mereka di menit ke-15. Aubameyang sukses mengirim umpan sebelum bola meninggalkan area permainan. Maitland-Niles yang berdiri di tiang jauh pun berhasil menyundulnya untuk membobol gawang Rennes.

Tuan rumah memperoleh beberapa peluang untuk memperbesar keunggulan. Namun tak ada gol tambahan yang tercipta hingga turun minum.

Rennes Berusaha Meneror

Kembali dari kamar ganti, Rennes yang tak mau menyerah begitu saja langsung mengancam gawang Arsenal. Sayang tembakan Ismaila Sarr yang sempat mengenai Shkodran Mustafi masih bisa ditepis Petr Cech dan bola pun menyentuh tiang gawang.

Rennes lagi-lagi memberikan teror bagi pertahanan Arsenal. Tembakan Ramy Bensebaini di menit ke-66 mengenai tiang. Namun sebelumnya hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera tanda terjadinya offside.

The Gunners berhasil menambah keunggulan mereka di menit ke-72, lagi-lagi berkat aksi Aubameyang. Sebuah crossing yang dikirim Sead Kolasinac mampu dituntaskan Aubameyang menjadi gol. Bomber asal Gabon tersebut merayakan golnya dengan cara unik, yakni memakai topeng Black Panther.

Aubameyang mendapat dua peluang emas beruntun untuk melengkapi malamnya dengan catatan hat-trick. Namun eks penyerang Borussia Dortmund itu justru tak mampu memanfaatkannya dengan baik.

Rennes beberapa kali meneror gawang Cech di sisa laga. Namun usaha Hatem Ben Arfa cs tak berhasil membuahkan gol yang akan memaksa laga dilanjutkan ke babak extra time. Skor 3-0 untuk kemenangan Arsenal pun menjadi hasil akhir laga ini.

Susunan Pemain Arsenal vs Rennes

Susunan pemain dan taktik lapangan Arsenal vs Rennes - ©google.com
Susunan pemain dan taktik lapangan Arsenal vs Rennes – ©google.com

Susunan Pemain Arsenal:

Mengusung taktik lapangan 3-4-1-2, pelatih Arsenal, Unai Emery menurunkan pemain terbaiknya yang terbukti mampu mengalahkan Rennes. Berikut susunan pemain Arsenal,

P. Cech (Kiper); S. Mustafi, L. Koscielny, Nacho Monreal; A. Maitland-Niles, A. Ramsey (digantikan Torreira pada menit ke-87), G. Xhaka, S. Kolasinac; Mesut Ozil (digantikan Mkhitaryan pada menit ke-70); A. Lacazette (digantikan Iwobi pada menit ke-70), P. Aubameyang.

Susunan Pemain Rennes:

Mengusung taktik lapangan 4-4-1-1, pelatih Rennes, Julien Stephan menurunkan pemain terbaiknya yaitu,

T. Koubek (Kiper); H. Traore, D. Da Silva, Mexer, R. Bensebaini; B. Bourigeaud, B. Andre (digantikan Siliki pada menit ke-78), C. Grenier (digantikan Hunou pada menit ke-70), I. Sarr; H. Ben Arfa, M. Niang.

Baca Juga:  Cetak Hattrick, Ronaldo Bawa Juventus ke Perempat Final Liga Champions

Unai Emery Mengaku Puas

Pelatih Arsenal, Unai Emery mengaku puas dengan kerja keras timnya ketika mengalahkan Rennes. Walaupun begitu, pertandingan tersebut tidaklah mudah bagi Arsenal, mereka wajib mengejar defisit gol ketika takluk 1-3 di markas Rennes pada leg pertama beberapa waktu lalu. Untungnya, semua pemain The Gunners tampak menyadari betapa pentingnya pertandingan ini.

Aaron Ramsey tampil moncer, juga Pierre-Emerick Aubameyang dengan dua golnya. Performa inilah yang membuat Emery merasa puas, khususnya dengan dukungan masif suporter The Gunners yang memenuhi Emirates Stadium.

Emery menyebut Arsenal sekarang sudah memiliki keyakinan bahwa mereka bisa saja menjadi juara.

Berpeluang Juara

Menurut Emery, semangat Arsenal menjuarai Liga Europa bukan hanya untuk mendapatkan tiket kembali ke Liga Champions. Lebih dari itu, The Gunners sangat berhasrat untuk meraih satu gelar juara musim ini, demi para fans.

“Saya berkata pada para pemain hari ini, saya sangat bersemangat dengan kompetisi ini. Bukan cuma karena anda bisa kembali ke Liga Champions melalui kompetisi ini, tetapi juga karena saya pikir kami bisa merasakan kemungkinan meraih satu gelar juara,” ungkap Emery di laman resmi Arsenal.

“(Juara dengan) tampil seperti ini pada momen-momen sulit seperti hari ini, juga bermain melawan tim-tim besar.”

Meminta Dukungan Fans

Lebih lanjut, Emery ingin Arsenal tampil di Liga Europa sama baiknya seperti penampilan mereka di Premier League. Dia meminta suporter setia The Gunners untuk terus mendukung tim, hanya dengan bersama fans mereka bisa mencoba menjuarai Liga Europa.

“Saya kira kami bisa merasakan kompetisi ini seperti di Premier League, yakni dengan bermain apik dan menciptakan peluang, bersama suporter kami, menciptakan atmosfer masif dan perasaan untuk melakukan ini bersama-sama baik di Premier League maupun di Liga Europa.”

“Bersama dan lebih kuat. Saya pikir kami punya peluang untuk melakukan sesuatu yang penting,” pungkasnya.

Statistik Pertandingan Arsenal vs Rennes

Statistik Pertandingan Arsenal vs Rennes - Nongki.net
Statistik Pertandingan Arsenal vs Rennes – Nongki.net

Mengutip data statistik pertandingan dari google news, Secara keseluruhan Arsenal memang unggul dalam permainan. Seperti penguasaan bola yang mencapai 55% dibandingkan Rennes yang hanya 45%.

Tendangan ke arah gawang pun Arsenal mampu menciptakan 4 tendangan dengan 3 tendangan berhasil membuahkan gol. Sementara Rennes hanya memiliki 2 kali tendangan ke arah gawang namun tidak satu pun membuahkan hasil.

Baca Juga:  Arsenal Sukses Tundukan MU di Pekan ke-30 Premier League

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini