Nongki.net – Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi termuda yang berada di pulau Sumatra. Provinsi ini memiliki 2 Pulau utama, yakni pulau Bangka dan pulau Belitung. Tepatnya pada 21 November 2000 atau pada 19 tahun yang lalu, Bangka Belitung disahkan menjadi sebuah Provinsi baru yang cukup potensial akan hasil alamnya.

Provinsi Bangka Belitung terkenal dengan penghasil bahan timah Terbesar se-Indonesia. Selain hasil alamnya yang luar biasa, ternyata Bangka Belitung menyimpan potensi destinasi wisata yang menakjubkan dan layak dikunjungi.

Terlebih lagi setelah kemunculan film Larkar Pelangi pada tahun 2008 silam yang mengambil lokasi syuting di beberapa tempat di Bangka Belitung. Membuat pesona wisata provinsi ini semakin banyak diminati oleh wistawan lokal maupun mancanegara karena keindahannya.

Berikut Nongki.net sajikan, beberapa tempat wisata alam di Bangka Belitung yang wajib Anda kunjungi!

1. Pantai Tanjung Tinggi

Tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi pertama kali adalah Pantai Tanjung Tinggi yang terletak di Desa Ciput, Kabupaten Belitung. Di sini, Anda bisa melihat secara langsung keindahan alam yang dijadikan lokasi syuting film Indonesia yang terkenal yaitu Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Ciri khas dari pantai ini adalah terdapat banyak bebatuan besar yang tersebar di beberapa penjuru pantai. Anda bisa berenang dengan tenang dan melakukan kegiatan olahraga air yang disediakan oleh pengelola seperti snorkeling dan jetski karena gelombang air yang ada di pantai ini cukup tenang. Sehingga aman untuk beraktivitas di pantai.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Medan Yang Akan Memesona Anda

2. Pulau Batu Berlayar

Salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib untuk dikunjungi berikutnya adalah Pulau Batu Berlayar. Disebut sebagai “batu berlayar” karena saat pasang batu yang ada dipulau ini terlihat seperti sedang berlayar.

Dipenuhi dengan bebatuan granit besar, Anda bisa bermain sepuasnya diantara bebatuan. Selain itu, mengabadikan moment sembari melakukan swafoto adalah kegiatan wajib untuk Anda pamerkan di beranda akun Instagram Anda.

3. Pulau Leebong

Selain bebatuan, wisata di Bangka Belitung lainnya yang tak kalah indah adalah Pulau Leebong. Meski belum setenar tempat wisata lainnya, tapi panorama dan keindahan baharinya bisa membuat pengunjung betah berlama-lama.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di pulau ini. Mulai dari berjalan di dermaga tengah laut, snorkeling, hingga tracking di tengah pulau sambil melihat rimbunnya pepohonan.

4. Pantai Tanjung Kelayang

Tempat wisata di Bangka Belitung sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi sering sekali dicari oleh wisatawan. Tampaknya banyak orang yang ingin berlibur sekaligus napak tilas film terlaris di tahun 2008 ini.

Berada di Kecamatan Sijuk, Anda bisa menyaksikan keindahan pasir putit, batu granit raksasa, dan air laut yang jernih kebiruan sekaligus. Tak heran kalau pantai ini jadi tempat wisata paling populer hingga saat ini.

5. Batu Garuda

Sedikit jauh dari pantai Tanjung Kelayang, terdapat objek wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Di pantai lepasnya, ada batu granit raksasa yang disebut dengan Batu Garuda.

Disebut demikian karena bentunya seperti burung Garuda jika dilihat dari kejauhan. Keunikan ini yang membuat wisatawan rela jauh-jauh datang ke tempat ini untuk sekadar mengambil foto.

6. Dermaga Kirana

Kalau mau nuansa berbeda, Anda bisa datang ke tempat wisata di Bangka Belitung yang berada di Desa Lenggang, Kabupaten Belitung Timur. Di tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan danau yang tenang dan menyejukkan.

Selain itu, ada juga pondok unik yang berbentuk keong di pinggir danau. Jika cuaca sedang bagus, Anda bisa berfoto di pinggir dermaga dengan latar belakang perahu warna-warni yang terparkir di sana.

7. Pulau Lengkuas

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lika Atmoko (@whitemore__) on

Pulau lainnya yang juga tak kalah indah adalah Pulau Lengkuas. Di pulau ini Anda bisa menikmati keindahan pantai, batu granit besar dan juga mercusuar yang sangat gagah.

Jika Anda bisa berenang, jangan lupa sempatkan snorkeling untuk melihat keindahan hayati di bawah air. Hamparan air laut yang jernih membuat pulau ini sangat mempersona.

Berbagai wisata di Bangka Belitung ini akan membuat Anda bersyukur hidup di Indonesia. Keindahan alam yang luar biasa akan menyegarkan pikiran Anda yang penat selama ini.

Baca Juga:  5 Pulau Favorit di Wisata Taman Nasional Komodo

8. Danau Kaolin

Kabupaten Bangka, selain dikenal dengan Bangka Belitung juga dikenal dengan danaunya yang begitu indah berwarna biru dan hijau tosca yang sangat memuakau kepada siapapun traveller yang berkunjung ke danau tersebut. Danau Kaolin atau lebih dikenal sebagai Camoi Aek Biru terletak di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan. Danau ini terletak kurang lebih 50 Kilometer dari Pangkal Pinang.

Setelah sampai di Danau Kaolin, tentunya traveller akan merasa takjum. Birunya yang berkilauan membuat air danau ini seperti air laut. Danau Kaolin sendiri ada dua tempat, yang satu berwarna biru dan seberangnya lagi berwarna hijau tosca. Jika traveller pernah ke Kelimutu dengan danaunya yang mempunyai warna berbeda tentunya tidak usah jauh-jauh kesana. Karena Danau Kaolin seperti replica atau versi mininya Kelimutu.

Jika dilihat dari terjadinya danau ini, Wilayah di Danau Kaolin sebenarnya memang tidak ada. Dulunya adalah bekas galian tambang yang semakin lama membesar dan akhirnya tidak digunakan lagi. Air hujanlah yang membasahi cekungan danau tersebut dan akhirnya menjadi sebuah danau yang saat ini digunakan sebagai tempat wisata karena keindahan airnya.

Keindahan danau kaolin memang begitu mempesona, sepanjang mata memandang terdapat timbunan-timbunan galian seperti bukit di sekitar danau. Sekilas seperti kawah. Jika air tidak sedang pasang atau musim kemarau. Ditengah danau tampak sebuah daratan yang seakan akan menghubungkan antara dua ujung danau tersebut.

Keadaan air danau kaolin juga termasuk aman, karena ini bukan berupa kawah. Banyak masyarakat sekitar terutama anak-anak menggunakan air danau Kaolin untuk bermain dan mandi. Danau Kaolin memang tidak menyajikan air danau saja, akan tetapi pemandangan yang begitu indah dan sangat cocok untuk obyek fotografi professional.

Tempatnya yang indah dan sepi membuat pasangan muda juga sering melakukan prewed dilokasi ini. Sangat di rekomendasikan para traveller mengunjungi danau kaolin ketika pagi hari atau senja. Selain tidak panas, suasana langit pun tampak indah. Namun jangan heran jika mengunjungi kaolin di siang hari. Cuaca panas akan menyengat, karena disekitar lokasi danau tidak ada pepohonan.

9. Pulau Kepayang

Salah satu destinasi yang bisa di kunjungi traveller dari beberapa pulau yang berada di kepulauan Belitung adalah Pulau Kepayang. Pulau Kepayang merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan terletak di kepulauan Belitung.

Pulau Kepayang sendiri terdiri dari dua pulau, yang letaknya cukup dekat. Pulau dengan pemandangan yang indah, pasir putih, batu granit di pantainya dan air lautnya cukup jernih berwarna biru. Berbagai ikan bisa di lihat dengan jelas jika traveller berada di atas perahu. Terlebih Pulau Kepayang merupakan salah satu pulau yang digunakan untuk konservasi serta penangkaran penyu serta pelestarian batu karang.

Di lokasi pelestarian penyu tersebut traveller bisa melihat aktifitas penyu, mulai dari pemeliharaan anak penyu hingga penyu yang sudah dewasa. Traveller juga bisa melihat secara langsung proses penetasan penyu ketika bertelur hingga penetasan.

Untuk menuju pulau Kepayang traveller bisa menyewa perahu nelayan bermesin dari Pantai Tanjung Kelayang Belitung. Dari pelabuhan ini traveller bisa berwisata ke pulau-pulau sekitar Belitung seperti Pulau Lengkuas, Pulau Burung, Pulau Berlayar dan Kepayang. Perjalanan ke Pulau Kepayang cukup singkat, hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit perjalanan laut.

Bagi traveller yang ingin menginap, Pulau Kepayang juga menyediakan penginapan sederhana dengan pemandangan langsung lepas pantai. Pulau ini sangat cocok bagi liburan keluarga maupun solo travelling. Keindahan alamnya dan suasananya yang tenang akan membuat traveller betah tinggal di Pulau Kepayang.

Meskiun pulaunya tidak terlalu besar, namun memiliki fasilitas yang cukup memadai selain penginapan. Mulai dari rumah makan hingga spot bersantai serta area untuk outbond suka ada di Pulau Kepayang.

Di Pulau Kepayang juga terdapat hutan kecil dengan pohon kelapa dan beberapa pohon rindang lainnya yang menyelimuti bebatuan di pesisir pantainya yang membuat Pulau Kepayang semakin sejuk. Bagi traveller pecinta fotografi, pulau ini sangat cocok untuk diabadikan sebanyak mungkin. Sepanjang mata memandang, keindahannya tak pernah habis untuk di abadikan dengan kamera.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Makassar Yang Wajib Dikunjungi

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini