Nongki.net – Kamu mungkin sangat menyukai kopi, selalu menguji cara baru untuk brewing kopi untuk mendapatkan rasa terbaik. Memang terdapat beberapa teknik yang secara instan bisa meningkatkan kualitas yang kamu buat, tak peduli apapun alat atau mesin yang kamu gunakan. Dan berikut sejumlah strategi yang membuat kopi kamu memiliki citarasa yang lebih baik dari sebelumnya.

1. Beli Biji Kopi Berkualitas

Beli Biji Kopi Berkualitas - Nongki Net
Beli Biji Kopi Berkualitas – Nongki Net

Kelezatan secangkir kopi dimulai dari biji kopi yang kamu gunakan. Jika kamu terbiasa membeli sekantong kopi yang sudah digiling, coba hentikan dari sekarang. Pastikan membeli biji kopi yang masih utuh dan segar. Untuk mencari biji kopi yang segar, kamu bisa bertanya di coffee shop atau toko kopi lokal. Pemanggangan di tempat pembelian atau produk yang dijual pemanggang lokal, yang memanggang dalam jumlah terbatas, biasanya berarti biji kopi yang ditawarkan masih segar.

2. Perhatikan Tempat Penyimpanan Kopi

Perhatikan Tempat Penyimpanan Kopi - Nongki Net
Perhatikan Tempat Penyimpanan Kopi – Nongki Net

Untuk mempertahankan kesegaran biji kopi agar bertahan lebih lama, pastikan kamu menyimpannya dengan tepat. Sementara banyak yang menyarankan untuk menyimpan biji kopi di kemasan kedap udara, toples kaca standar sudah cukup memadai bagi banyak orang.

3. Ketahui Cara Dan Waktu Yang Tepat Menggiling Kopi

Ketahui Cara Dan Waktu Yang Tepat Menggiling Kopi -Nongki Net
Ketahui Cara Dan Waktu Yang Tepat Menggiling Kopi -Nongki Net

Para pakar mengatakan, biji kopi mulai kehilangan citarasanya 30 menit setelah digiling. Artinya, sebaiknya kamu menggiling kopi sesaat sebelum menyeduhnya. Ukuran butiran hasil gilingan dan konsistensinya juga perlu kamu pertimbangkan. Hasil gilingan biji kopi yang terlalu kasar hanya akan membuat kamu mendapatkan secangkir kopi dengan citarasa yang ‘lemah’. Sementara hasil penggilingan yang terlalu halus akan menyebabkan ekstraksi yang terlalu berlebihan dan membuat kopi terasa pahit. Rata-rata pembuat kopi akan menggiling untuk mendapatkan wujud Medium hingga medium-fine.

4. Menakar Kopi Dengan Sempurna

Menakar Kopi Dengan Sempurna - Nongki Net
Menakar Kopi Dengan Sempurna – Nongki Net

Membuat kopi yang baik adalah tentang membatasi sejumlah variabel. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah kamu menggunakan jumlah yang sama untuk tiap unit air yang digunakan saat menyeduhnya. Menggunakan timbangan digital akan memakan lebih banyak waktu dan memungkinkan kamu membandingkan seberapa banyak kopi dan air yang digunakan tiap kalinya.

Baca Juga:  10 Hal Tentang Wisata Lombok Yang Harus Anda Ketahui

Idealnya, rasio 1:20 (satu bagian kopi banding satu bagian air, atau sekitar 7,5 gram kopi untuk 150 mililiter air) bisa kamu pilih untuk mendapatkan kopi bercita rasa kuat. Namun ada juga yang memilih rasio 1:14 atau 1:30. Semua tergantung kamu untuk menentukan cita rasa terbaik kopi terbaik.

5. Lakukan Proses Pre-Infuse

Lakukan Proses Pre-Infuse - Nongki Net
Lakukan Proses Pre-Infuse – Nongki Net

Sebagian besar mesin pembuat kopi tidak menyiapkan hasil gilingan untuk ekstraksi. Penuangan manual melalui alat berbentuk kerucut menimbulkan proses preinfusion atau biasa juga disebut “bloom.” Menyiapkan kopi dengan menuangkan air panas ke hasil gilingan biji kopi yang membantu melepaskan gas karbondioksida yang ditinggalkan pada proses pemanggangan. Melewatkan proses ini akan memungkinkan karbondioksida menolak air dalam proses penyeduhan.

Untuk melakukan preinfuse pada kopi kamu, masukkan filter pada hopper dan baru kemudian tambahkan kopi yang sudah digiling. Kemudian gunakan ketel untuk memanaskan sekitar 50ml air hingga suhu 94 derajat Celcius. Pastikan saat menuangkan air panas, kamu membasahi seluruh bagian kopi. Biarkan selama 45 detik sebelum mulai menggunakan coffee maker.

6. Perhatikan Suhu Penyeduhan

Perhatikan Suhu Penyeduhan - Nongki Net
Perhatikan Suhu Penyeduhan – Nongki Net

Langkah lain yang dilewatkan coffee maker otomatis adalah mencapai suhu optimal. Suhu penyeduhan yang optimal adalah 90-96 derajat Celcius. Di mesin-mesin pembuat kopi yang baru, biasanya memiliki pengatur suhu manual. Namun untuk mesin pembuat kopi otomatis, dan terutama versi yang lama, fitur ini tidak tersedia.

Pastikan kopi yang kamu buat mendapatkan panas yang memadai. Jika perlu gunakan termometer untuk mengukur suhunya. Apabila memungkinkan, ukur suhunya di proses penyeduhan. Jika suhunya tidak pernah mencapai 90 derajat Celcius, lihat kemungkinan apakah mendidihkan air terlebih dulu di ketel bisa membantu.

Baca Juga:  Ahok BTP Resmi Bergabung Ke PDI Perjuangan

Ingat, Kamu tidak butuh suhu lebih dari 96 derajat Celcius karena ini akan “membakar” kopi. Jika ini tidak bekerja, kamu mungkin butuh mesin pembuat kopi yang baru.

7. Perhatikan Kualitas Air

Perhatikan Kualitas Air - Nongki Net
Perhatikan Kualitas Air – Nongki Net

Kualitas air yang kamu gunakan adalah aspek lain yang perlu dipertimbangkan jika menyangkut penyeduhan kopi. Menggunakan air yang kaya kandungan mineral tidak akan mengikat partikel larut dari kopi dengan baik. Ini membuat kopi tidak diekstraksi dengan baik. Tidak hanya itu, kandungan mineral yang tinggi juga menyebabkan pembentukkan kerak di coffee maker milik kamu. Seiring waktu, ini menyebabkan menurunnya fungsi coffee maker.

Well, meski terlihat rumit tapi Kamu akan dapat cita rasa kopi yang nikmat, bro. So, ready to brew?

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini