Nongki.net – Ketika orang berpikir tentang yoga, mereka membayangkan tubuh yang lentur seperti para pesenam. Hal ini membuat mereka khawatir, apakah mereka terlalu tua, kurang fit, atau terlalu kaku untuk melakukan yoga.

Sebenarnya adalah anda tidak pernah terlalu tua untuk memperbaiki fleksibilitas tubuh anda.

Rangkaian dari pose yoga atau yang disebut asanas dapat dilakukan dengan meregangkan otot anda dengan benar.

Peregangan ini akan melepaskan asam laktat yang tertimbun di otot yang digunakan, yang dapat menyebabkan kekakuan, tegangan, nyeri dan kelelahan.

Sebagai tambahan yoga juga dapat meningkatkan jangkauan pergerakan dari sendi. Yoga juga meningkatkan lubrikasi di sendi.

Hasilnya adalah rasa mudah untuk bergerak dan rasa lentur dari tubuh anda.

Peregangan di yoga bukan hanya terjadi otot saja, tetapi di seluruh jaringan tubuh anda, dan itu termasuk ligament, tendon, dan jaringan fascia yang membungkus seluruh otot anda.

Tidak masalah berapa level yoga yang sudah anda capai, anda akan merasakan manfaat dalam waktu yang singkat.

Pada suatu studi, terbukti para peserta yoga memperbaiki 35% dari tingkat fleksibitasnya setelah 8 minggu berlatih yoga.

Memperbaiki Kekuatan Otot Tubuh

Beberapa gaya dari yoga, seperti ashtanga dan power yoga, membutuhkan kekuatan dibanding yang lain. Berlatih yoga tipe ini akan memperbaiki kekuatan otot anda.

Bahkan beberapa gaya yoga yang membutuhkan kekuatan yang lebih sedikit seperti lyengar atau hatha, yang mengurangi gerakan dan berfokus pada keselarasan pada pose, yang dapat memberikan kekuatan dan daya tahan.

Banyak pose, seperti downward dog, upward dog dan the plank pose, membangun kekuatan tubuh bagian atas. Hal ini menjadi penting berkaitan dengan usia.

Pada standing poses khususnya anda bernafas dengan beberapa nafas panjang, untuk membangun kekuatan otot hamstring, quadriceps dan otot-otot perut.

Baca Juga:  VIDEO: Mengenal Upacara Kasodo Di Gunung Bromo

Pose untuk memperkuat punggung bawah mencakup upward dog dan the cair pose. Ketika berlatih dengan benar, pose ini akan membangun kekuatan otot perut bagian dalam.

Memperbaiki Postur Tubuh Yang Bungkuk

Dengan meningkatnya fleksibilitas dan kekuatan tubuh, postur tubuh akan lebih baik. Kebanyakan pose berdiri dan pose duduk dapat membangun kekuatan otot.

Karena anda mengandalkan kekuatan otot perut bagian bawah untuk menyokong pose anda. Keuntungan lain dari yoga adalah meningkatkan kewaspadaan tubuh.

Kesadaran tubuh yang tinggi ini juga akan mengingatkan anda jika anda membungkuk atau merosot sehingga anda bisa lebih memperbaiki postur tubuh anda.

Melatih Kapasitas Paru-paru

Karena yoga mencakup latihan pernafasan yang dalam dan penuh konsentrasi, kapasitas paru-paru semakin meningkat. Kondisi ini akan memperbaiki kemampuan dan kekuatan dalam berolahraga.

Tetapi yoga bukanlah olahraga yang berfokus pada aerobic fitness, seperti berlari atau bersepeda.

Mengambil kelas yoga yang mengutakaman kekuatan secara terus menerus akan membuat anda sulit bernafas di ruangan yang panas, bagaimanapun juga dapan memberikan anda manfaat seperti melakukan aerobic.

Dapat Menurunkan Stres

Bahkan untuk orang yang pertama kali melakukan yoga akan merasakan lebih santai pada kelas pertamanya. Beberapa gaya yoga menggunakan tehnik meditasi khusus untuk menenangkan pikiran dan menurunkan stress.

Beberapa gaya yoga lain memfokuskan diri pada tehnik bernafas dalam untuk menenangkan diri dan focus pada pernafasan.

Beberapa manfaat anti-stress dari yoga berhubungan dengan respon biokimia. Contohnya terjadi penurunan katekolamin, hormone yang diproduksi oleh kelenjar adrenal untuk merespon stress.

Penurunan level hormone neurotransmitter, seperti dopamine, norepinefrin, dan epinefrin, akan menimbulkan perasaan tenang.

Terjadi pula peningkatan hormone oksitosin yang dikenal sebagai hormone “percaya” dan “ikatan”, yang dihubungkan dengan perasaan relax dan terhubung dengan orang lain.

Baca Juga:  Gantikan Solari, Perez: Zinedine Zidane Pelatih Terbaik di Dunia

Melatih Konsentrasi dan Mood

Walaupun sulit untuk diteliti, mayoritas peserta yoga mengatakan kemampuan mental untuk focus, konsentrasi adalah manfaat yang sering dibicarakan oleh mereka.

Begitu juga jika membicarakan mood, kebanyakan peserta mengatakan mood akan lebih ceria dan lebih puas.

Penelitian terakhir tentang pengaruh yoga dan depresi, manfaat dari yoga adalah mendorong tingkat oksigen lebih banyak masuk ke otak. Yoga bahkan telah diteliti berkaitan dengan terapi untuk penderita obsesif-kompulsif

Bermanfaat Bagi Jantung

Mungkin studi yang paling banyak dilakukan tentang yoga berkaitan dengan penyakit jantung. Yoga diketahui menurunkan tekanan darah dan memperlambat denyut jantung.

Denyut jantung yang lebih lambat memberi keuntungan tersendiri pada orang dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Studi juga menemukan bahwa yoga meningkatkan kadar antioksidan. Yoga juga banyak dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan trigliserida, juga meningkatkan system imunitas tubuh.

Manfaat Yoga Untuk Beberapa Penyakit Lain

Saat ini yohga sangat popular, sehingga banyak penitian mulai mempelajari manfaat terapetik yoga. Ini dikenal sebagai Integrative Yoga Therapy (IYT).

IYT bermanfaat untuk memperkuat terapi spesifik untuk kondisi medis tertentu seperti depresi sampai penyakit jantung.

Yoga juga bermanfaat untuk memperbaiki kondisi asma, nyeri punggung dan arthritis, insomnia dan multiplr sclerosis.

Manfaat Lain Dari Yoga

Beberapa studi mengatakan bahwa yoga mempunyai eek positif terhadap proses belajar dan memori. Yoga juga diketahui memperlambat proses penuaan, dan memperbaiki level energy positif.

Yoga juga memperbaiki kondisi spiritual. Beberapa penelitian bahkan mengatakan jika yoga dapat membantu situasi dalam rumah tangga dan hubungan dalam pekerjaan.

Satu-satunya cara untuk mengetahui manfaat yoga untuk anda adalah mencoba sendiri dan anda akan lihat hasilnya.

Baca Juga:  Fakta Unik Rayap dan Jasa Anti Rayap Profesional

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here