Nongki.net – Apakah Anda pernah mendengar Festival Songkran sebelumnya? Pada tahun ini Festival Songkran diadakan mulai dari tanggal 13 – 15 April 2019 dan akan kembali diperingati setiap tahunnya. Festival air ini telah menjadi acara unggulan tahunan bagi Thailand untuk menarik jutaan wisatawan.
Songkran adalah festival paling terkenal di Thailand. Festival ini diadakan pada hari yang penting dalam kalender Budha, yaitu menandakan awal tahun baru tradisional di Thailand dan beberapa negara di Asia Selatan serta Tenggara. Kata Songkran sendiri berasal dari bahasa sangsekerta yang memiliki arti ‘bergeser’ atau ‘pergerakan’. Hal ini dikarenakan adanya pergerakan matahari dari satu posisi ke posisi lain pada sistem zodiak, yaitu dari Pisces bergeser ke Aries.
Baca Juga:  Menjelajahi 10 Wisata Alam Liar Afrika Selatan

Makna Songkran bagi masyarakat lokal

Festival ini begitu syarat dengan tradisi simbolik bagi masyarakat Thailand, khususnya para pemeluk agama Budha. Penduduk Thailand biasanya memulai dengan membersihkan seluruh sudut rumah sehari sebelum  tahun baru dirayakan. Kemudian dilanjutkan dengan perayaan Wan Nao.
Wan Nao adalah perayaan malam tahun baru Thailand, pada malam tersebut seluruh umat Budha berbondong-bondong pergi ke kuil untuk membangun istana pasir yang dibangun menyerupai Kuil Budha. Baru kemudian acara Songkran yang sesungguhnya dimulai tepat pada tanggal 13 April setiap tahunnya.
Pada Festival Songkran, air merupakan elemen paling penting. Festival ini telah banyak menarik para wisatawan mancanegara untuk pergi ke Thailand. Jika Anda mengunjungi Thailand selama periode ini, bersiaplah untuk mendapat percikan air dan menjadi basah kuyup selama festival. Ribuan orang akan memadati setiap sudut jalanan kota Bangkok sambil membawa pistol air, ember dan alat lainnya untuk saling melempar air kepada siapapun yang mereka temui di jalan.

Kegiatan selama Festival Songkran

Festival ini tentu memiliki makna yang mendalam bagi rakyat Thailand sendiri. Karena pada hari libur nasional ini mereka melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat yang lebih tua. Umat Budha juga biasanya akan menggunakan air untuk dicurahkan pada gambar atau patung-patung Budha serta tangan para biksu Budha sebagai tanda penghormatan.
Bangkok sebagai ibu kota Thailand merayakan Bangkok Songkran Splendours Festival yang berlangsung setiap tanggal 13 – 15 April. Upacara pembukaan secara resmi diadakan di Wat Pho, yaitu salah satu kuil Budha paling penting di Thailand yang merupakan rumah bagi Budha berlapis emas dengan posisi berbaring.
Selain melempar air, banyak pula acara yang diadakan terutama di sekitar jalan Khao San, salah satu jalan yang paling populer bagi wisatawan dunia. Acara-acara yang berlangsung selama festival termasuk menyemprot air, ritual memandikan Budha, prosesi, pertunjukan live music and dance, serta sederetan makanan khas Thailand yang menggoda selera untuk dinikmati sepanjang perayaan.
Baca Juga:  5 Tips Sebelum Liburan Ke Mancanegara Pertama Kali

Festival Songkran dilakukan di beberapa wilayah Thailand

Selain Bangkong, beberapa wilayah lain di Thailand juga ikut menggelar Festival Songkran, seperti CHiang Mai dan Phuket.

Chiang Mai merupakan salah satu wilayah terbesar yang menyelenggarakan Songkran di Thailand. Di Chiang Mai, festival ini dimulai sedikit lebih awal yaitu pada tanggal 12 April dengan prosesi yang sama seperti di daerah lainnya yaitu upacara, perayaan Budha, pertunjukan tradisional dan tentu saja melempar air.

Kota lain yang juga mengelenggarakan acara Songkran adalah Phuket. Pulau terbesar di Thailand ini menyajikan begitu banyak aktivitas selama festival berlangsung, terutama di wilayah pantai Patong. Di sini jalanan akan macet dipenuhi dengan truk-truk pick up yang akan menyemprotkan air ke penduduk lokal maupun turis mancanegara. Juga disepanjang jalan Bangla, dimana Anda akan menemukan tempat hiburan malam paling ramai di Patong. Perayaan Songkran akan berlanjut hingga larut malam.

Taman Saphan Hin adalah pusat dan fokus utama festival Songkran di kota Phuket. Live music dan pertunjukan tradisional merupakan bagian dari perayaan yang sangat menyenangkan ini.

Festival Songkran sudah terkenal di seluruh dunia

Songkran adalah festival yang bukan hanya sangat penting bagi penduduk lokal Thailand, tetapi juga sangat populer di seluruh dunia. Banyak turis dari segala penjuru dunia yang sengaja dan mempersiapkan secara khusus untuk datang ke Thailand serta ikut merayakan acara yang unik ini. Siapa pun, tua-muda, pria-wanita, lokal-turis akan terlibat dalam perayaan Songkran. Jika Anda keluar hotel selama periode Songkran, dijamin Anda akan basah kuyup terkena cipratan air namun Anda pasti akan bersenang-senang dan menikmatinya.

Tahun 2019 ini acara Songkran mungkin telah berakhir. Namun dengan adanya artikel ini, Nongki.net berharap bagi Anda yang tertarik dan ingin merasakan festival Songkran semoga akan memberikan Anda wawasan dan gambaran bagi acara tahunan yang diadakan setiap tahunnya di Thailand. Dan persiapkan budget serta ajak teman maupun keluarga Anda untuk pergi dan menikmati Festival Songkran tahun depan.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan pistol air, tas dan pelindung handphone anti air saat Anda menghadiri festival ini. Selamat berbasah-basah ria di Festival Songkran ya!

Baca Juga:  Ingin Mencoba Solo Traveler? Kenapa Tidak!

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini