Berencana Ke Jerman? Ini 10 Tempat Wisata Paling Recomended

0
528
Berencana Ke Jerman Ini 10 Tempat Wisata Paling Recomended - ©analisadaily.com
Berencana Ke Jerman Ini 10 Tempat Wisata Paling Recomended - ©analisadaily.com

Nongki.net – Jerman adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Barat yang memiliki bentuk pemerintahan negara federasi yang terdiri dari 16 negara bagian. Jerman telah lama dikenal sebagai pencetus ilmu dan teknologi, tak heran jika negara ini menjadi salah satu tujuan untuk melanjutkan pendidikan.

 

Selain pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi, negara yang menjadi juara piala dunia FIFA tahun 2014 ini juga ternyata menyimpan sejumlah surga wisata yang tak kalah megah bila dibandingkan dengan negara-negara eropa lainnya. Berlibur dan mengunjungi negara ini, tentu akan menjadi idaman bagi banyak orang. Arsitektur bangunan yang megah dipadu dengan perjalanan sejarah yang panjang membuat negara yang pernah dipimpin oleh diktator Adolf Hitler ini menjadi sangat menarik untuk dijadikan tujuan liburan selanjutnya.

Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan pergi berwisata ke Jerman ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu spot-spot menarik yang ada di negara ini. Nongki.net telah menyusun 10 tempat wisata Jerman paling recomended yang wajib Anda kunjungi. Yuk simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  10 Wisata Mesir Ini Membawa Anda Ke Peradaban Kuno

1. Frauenkirche

 

View this post on Instagram

 

A post shared by TripAdvisor (@tripadvisor) on

Tempat wisata Jerman yang pertama adalah Frauenkirche. Frauenkirche merupakan sebuah gereja yang terletak di Lutheran, Dresden. Gereja ini memiliki riwayat sejarah yang sangat panjang, bahkan pernah hancur karena bom saat Perang Dunia II terjadi. Pemerintah Jerman kemudian membangun kembali gereja ini yang dimulai sejak 1994 dan selesai tahun 2005. Fakta lain juga menyebutkan bahwa gereja ini sebenarnya telah ada sejak abad ke 11.

 

Ciri khas utama dari gereja ini adalah adanya kubah yang tidak lazim digunakan pada bangunan gereja pada umumnya. Tinggi kubahnya sendiri hingga mencapai 100 meter dan disebut sebagai die Steinerne Glocke yang berarti Lonceng Batu.

 

Selain tampilan eksterior yang unik, gereja ini juga memiliki desain interior yang sangat megah. Pada bagian langit-langit gereja, Anda akan menjumpai banyak sekali lukisan dan ornamen yang memesona. Jika Anda pergi ke kota Dresden, maka sempatkan untuk mengunjungi tempat wisata Jerman satu ini. Selain indah, Anda juga tidak akan dikenakan biaya untuk masuk ke dalam gereja ini.

2. Cologne Cathedral

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @josolena on

Cologne Cathedral merupakan sebuah gereja katolik yang terletak di pusat kota Koln. Gereja satu ini memiliki tampilan arsitektur bak negeri dongeng karena menampilkan gaya Gothic. Menurut data pariwisata Jerman, gereja ini setidaknya dikunjungi 20.000 orang setiap harinya. Hal ini membuat Katedral Cologne dinobatkan sebagai tempat wisata  paling banyak dikunjungi wisatawan di Jerman.

 

Berdasaran sejarahnya, gereja ini sudah berdiri sejak tahun 1248 dan telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1996. Meskipun sekarang sudah menjadi tempat wisata Jerman paling populer, gereja ini masih tetap berfungsi sebagai rumah ibadah bagi kaum katolik.

 

Jika berkesempatan masuk ke dalam gereja ini, Anda akan melihat altar yang masih berdiri megah meski dibangun sejak tahun 1322. Hal menarik lainnya dari Katedral Cologne ini adalah 5 jendela yang terbuat dari kaca patri yang terdapat pada dinding sebelah selatan gereja ini yang merupakan pemberian dari Raja Ludwig I. Anda dapat mengunjungi katedral ini setiap hari dan tidak dipungut biaya alias gratis. Namun jika Anda berniat untuk masuk dan naik ke atas menara, Anda akan dikenakan sejumlah uang sebagai tiket masuk.

3. Rhine River

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Elena (@ecvet) on

Jika Anda ingin menikmati suasana romantis di tepi sungai, maka tempat wisata Jerman terbaik berikutnya adalah sungai Rhein. Sungai yang memiliki panjang hingga 1.230 kilometer ini dinobatkan sebagai salah satu sungai terpanjang di Eropa yang melintang hingga membelah beberapa negara. Sungai Rhein mengalir melintasi mulai dari Swiss dan bermuara di North Sea. Sejak zaman kekaisaran Romawi, sungai ini memiliki peran penting sebagai jalur perdagangan hingga ke pedalaman.

 

Cara terbaik untuk menikmati pemandangan di sungai ini adalah dengan menumpang perahu yang banyak disediakan oleh agen wisata yang ada di sana. Saat menelusuri sungai ini, Anda akan menyaksikan beberapa istana dan puing-puing bangunan kota peninggalan sejarah yang berdiri di tepi sungai. Saat malam tiba, suasana romantis akan semakin terasa karena pemandangan lampu-lampu kota yang menerangi sepanjang aliran sungai.

 

Rhine river telah menjadi tujuan wisata Jerman favorit bagi banyak wisatawan mancanegara.

Baca Juga:  13 Tempat Wisata Favorit Di Korea Selatan

4. Rugen Cliffs

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @luigibonini.pc on

Tak hanya wisata sejarah, Jerman juga memiliki tempat wisata alam yang tak kalah menarik yaitu Rugen Cliffs. Rugen Cliffs atau yang lebih dikenal dengan nama Rugia Island merupakan sebuah pulau yang memiliki pemandangan tebing batu curam bernama Victoria Sicht dan Konigsstuhl. Pulau ini berada di antara Pomeranian dan Laut Baltic.

 

Rugen cliffs terkenal sebagai tempat wisata Jerman dengan pemandangan alami yang memukau dengan pasir putihnya yang cantik. Di tempat ini, berdiri pula beberapa resort dengan gaya arsitektur yang menawan. Selain tebing, Anda juga dapat merasakan sejuknya udara yang berasal dari hutan yang terdapat di belakang tebing. Hutan alami ini termasuk ke dalam kawasan Jasmund National Park. Anda dapat berjalan kaki menelusuri hijaunya pepohonan di hutan ini.

5. Tembok Berlin

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Emily Cerrone (@helloem.lyy) on

Berliner Mauer atau Tembok Berlin adalah sebuah tembok yang terbuat dari beton dan berfungsi sebagai pemisah antara Berlin Barat dan Berlin Timur. Tembok ini dibangun pada tanggal 13 Agustus 1961. Meskipun tembok ini telah diruntuhkan pada 3 Oktober 1990, namun Anda masih dapat menyaksikan beberapa bagian tembok yang masih untuk dan berdiri tegak sebagai bukti sejarah.

 

Di area tembok Berlin setidaknya terdapat 30 titik panel informasi yang dapat memudahkan pengunjung mengetahui sejarah tentang tembok tersebut. Spot lain di tembok Berlin adalah Bernauer Strasse yang merupakan bagian replika Tembok Berlin. Di sini Anda dapat mengunjungi situs memorial, Kapel Rekonsiliasi hingga pusat dokumentasi. Kini di beberapa bagian tembok Berlin dihiasi oleh seni mural sebagai simbol kebebasan dan telah menjadi spot untuk berfoto ria sambil mempelajari sejarah tembok tersebut.

6. Neuschwanstein

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Revista Viajar Pelo Mundo (@revistaviajar) on

Pernahkah Anda menonton beberapa serial film dongeng produksi Disney? Jika iya, Anda pasti sering menyaksikan gambaran istana yang memiliki tampilan sangat megah yang dihuni oleh sepasang raja dan ratu. Jika Anda pergi ke Neuschwanstein, maka Anda serasa diajak untuk memasuki kastil ala negeri dongeng.

 

Neuschwanstein atau yang dikenal pula dengan nama New Swanstone Castle ini merupakan sebuah bangunan kastil tua yang didirikan pada awal abad ke-19 di kaki pegunungan Alpen dan berbatasan langsung dengan Austria.

 

Salah satu bangunan yang menjadi ikon tempat wisata di Jerman ini merupakan bangunan megah bergaya Neo-Romanesque, yang berada di antara pepohonan dan padang rumput di bawahnya. Kastil ini dulunya adalah milik Raja Ludwig II, yang sangat beliau banggakan karena tempatnya yang begitu indah, suci dan tertutup.

 

Bila Anda ingin mengunjungi kastil ini, Anda harus memesan tiket masuk minimal dua hari sebelumnya. Selain itu sebelum dapat menikmati keindahan kastil ini Anda juga harus menempuh perjalanan di antara pepohonan yang menutupi kastil dengan jalan yang menanjak. Tapi percayalah, saat Anda sudah berada di dalam kastil, perjuangan Anda akan terbayar lunas dengan keindahannya.

Baca Juga:  Wisata Turki, Perpaduan Antara Benua Asia dan Eropa

7. Maulbronn Monastery

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Evan (@justanotherdayshots) on

Maulbronn Monastery atau Biara Maulbronn adalah sebuah tempat wisata Jerman yang memiliki gaya arsitektor yang menawan ala abad pertengahan. Biara yang berjarak sekitar 40 kilometer sebelah timur kota Karlsruhe ini didirikan pada tahun 1147.

 

Biara yang masih lengkap dan terawat dengan sangat baik ini telah dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1993. Anda dapat mengunjungi Maulbronn Monastery setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 09.00 – 17.30 waktu setempat. Untuk dapat masuk ke dalam biara ini, Anda akan dikenakan sejumlah biaya masuk. Untuk mencapai biara ini, Anda dapat menggunakan alat transportasi kereta atau bus dari Hauptbahnhof yang memakan waktu sekitar satu jam.

8. Holstentor

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jana (@jana.k.hh) on

Holstentor yang dalam bahasa Jerman memiliki arti sebagai Gerbang Holsten merupakan sebuah gerbang besar yang terbuat dari batu bata merah dengan desain gothic di kota Lubeck. Pada zamannya, Holstentor ini difungsikan sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh yang berasal dari barat dan didirikan sejak tahun 1464. Saat ini, Gerbang Holsten difungsikan sebagai museum untuk mempertahankan sejarah kota. Bangunan ini telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1987.

 

Bangunan ini sempat terancam runtuh pada tahun 1863 karena struktur tanah yang tidak stabil sehingga membuat pondasi bangunan menjadi turun. Namun upaya renovasi pada tahun 1871 akhirnya dapat menyelamatkan struktur bangunan dengan melakukan stabilisasi tanah. Anda dapat mengunjungi tempat wisata Jerman ini sekaligus mempelajari sejarah yang ada di dalamnya.

9. Heidelberg Old City

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Raj (@rajkiran_bwinian) on

Tempat wisata Jerman selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Heidelberg Old City. Kota tua begitu sangat istimewa, karena Kota Heidelberg ini merupakan salah satu kota yang bangunannya masih sangat asli dan tidak hancur ketika Perang Dunia II berlangsung.

 

Di Kota Heidelberg terdapat sebuah area pejalan kaki yang merupakan pedestrian terpanjang di Eropa dengan dikelilingi bangunan-bangunan tua yang masih berfungsi di sisi kanan dan kirinya. Selain itu, Anda juga dapat menjumpai sebuah kastil tua di kota ini yang dikenal dengan nama Heidelberger Schloss. Namun sayangnya kastil ini hanya tersisa puing-puing di beberapa sisinya. Kastil ini dulunya difungsikan sebagai benteng pertahanan.

10. Brandenburg Gate

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tania & David (@viviendodeviaje) on

Selain Tembok Berlin, tempat wisata terakhir yang harus Anda kunjungi adalah Gerbang Berlin. Gerbang ini telah menjadi simbol utama dari penyatuan Berlin Barat dan Berlin timur. Pembangunan dari gerbang ini sendiri sudah dari abad ke-18 dan berfungsi sebagai jalur untuk masuk kota Brandengburg an der Havel.

 

Gerbang Brandenburg didesain berdasarkan pada Propylaea yaitu gerbang masuk ke Acropolis di Athena, Yunani. Tempat ini telah menjadi simbol dari kota Berlin, sehingga banyak turis mancanegara berfoto dengan latar belakang gerbang ini yang menandakan bahwa mereka telah resmi mengunjungi Negara Jerman.

Baca Juga:  11 Tempat Eksotis Hawaii Paling Favorit Wisatawan

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini