Cara Mengontrol Emosi Secara Efektif Agar Lebih Bahagia

0
505
Cara Mengontrol Emosi Secara Efektif Agar Lebih Bahagia -

Nongki.net – Rangga dan Cinta telah menjalin persahabatan yang sangat baik. Mereka melakukan segala sesuatunya bersama, meskipun dalam hal sifat dan emosi keduanya memiliki perbedaan yang mencolok.

Cinta memiliki perasaan yang sensitif, kejadian kecil saja akan membuatnya frustasi, stres serta mempengaruhi pikirannya. Dia sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya seperti terjebak dalam kemacetan, omongan negatif, tempat yang kotor dan berantakan dan lainnya. Suasana hati dan kebahagiaan Cinta secara langsung dipengaruhi oleh apa yang terjadi di sekitarnya setiap hari.

Sedangkan Rangga, termasuk tipe orang yang cuek. Dia tidak akan membiarkan hal-hal kecil datang menghampiri dan mempengaruhi pikirannya. Dia memutuskan untuk lebih terlalu ambil pusing dengan hal-hal sepele. Dan hal ini justru membuat Rangga menjadi lebih bahagia dibandingkan dengan Cinta. Apa perbedaannya?

Baca Juga:  Sering Kesiangan? Ikuti 6 Tips Sederhana Ini Agar Mudah Bangun Pagi

Kelola Emosi Adalah Pilihan

Mengelola emosi merupakan masalah pilihan. Anda mau atau tidak? Sudah banyak artikel dan jurnal yang menulis tentang emosi serta bagaimana cara menghadapinya secara efektif. Namun tetap saja, masih banyak orang yang belum bisa mengendalikan emosinya dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa?

Mengelola emosi secara efektif sebenarnya seperti mengembangkan suatu keterampilan. Anda perlu melatih dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Mengubah suatu kebiasaan memang tidak mudah apalagi jika menyangkut masalah emosi. Tentu bagi sebagian orang akan sulit untuk membiasakannya.

Ketika Anda merasa sebagai orang yang emosional maka untuk meredakan emosi Anda tentu dengan cara menenangkan diri. Dan mencoba untuk menghadapi situasi yang membuat Anda emosi tersebut dengan cara memikirkan solusinya. Kita paling sering hanya mengomel ketika muncul satu hal yang mengecewakan kita. Cobalah untuk menenangkan diri sembari memikirkan solusi dari hal yang membuat Anda emosi.

Jika Anda memahami sedikit lebih banyak tentang bagaimana emosi bekerja, maka Anda berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk menggunakan informasi tersebut demi keuntungan Anda. Belajar mengendalikan emosi bisa menjadi salah satu keterampilan terbaik yang akan Anda kembangkan dalam hidup Anda. Mengendalikan emosi adalah tentang pilihan bagaimana cara Anda bertindak. Jika Anda memilih untuk tidak sekedar mengomel maka Anda akan menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Bagian Otak Yang Mengatur Emosi

Sistem limbik adalah bagian dari otak kita yang bertugas untuk mengatur emosi. Sistem limbik ini adalah salah satu bagian yang paling tua diketahui oleh manusia bila dibandingkan dengan bagian otak yang berfungsi sebagai pikiran kita (korteks prefrontal). Karena bagian emosi ini sudah sangat tua maka bagian ini juga merupakan bagian otak yang sangat kuat. Dalam banyak kasus, emosi terkadang sering mengalahkan pikiran atau akal sehat. Rata-rata sistem limbik seseorang memiliki enam miliar kali lebih aktif daripada bagian korteks prefrontal.

Intinya adalah, emosi Anda secara alami akan membajak pemikiran dan akal sehat Anda. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mempermudah, mari kita lihat apa yang dapat Anda lakukan untuk membalik situasi ini. Mengabaikan emosi, meredamnya agar tidak mengalahkan pikiran dan akal sehat Anda. Stres dan cemas berasal dari emosi yang tertekan, jadi jika Anda beranggapan bahwa dengan mengabaikan stres adalah yang terbaik, Anda justru salah besar. Emosi Anda akan meledak sewaktu-waktu. Untuk itu tenangkan diri dan cari sumber stres agar menemukan solusi.

Berikut adalah empat langkah sederhana untuk mulai mengendalikan emosi Anda secara efektif.

Baca Juga:  5 Cara Sehat Menambah Berat Badan Untuk Si Kurus

1. Langkah pertama adalah kesadaran.

Jika Anda tidak menyadari sendiri bahwa Anda adalah seorang yang emosional atau tipe pemarah, lantas bagaimana Anda bisa mencoba mengelolanya? Hal itu akan menjadi sangat mustahil. Mulailah untuk mengelola emosi Anda dengan cara mengingat atau mencatat apa saja yang biasanya membuat Anda menjadi emosi. Terkadang kita merasa sulit untuk mengidentifikasi apa yang kita rasakan. Maka dengan cara menulis daftar hal-hal yang menjadikan Anda emosi dapat membantu Anda mengidentifikasi diri. Ini merupakan sebuah langkah maju untuk mengontrol emosi.

2. Temukan ‘mengapa’ emosi Anda.

Setelah Anda mengidentifikasi bagaimana perasaan Anda, Anda ingin mengetahui mengapa Anda merasakannya. Apa yang menyebabkan perasaan ini muncul dalam diri Anda? Tentu saja, mungkin ada sejuta alasan, dan untuk mengetahuinya Anda harus bertanya pada diri sendiri, “Apa yang salah? Apa yang menyebabkan Anda merasa seperti ini?”

Pikiran Anda akan selalu mencari jawaban. Alasan terbesar dari mengapa Anda menjadi emosional adalah karena apa yang seharusnya dalam pikiran Anda tidak terjadi pada kenyataan. Dan hal ini terkadang dapat membuat Anda emosi. Jika ada alasan lain, maka Anda perlu memikirkannya. Yang perlu diingat adalah: temukan ‘alasannya.

Baca Juga:  Ingin Anak Tumbuh Tinggi? Yuk Lakukan Cara Ini

3. Kemudian tanyakan pada diri sendiri, Apa solusinya?

Setelah Anda menemukan alasannya, langkah selanjutnya adalah apa yang dapat Anda lakukan untuk mengambil kembali kendali? Terkadang Anda mungkin perlu mengubah cara Anda berpikir tentang situasi tersebut. Anda tahu, pikiran Anda mengarah langsung ke perasaan Anda, jadi jika Anda merasa buruk, kemungkinan besar Anda memiliki pikiran negatif yang membuat Anda merasa seperti itu. Jika Anda mulai memikirkan cara lain yang mungkin dapat menjadi solusi, maka Anda akan segera merasa lebih baik.

Kadang-kadang dengan hanya memahami mengapa Anda merasakan hal tertentu pada waktu tertentu, emosi Anda akan mulai berkurang karena pemahaman selalu mengarah pada ketenangan.

4. Pilih bagaimana Anda ingin bereaksi.

Ini bagian tersulit. Cara kita bereaksi dan mengelola emosi kita adalah kemampuan yang perlu dikembangkan dan dibiasakan. Pernahkah Anda memperhatikan orang-orang yang menjadi stres tentang sesuatu kemudian mengarah pada kepanikan? Anda akan merasa kasihan pada mereka. Mereka telah menciptakan kebiasaan mengaitkan situasi yang tidak mereka sukai dengan ‘panik’. Emosi mereka telah membajak pikiran dan akal sehat mereka.

Belajarlah mengontrol emosi Anda, mengidentifikasi, memahami, mencari solusi dan kemudian memilihnya. Berlatih mengendalikan emosi memang membutuhkan waktu. Namun dengan memulainya dari sekarang, dengan upaya dan disiplin maka Anda akan membangun keterampilan penting ini.

Apakah Anda yang akan mengendalikan emosi atau justru emosilah yang mengendalikan dan mengarahkan Anda dalam bertingak? Hal ini memang tidak mudah dan itulah mengapa begitu banyak orang tidak berusaha dan menyerah. Tetapi begitu Anda mampu mengendalikan emosi Anda, hidup Anda akan berubah menjadi lebih baik. Anda tidak hanya akan merasa jauh lebih berdaya dan terkendali dalam hidup, tetapi juga Anda akan lebih bahagia dan lebih sehat karena Anda tidak akan sering stres atau terbebani.

Apakah Anda ingin mencobanya? Jika Anda memiliki cara dan solusi lain dalam mengendalikan emosi, jangan lupa beri tahu kami melalui kolom komentar ya! Sumber: How To Control Your Emotions Effectively

Baca Juga:  6 Langkah Agar Hobi Anda Menjadi Bisnis

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini