Diet Ala Militer: Turunkan 4,5 Kg Hanya 3 Hari

0
627
Diet Ala Militer: Turunkan 4,5 Kg Dalam Seminggu - ©yahoo.com
Diet Ala Militer: Turunkan 4,5 Kg Dalam Seminggu - ©yahoo.com

Nongki.net – Pernah mendengar “Diet Ala Militer” sebelumnya? Sebenarnya jenis diet ini telah populer sejak tahun 2017 di kalangan masyarakat Amerika Serikat. Dan diet ala militer sudah menjadi salah satu diet paling populer di dunia.

Bagaimana tidak, diet ini diklaim dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat, hingga 10 pound (4,5 kg) hanya dalam waktu satu minggu.

Untuk menerapkan diet ini, Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang, karena tidak perlu mempelajarinya dari buku atau membeli suplemen yang harganya mahal.

Tapi apakah diet ini benar-benar berhasil dan aman? Perlukah Anda mencoba diet jenis ini di rumah?

Artikel ini akan menjelaskan semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang diet militer.

Apa itu Diet Ala Militer?

Diet ala militer atau biasa juga disebut sebagai diet 3 hari adalah diet penurunan berat badan yang dapat membantu Anda menurunkan hingga 10 pound (4,5 kg) dalam seminggu.

Aturan diet ala militer ini meliputi diet selama 3 hari diikuti dengan 4 hari libur. Dan siklus mingguan ini akan diulangi sampai Anda mencapai berat badan impian Anda.

Para pendukung diet mengklaim bahwa diet ala militer ini dirancang oleh ahli gizi angkatan militer AS agar stamina para tentara dapat prima lebih cepat.

Namun pada kenyataannya adalah bahwa diet ala militer ini tidak berhubungan dengan militer atau lembaga pemerintah lainnya.

Diet ala militer ini dikenal dengan beberapa nama lain seperti diet angkatan laut, diet tentara dan bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai diet es krim.

Baca Juga:  Cowok Juga Perlu Detoks Agar Tubuh Fit

Aturan dalam Diet Ala Militer

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa diet militer terbagi ke dalam 2 fase selama 7 hari atau seminggu.

Fase pertama yaitu selama 3 hari Anda harus mengikuti rencana makan rendah kalori untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Tidak ada tambahan camilan di antara waktu makan. Dan total asupan kalori selama fase ini dibatasi hingga kira-kira 1.100–1.400 kalori per hari.

Jumlah asupan kalori ini jauh lebih rendah daripada asupan orang dewasa rata-rata. Untuk mengetahui jumlah asupan kalori, Anda sebaiknya menginstall aplikasi penghitung kalori di perangkat pribadi.

Fase kedua yaitu selama 4 hari berikutnya dalam seminggu, Anda dianjurkan untuk tetap makan makanan sehat dengan terus menjaga asupan kalori Anda rendah. Pada fase ini asupan kalori dibatasi hanya kurang dari 1.500 kalori per hari.

Para pendukung diet ini mengklaim bahwa Anda dapat mengulangi pola diet beberapa kali sampai Anda mencapai berat badan impian Anda.

Paket Makanan Saat Diet Fase Pertama

Untuk lebih memudahkan Anda, berikut beberapa gambaran jenis menu makanan yang dapat Anda ikuti saat menjalani program diet ala militer ini pada fase pertama.

Diet Hari Ke-1

Berikut adalah jenis menu paket makanan untuk hari pertama dengan jumlah total sekitar 1.400 kalori.

Menu Sarapan:
  • Sepotong roti bakar dengan 2 sendok makan selai kacang.
  • Setengah jeruk bali.
  • Secangkir kopi atau teh (opsional).
Menu Makan Siang:
  • Sepotong roti panggang.
  • Setengah cangkir ikan tuna.
  • Secangkir kopi atau teh (opsional).
Menu Makan Malam:
  • Satu porsi daging 3 gram dengan secangkir kacang hijau.
  • Satu buah apel ukuran kecil.
  • Setengah buah pisang.
  • Satu cangkir es krim vanila.

Diet Hari Ke-2

Berikut adalah jenis menu paket makanan untuk hari kedua dengan jumlah total sekitar 1.200 kalori.

Menu Sarapan:
  • Sepotong roti panggang.
  • Satu buah telur rebus.
  • Setengah buah pisang.
  • Secangkir kopi atau teh (opsional).
Menu Makan siang:
  • Satu buah telur rebus.
  • Secangkir keju cottage.
  • 5 biskuit asin.
  • Secangkir kopi atau teh (opsional).
Menu Makan Malam:
  • Dua buah hot dog, tanpa roti.
  • Setengah cangkir wortel dan setengah cangkir brokoli.
  • Setengah buah pisang.
  • Setengah cangkir es krim vanila.

Diet Hari Ke-3

Berikut adalah jenis menu paket makanan untuk hari kedua dengan jumlah total sekitar 1.100 kalori.

Menu Sarapan:
  • Sepotong keju cheddar 1 ons.
  • 5 buah biskuit asin.
  • Satu buah apel ukuran kecil.
  • Secangkir kopi atau teh (opsional).
Menu Makan Siang:
  • Sepotong roti panggang.
  • Satu buah telur, dimasak sesuai selera Anda.
  • Secangkir kopi atau teh (opsional).
Menu Makan Malam:
  • Secangkir tuna.
  • Setengah buah pisang.
  • 1 cangkir es krim vanila.

Jangan ragu untuk minum kopi atau teh sebanyak yang Anda inginkan, selama Anda tidak menambahkan kalori yang terkandung dari gula atau krim. Selain itu juga perbanyaklah minum air putih. Untuk referensi menu diet lainnya dapat Anda temukan di website berikut: Menu Diet Ala Militer atau Military Diet.

Aturan Pola Makan Untuk Fase Kedua

Walaupun pada fase kedua ini Anda terkesan dibebaskan untuk makan apapun. Namun pada 4 hari berikutnya dalam seminggu, Anda tetap harus menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan ringan sudah diperbolehkan dan tidak ada batasan kelompok makanan. Meskipun begitu Anda dianjurkan untuk membatasi ukuran porsi dan menjaga asupan kalori total di bawah 1.500 per hari. Tidak ada aturan lain untuk sisa 4 hari diet berikutnya.

Baca Juga:  Tips Bermain Game Agar Mata Tidak Lelah

Aturan Lainnya Saat Menjalankan Diet

Saat menjalani fase pertama yaitu 3 hari diet, Anda dapat mengganti jenis makanan lainnya tetapi harus mengandung jumlah kalori yang sama. Contohnya: jika Anda memiliki alergi terhadap kacang, Anda dapat menukar selai kacang dengan mentega almond. Anda juga dapat menukar 1 cangkir tuna dengan almond jika Anda adalah seorang vegetarian.

Yang terpenting adalah bahwa jumlah kalori dari jenis makanan yang diganti tetap sama. Setiap perubahan jenis makanan, Anda harus menghitung kalorinya terlebih dahulu.

Pendukung diet ala militer ini juga menyarankan untuk minum air lemon hangat, tetapi tidak perlu ditambahkan gula atau madu dan jenis pemanis lainnya.

Apakah Diet Ala Militer Terbukti?

Belum ada penelitian ilmiah tentang diet ala militer ini. Namun, rata-rata dari beberapa orang pernah menjalani diet ini, sangat mungkin untuk kehilangan beberapa kilo karena pembatasan kalori selama seminggu.

Jika asupan kalori lebih sedikit dari yang Anda butuhkan, maka tubuh Anda akan mengambil cadangan lemak sebagai sumber energi untuk beraktivitas.

Para pendukung diet ini mengklaim bahwa mereka mengalami penurunan berat badan karena “kombinasi makanan” yang dikonsumsi dalam menu diet. Kombinasi ini dikatakan dapat meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak. Tetapi tidak ada kebenaran ilmiah dibalik klaim ini.

Kopi dan teh hijau memang mengandung senyawa yang dapat sedikit meningkatkan metabolisme, tetapi selain itu tidak ada kombinasi makanan dalam daftar menu diet yang diketahui mampu meningkatkan metabolisme.

Apakah Diet Ala Militer Aman untuk Tubuh?

Diet ala militer kemungkinan aman bagi kebanyakan orang karena terlalu singkat untuk membahayakan jangka panjang.

Namun, jika Anda mengikuti diet ini selama berbulan-bulan pada suatu waktu, batasan ketat kalori dapat membuat Anda berisiko kekurangan nutrisi. Terutama jika Anda tidak secara teratur mengonsumsi sayuran dan makanan berkualitas lainnya pada fase diet kedua (4 hari berikutnya dalam seminggu).

Selain itu, mengkonsumsi hot dog, kerupuk, dan es krim setiap minggu berpotensi menyebabkan masalah metabolisme. Makanan “sampah” atau junk food tidak harus menjadi bagian dalam diet Anda.

Dari segi keberlanjutan, diet ini cukup mudah dan aman untuk dilakukan. Pola diet seperti ini tidak berlangsung dalam jangka panjang. Anda hanya membutuhkan tekad untuk waktu yang singkat.

Apa Benar Bisa Turun 4,5 kg dalam 3 Hari?

Diet ala militer ini menjadi populer karena mengklaim bahwa dapat menurunkan berat badan hingga 10 pound (4,5 kg) dalam seminggu.

Secara teoritis, tingkat penurunan berat badan ini dimungkinkan untuk orang yang kelebihan berat badan karena sangat membatasi asupan kalori. Namun, sebagian besar penurunan berat badan disebabkan oleh hilangnya jumlah air dalam tubuh, bukan lemak.

Berat air turun dengan cepat ketika glikogen tubuh menurun. Hal inilah yang sebenarnya terjadi ketika Anda membatasi karbohidrat dan kalori.

Diet seperti ini memang terlihat bagus pada angka timbangan dalam waktu singkat. Tetapi bobot itu akan naik kembali ketika Anda mulai makan secara normal dan tidak menjaga asupan kalori minimal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kelebihan dan Kelemahan Diet Ala Militer

Jika Anda ingin menurunkan beberapa kilo dengan cepat, maka diet militer dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat Anda jalankan. Tetapi Anda juga dapat kembali berat badan sebelumnya dengan sangat cepat. Terutama jika Anda tidak menjaga pola makan dengan asupan kalori berlebih selepas fase diet berakhir.

Sehingga dianjurkan untuk tetap menjaga pola makan dan asupan kalori setelah Anda menjalani diet ini. Sebab jika tidak, kemungkinan Anda akan kembali ke berat badan sebelumnya.

Baca Juga:  5 Tips Agar Berita Hoax Tidak Menyebar

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini