George Town, Penang: Pusat Seni Jalanan di Asia Tenggara

0
239
George Town, Penang Pusat Seni Jalanan di Asia Tenggara
George Town, Penang Pusat Seni Jalanan di Asia Tenggara - ©lonelyplanet.com

Nongki.net – Penang Malaysia adalah salah satu tujuan liburan yang eksotis dan terkenal di dunia. Kota yang dijuluki sebagai Pearl of The Orient ini dahulunya disebut sebagai Pulau Pinang atau Pulau Kacang Sirih. Anda dapat menemukan banyak sekali tempat wisata di kota yang telah terdaftar sebagai situs warisan budaya oleh UNESCO pada 2008 ini yaitu George Town Penang. Selain sejarah dan budayanya, Penang juga terkenal akan pemandangan alamnya, pantai berpasir lembut, surga bagi pecinta kuliner dan seni jalanan yang dilukis di dinding.

Beberapa tempat wisata terkenal di Penang adalah Pantai Tanjung Bungah, Bukit Penang, Kuil Ular, George Town Penang, Pasar Loak Penang, Pasar Malam, Tropical Spice Garden dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar George Town Penang yang memiliki banyak sekali lukisan dan seni dinding yang akan membuat Anda terpesona.

George Town Penang Identik dengan Seni Jalanan

George Town Penang Identik dengan Seni Jalanan
George Town Penang Identik dengan Seni Jalanan – ©lonelyplanet.com

Lupakan sejenak tentang gambaran mall atau pusat perbelanjaan ketika Anda pergi berlibur ke George Town Penang. George Town saat ini telah dikenal identik dengan seni jalanan. Pada tahun 2010, pemerintah Penang menugaskan salah satu perusahaan yang bergerak di industri kreatif Sculpture Art Work (sculptureatwork.com) untuk membuat serangkaian karya seni yang menghias ibukotanya yaitu George Town.

Karya seni hasil Sculpture Art Work meliputi karya seni 3D dengan ciri khasnya yaitu menggambarkan tentang kebiasaan masyarakat setempat, sedikit humor. Hasil karya ini berhasil membuat George Town menjadi terlihat lebih indah namun tetap selaras dengan budaya dan “image” sebagai kota bersejarah.

Baca Juga:  Wisata Malaysia dan Hal-hal Yang Perlu Anda Ketahui

Lukisan Terkenal Karya Seniman Lithuania

Lukisan paling terkenal di George Town Penang. Karya seniman Lithuania yaitu Ernest Zacharevic
Lukisan paling terkenal di George Town Penang. Karya seniman Lithuania yaitu Ernest Zacharevic – ©lonelyplanet.com

Salah satu lukisan yang paling terkenal adalah karya seniman Lithuania yaitu Ernest Zacharevic. Pada tahun 2012 atau tepatnya ketika Festival George Town, Ernest Zacharevic ditugaskan untuk membuat serangkaian lukisan publik di pusat George Town. Ide utama dari karya Zacharevic ini adalah mengabungkan antara seni lukisan dengan benda-benda sekitar. Beberapa diantaranya adalah ayunan, sepeda dan dokar.

Karya seni Zacharevic yang paling terkenal adalah lukisan seorang gadis dan anak laki-laki yang mengendarai sepeda nyata. Karya seni hits ini bisa Anda temui di Jalan Armenia. Lukisan ini telah menjadi tujuan wisata dan ikon terkenal yang menandakan bahwa Anda telah sah pergi ke George Town.

Para wisatawan akan rela antri untuk berfoto dengan lukisan tersebut. Beberapa kios disekitar lokasi tersebut juga banyak yang menjual souvenir, kemeja, kaos dan lainnya yang bergambar lukisan tersebut.

Seni Lukisan Jalanan Telah Sedikit Rusak Akibat Lingkungan

Beberapa lukisan jalanan di George Town Penang mengelupas
Beberapa lukisan jalanan di George Town Penang mengelupas – ©lonelyplanet.com

Berkat keberhasilannya menyulap George Town menjadi kanvas seni melalui lukisan, Zacharevic kembali dipercaya untuk melukis lebih banyak lagi pada Festival George Town 2013. Namun kali ini tema lukisan yang diusung adalah mengenai masalah hewan liar.

Namun sayang, beberapa lukisan kini telah memudar akibat lingkungan dan kondisi cuaca. Beberapa diantaranya bahkan telah sedikit mengelupas. Yang paling terkenal adalah pada bulan Agustus 2015, bagian sepeda pada lukisan Zacharevic dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kini Anda dapat menikmati lukisan hasil karya Zacharevic serta 30 seniman lainnya melalui peta wisata seni jalanan. Peta wisata ini bisa Anda peroleh di Kantor Pariwisata Penang. Beberapa juga disediakan oleh pihak hotel yang berada di sekitar George Town.

Baca Juga:  7 Fakta Penting Tentang Wisata Macau

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini