Nongki.net – Terdapat beberapa hal yang perlu Anda diketahui sebelum merencanakan berlibur ke India. Hal ini akan membantu Anda agar tidak terlalu terkejut dan keheranan saat sudah tiba di sana.

India adalah salah satu negara yang penuh keunikan baik dari segi alam, manusia dan sejarahnya. Rencana untuk wisata ke India untuk pertama kali, bisa menjadi pengalaman yang akan membuka mata Anda. Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa India dapa membuat Anda tertawa, menangis sekaligus berteriak di hari yang sama.

Meskipun terdengar menyenangkan, namun tidak ada salahnya jika Anda mengetahui hal-hal yang belum Anda ketahui tentang India. Terlebih lagi jika Anda melakukan solo traveling ke India untuk pertama kali. Mengetahui hal-hal penting sebelum tiba di India akan membantu Anda agar menyesuaikan diri dengan cepat.

7 Hal Penting Yang Perlu Diketahui Tentang India

Semakin banyak Anda tahu, maka semakin sedikit tantangan yang akan Anda hadapi di sana. Sehingga Anda akan leluasa untuk mencoba dan menjelajah apa yang belum Anda ketahui selanjutnya. Berikut adalah 7 hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum pergi ke India.

1. Menggoyangkan Kepala

Mungkin Anda sudah sering melihatnya di tayangan sinetron-sinetron Bollywood. Penduduk lokal melakukan gerakan berupa menggoyangkan kepala saat berbicara. Goyangan kepala ini mungkin akan terasa anah bagi Anda yang belum terbiasa. Meskipun terasa aneh, namun Anda dapat mempelajari gerakannya dengan cepat.

Di India, goyangan kepala dapat berarti “Iya” atau “Oke”. Namun terkadang gerakan itu juga digunakan untuk memberikan salam. Atau bisa berarti juga sebagai pernyataan setuju dari apa yang Anda katakan.

Misalnya, saat Anda berkunjung di suatu restoran pada jam sibuk, pelayan hanya akan memberikan goyangan kepala kepada Anda. Itu menandakan bahwa pelayan tersebut menyambut kedatangan Anda dan kemudian memberikan daftar menu lalu pergi untuk melakukan pekerjaan lainnya. Hingga Anda memanggil kembali untuk memesan menu yang Anda inginkan.

Jadi jangan kaget, jika pertanyaan Anda hanya dijawab dengan goyangan kepala tanpa sepatah kata pun. Silakan Anda menaksirkan arti atau bertanya dari maksud goyangan kepala tersebut.

Baca Juga:  VIDEO: Tips Liburan Hemat Ke Korea Selatan

2. Toilet Jongkok

Sama seperti di Indonesia, toilet jongkok masih sangat populer digunakan di sana. Meskipun beberapa hotel yang ramai dengan turis mancanegara menyediakan toilet duduk. Tetapi di beberapa toilet umum seperti monumen, pasar maupun kuil, Anda akan menemukan toilet jongkok.

Sebaiknya Anda selalu membawa tisu pembersih tangan atau sabun karena disana jarang disediakan di toilet umum.

3. Sapi Berkeliaran

Mungkin Anda sudah mengetahui sebelumnya, tapi memang sapi dibiarkan berkeliaran di India. Bahkan di jalan-jalan kota besar di sana. Sapi adalah hewan yang dianggap suci oleh penduduk lokal terutama penganut agama Hindu. Jadi jangan coba-coba untuk menunjuk, menertawakan atau bahkan mengambil foto-foto yang menjijikan dengan sapi.

Jika tidak, siap-siap saja Anda akan dijauhi oleh penduduk sana karena tidak menghormati hewan suci mereka.

4. Menarik Uang di ATM

Jaringan ATM memang mudah untuk ditemukan. Anda dapat melihatnya di semua jalanan daerah perkotaan dan tempat wisata di India. Namun disarankan untuk menghindari menarik uang pada saat malam hari. Terlebih lagi jika mengambilnya dalam jumlah besar. Jika tidak ingin menanggung resiko untuk dijambret.

Masalah skimmer kartu juga menjadi masalah yang krusial saat mengambil uang di ATM. Sehingga disarankan untuk memperhatikan dan mengecek dengan teliti setiap mesin ATM yang akan Anda gunakan. Jika terlihat hal aneh atau mencurigakan, jangan sungkan untuk pindah ke mesin yang lain.

Mesin ATM yang paling aman adalah yang berada di daerah paling ramai. Terutama jika terdapat petugas yang bersenjata dan menjaga area ATM tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Karakteristik Cuaca Sebelum Liburan Ke Jepang

5. Stop Kontak di India

Tipe Stopkontak yang Digunakan di Berbagai Negara - Nongki.net
Tipe Stopkontak yang Digunakan di Berbagai Negara – Nongki.net

Meskipun merupakan daerah jajahan Inggris, namun tipe stopkontak yang lazim digunakan disana adalah jenis dua lubang bulat (tipe C) yang biasa digunakan di Eropa, daripada colokan tiga lubang persegi (tipe G) yang sering ditemukandi Inggris.

Colokan dengan tiga lubang bulat pun dapat sering Anda temukan di banyak penginapan yang ramah budget. Namun untuk di hotel-hotel besar, mereka biasanya menyediakan stop kontak dengan soket yang universal, sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Dan jangan kaget jika dinding di kamar Anda hotel memiliki banyak sakelar dibandingkan di hotel mana pun. Mereka memisahkan setiap lampu dengan sakelar individual. Hal ini terbilang wajar di sana karena demi menghemar biaya listrik yang mereka keluarkan setiap bulan.

Sakelar lampu kamar mandi pun dapat berada di dalam, di luar, atau bahkan di ujung lorong kamar mandi. Jadi jangan malas untuk bergerak untuk menyalakan lampu.

6. Fasilitas Air Panas

Beberapa hotel lama dan tua di India tidak memiliki fasilitas air panas terpusat untuk mandi. Sehingga jika Anda ingin mandi dengan air panas, Anda harus memanaskannya di atas kompor terlebih dahulu.

7. Perbedaan Waktu di India

India memiliki zona waktu yang unik. Zona waktu tersebut hanya berlaku satu-satunya di India, yaitu 5,5 jam : Satu-satunya zona waktu negara itu, Waktu Standar India, adalah 5,5 jam (5.30 menit) lebih awal dari GMT / UTC. Itu berarti seluruh wilayah India lebih cepat 1,5 jam dari waktu di Jakarta (WIB).

Itulah beberapa informasi terkait yang berhubungan dengan negara India. Semoga dapat menjadi referensi penting bagi Anda yang ingin wisata ke India. Selamat berpetualang!

Baca Juga:  VIDEO: Pesona Tempat Wisata Malaysia Bagi Para Traveler

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini