Nongki.net – Sebagai orang tua, Anda tentu ingin anak-anak Anda tumbuh menjadi orang yang memiliki tubuh tinggi saat dewasa nanti. Di zaman sekarang ini, sudah banyak anak-anak jauh lebih tinggi daripada orang tua mereka sendiri. Namun, ada sebagian kecil anak-anak yang tidak setinggi rekan-rekan mereka.

Jika hal tersebut terjadi pada anak Anda, tentu sebagai orang tua akan khawatir sekaligus mencari cara yang sehat untuk memastikan bahwa anak-anak Anda dapat tumbuh lebih tinggi. Menu makanan sehat dengan gizi seimbang serta berolahraga adalah pilihan yang tepat karena mereka tidak memerlukan obat apa pun yang dipercaya dapat meningkatkan tinggi badan pada anak-anak.

Oleh karena itu, ini adalah waktu yang ideal bagi Anda untuk mulai mengajarkan beberapa gerakan olahraga kepada anak Anda. Sehingga akan mempercepat pertumbuhannya dan tidak akan tertinggal lagi dari teman-temannya yang lain.

Jangan Mudah Percaya Iklan Suplemen Tumbuh Tinggi

Adalah hal yang mustahil untuk menambah tinggi badan dengan cepat hanya dalam satu malam. Anda mungkin sering melihat iklan di televisi maupun internet yang mengklaim bahwa dapat mempercepat tinggi badan anak-anak.

Percayalah, bahwa kebanyakan dari iklan tersebut adalah palsu dan hanya untuk menarik pembeli saja. Produk mereka tidak benar-benar berdampak langsung pada pertumbuhan anak-anak dalam waktu yang singkat. Sebaliknya, mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter malah akan menyebabkan beberapa komplikasi fisik.

Baca Juga:  7 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

Cara Menambah Tinggi Badan Anak

Oleh karena itu, Anda masih memiliki kesempatan untuk menambah tinggi badan anak-anak Anda mulai dari sekarang. Selain itu, mencapai target tinggi badan yang diinginkan, benar-benar membutuhkan usaha keras dan kesabaran. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang untuk menambah tinggi badan anak-anak.

1. Makanan Gizi Seimbang

Langkah pertama untuk mendapatkan tinggi badan ideal anak Anda adalah makan makanan dengan gizi seimbang. Jika Anda ingin agar anak-anak memiliki tubuh tinggi, maka mulai sekarang Anda harus menyingkirkan beberapa makanan junk food seperti burger, minuman bersoda dan makanan ringgan ber-MSG.

Ajarkan kepada anak-anak Anda untuk beralih ke gaya hidup sehat. Mengganti makanan junk food dengan makanan yang bergizi, jelas akan membantu tubuh menyerap lebih banyak manfaat untuk pertumbuhan. Selain itu, makanan bergizi juga sekaligus dapat membuat anak Anda menjadi lebih kuat.

Isi menu setiap makanan dengan semua jenis nutrisi yang lengkap seperti: protein, karbohidrat dan lemak. Anda dapat memberikan menu makanan tersebut pada jam sarapan, makan siang dan makan malam. Namun pada jam-jam tertentu sebaiknya jangan terlalu memberikan banyak makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Terutama jika sudah larut malam.

Sebagai bagian dari diet sehat, tambahkan banyak protein tanpa lemak. Daftar harus mencakup unggas segar, daging, kedelai, ikan, dan produk susu. Protein segar ini akan membantu anak Anda membangun otot, memperkuat tulang, dan merangsang pertumbuhan tubuh. Cobalah untuk menjauh dari karbohidrat sederhana seperti kue, roti, pizza, permen dan soda.

Berikan makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium dalam jumlah yang cukup. Sayuran berdaun hijau, produk susu adalah sumber kalsium yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa zat seng merangsang pertumbuhan tubuh secara efektif.

Jadi, coba tambahkan makanan kaya zat seng seperti bibit gandum, biji labu, kacang tanah, kepiting, dan labu ke dalam daftar makanan harian anak Anda. Cobalah untuk memasukkan setiap makanan tersebut pada jam makan anak untuk menambah tinggi badan.

2. Latihan Gerakan Peregangan

Peregangan adalah salah satu cara paling efektif untuk menambah tinggi badan anak Anda. Latihan sederhana yang melibatkan peregangan adalah suatu keharusan. Latihan yang bisa Anda coba untuk dilakukan anak Anda adalah berdiri di dekat dinding dengan punggung menghadap ke sana. Minta dia untuk mengangkat tangan dan meregangkan sejauh mungkin.

Langkah selanjutnya adalah duduk dengan punggung menempel pada dinding di jari-jari kakinya dan meregangkan otot-otot di kakinya. Ini bisa diulang sepuluh kali setiap hari.

Latihan peregangan fantastis lainnya adalah membuat anak Anda duduk di lantai dengan kedua kaki selebar mungkin. Biarkan dia menekuk pinggangnya dan meregangkannya untuk menyentuh jari kakinya, sekitar empat kali pada setiap kaki. Ini adalah latihan yang bermanfaat karena membantu memanjang tulang punggungnya dan memperbaiki postur tubuhnya. Anda juga dapat mempelajari beberapa gerakan peregangan melalui video berikut: 5 Exercises to Increase Height for Children.

3. Latihan Teknik Menggantung

Apakah anak Anda suka menggantung di bar di taman bermain dan di rumah? Ya, bagus sekali! Latihan gantung efektif untuk memperpanjang dan meluruskan tulang punggung anak Anda. Pull-up adalah cara yang fantastis untuk mendorong pertumbuhan, jadi dorong anak Anda untuk mempraktikkannya secara teratur.

Chin-up juga merupakan latihan peningkatan pertumbuhan yang luar biasa yang akan disukai anak Anda. Pastikan dia berlatih setiap hari selama sekitar 10 menit.

Baca Juga:  Tips Bermain Game Agar Mata Tidak Lelah

4. Yoga

Asana yoga seperti Surya Namaskar sangat ideal dalam membantu anak-anak tumbuh tinggi. Pose ini memungkinkan tubuh meregang sepenuhnya, mendorong pertumbuhan tinggi badan. Pastikan anak Anda melakukan latihan pernapasan sederhana sebelum memulai.

Chakrasana adalah latihan yoga hebat lainnya yang akan membuat anak Anda meregangkan seluruh tubuhnya. Ini melibatkan berbaring telentang dengan kaki terpisah. Minta anak Anda untuk menekuk lututnya, menyentuh pantatnya dan menekuk sikunya sehingga jari-jarinya menyentuh pundaknya.

Langkah selanjutnya adalah menarik napas dan mendorong tubuhnya ke atas untuk membuat huruf U, tetap pada posisi ini selama mungkin.

5. Gerakan Melompat

Melompat yang anak Anda lakukan saat bermain ternyata bukan hanya kegiatan permainan semata tetapi juga memiliki manfaat bagi pertumbuhan. Kegiatan aktif yang disukai banyak anak-anak ini dapat Anda gunakan sebagai latihan untuk meningkatkan pertumbuhan tinggi.

Saat melompat, tubuhnya membentang jika latihan ini dilakukan secara rutin maka akan memacu pertumbuhan tulang beberapa centimeter. Jadi mulai sekarang jangan sepelekan aktivitas melompat yah.

6. Olahraga Berenang

Ini adalah latihan hebat lainnya untuk membuat anak Anda tumbuh lebih tinggi. Ini juga membantunya melatih seluruh tubuhnya, memberinya kekuatan dan kesehatan.

7. Merenggangkan Kaki

Ini adalah cara lain yang efektif untuk meningkatkan tinggi badan anak Anda. Satu-satunya tujuan latihan ini adalah untuk meregangkan bagian bawah tubuh. Tulang rawan di antara lutut anak Anda diregangkan, membuatnya lebih tinggi. Pastikan bahwa bobot kecil digunakan dan tingkatkan seiring bertambahnya usia anak Anda.

Baca Juga:  VIDEO: Tips Mengelola Gaji Bulanan Untuk Millennial

8. Jogging

Tidak ada akhir dari manfaat jogging, bahkan untuk orang dewasa. Untuk membuat anak Anda tumbuh lebih tinggi, dorong dia untuk berlari setiap hari dan menemaninya sehingga itu adalah pengalaman yang lebih menyenangkan.

Dengan delapan latihan ini, Anda dapat membantu anak Anda tumbuh lebih tinggi dan membantunya memiliki pandangan hidup yang lebih sehat dengan menjadi aktif secara fisik!

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini