Ingin Mencoba Solo Traveler? Kenapa Tidak! 5/5 (1)

0
746
Ingin Mencoba Solo Traveler Kenapa Tidak! - ©buffalo.com
Ingin Mencoba Solo Traveler Kenapa Tidak! - ©buffalo.com

Nongki.net – Bagi kebanyakan orang, melakukan solo traveler atau bepergian sendirian merupakan hal yang menakutkan. Mungkin hanya membayangkannya saja Anda sudah memikirkan banyak hal buruk yang akan terjadi. Tersesat, kekurangan uang, ditipu, mendapat hal yang tidak menyenangkan dari penduduk lokal, itu adalah beberapa yang terlintas dipikiran Anda saat ditanya tentang solo traveler.

Padahal Anda sendiri mungkin pernah membaca atau mendengar cerita dari teman yang pernah melakukannya, bahwa solo traveler dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga dan berdampak positif bagi kehidupan Anda.

Saat pertama kali Anda tiba di satu lokasi tempat liburan seorang diri, mungkin Anda akan merasa sangat ketakutan. Namun jika Anda sudah menjalaninya, Anda pasti tidak akan menyesali keputusan untuk melakukan solo traveler. Karena Anda bisa belajar dan menemukan banyak hal yang tidak pernah Anda duga dan bayangkan sebelumnya.

Dan mungkin Anda justru tertantang untuk melakukannya kembali di liburan-liburan selanjutnya.

Baca Juga:  VIDEO: 6 Tips Sebelum Anda Berlibur Ke China

8 Alasan Kenapa Anda Harus Mencoba Solo Traveling

Berikut adalah beberapa alasan positif bagi Anda yang ingin melakukan solo traveler untuk pertama kali atau setidaknya sekali dalam hidup Anda.

1. Mengatasi Rasa Takut

Mencoba untuk solo traveler bisa jadi hal yang menakutkan bagi Anda. Terutama jika hal ini adalah untuk yang pertama kalinya. Namun pengalaman saat melakukan solo traveler dapat mengubah Anda dalam banyak hal. Anda mengatasi rasa takut yang ada dalam diri Anda sendiri dan juga belajar banyak dari pengalaman saat melakukannya.

2. Belajar Mandiri

Sejak awal hingga akhir perjalanan, Anda akan merasakan kemandirian karena Anda tidak harus atau bergantung pada siapa pun. Anda dapat melakukan segala halnya sendiri, mengambil keputusan sendiri dan akhirnya Anda merasa seperti orang dewasa. Anda memiliki kebebasan untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan tanpa bertanya kepada siapa pun.

3. Anda Menjadi Bertanggung Jawab

Saat melakukan solo traveler atau bepergian sendirian, Anda akan melatih rasa tanggung jawab yang ada di dalam diri Anda. Mulai dari saat Anda masih berada di rumah, Anda harus memastikan semua dokumen perjalanan dan paspor telah berada di tempat yang aman. Hal ini juga akan terus berlangsung hingga Anda pulang kembali ke rumah. Anda harus memastikan semua barang bawaan tidak ada yang tertinggal saat melakukan transit atau membawa semua oleh-oleh yang telah Anda siapkan bagi keluarga dan teman-teman. Semua itu adalah tanggung jawab Anda sendiri, karena tidak ada seorang pun yang akan mengingatkan Anda selama perjalanan.

Baca Juga:  VIDEO: Tips Liburan Hemat Ke Korea Selatan

4. Membangkitkan Rasa Kepercayaan Diri

Secara keseluruhan, pengalaman melakukan solo traveler dapat segera membangkitkan rasa percaya diri Anda. Anda akan merasa nyaman dan muncul ada rasa bangga di dalam diri Anda sendiri. Ini karena Anda telah berhasil menaklukan rasa takut yang selama ini Anda bayangkan. Dan menjadi sebuah pencapaian dalam hidup Anda setelah melakukan solo traveler.

5. Menikmati Me Time

Kesenangan lain dari melakukan solo traveler adalah waktu yang dapat Anda nikmati untuk diri Anda sendiri. Anda bebas melakukan apapun yang dapat menyenangkan diri Anda, seperti mencoba menonton pertunjukan lokal atau hanya sekedar duduk bersantai di tempat yang tenang sambil menikmati pemandangan dan kedamaian.

6. Anda Merasa Nyaman Berbicara dengan Orang Asing

Selama perjalanan, Anda mungkin akan bersosialisasi dengan penumpang yang duduk di sebelah Anda dan bisa menjadi obrolan selama berjam-jam dengan mereka. Bagi Anda yang selama ini tidak pernah nyaman berbagi cerita dengan orang asing, saat melakukan solo traveler Anda bisa menemukan beberapa nasihat hidup saat berbincang dengan orang baru.

Bahkan Anda dapat saling bertukar kontak dan menjalin pertemanan baru saat bepergian. Dan terkadang pertemanan itu bisa bertahan hingga seumur hidup.

Baca Juga:  4 Destinasi Gratis Saat Liburan Ke Singapura

7. Anda Akan Mengenali Diri Anda Sendiri

Bepergian sendirian dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengenali lebih baik diri Anda sendiri. Anda dapat menggali tentang minat, kepribadian, pola pikir, dan semua hal tentang pribadi Anda. Ketika melakukan solo traveler, Anda dapat merenungkan berbagai hal dalam hidup dan juga memikirkan masa lalu, sekarang dan masa depan Anda. Anda juga mungkin dapat menemukan tujuan hidup baru yang lebih baik yang selama ini tidak terpikirkan oleh Anda.

8. Melatih Mengambil Keputusan dengan Cepat

Saat bepergian sendirian, Anda mungkin akan dihadapkan dengan situasi-situasi yang mengharuskan Anda mengambil keputusan besar dan melakukan apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan. Tidak ada batasan, tidak akan ada yang melarang Anda dan Anda membuat keputusan untuk diri Anda sendiri. Rasa bebas akan muncul sehingga membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

Sepulang dari liburan, Anda jadi dapat mengambil keputusan secara cepat karena Anda sudah pernah mengalaminya dan dapat diterapkan di kehidupan Anda selanjutnya.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Gratis Saat Liburan Ke Jepang

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini