Kepribadian Introvert Berubah Menjadi Ekstrovert, Apa Bisa?

0
586
Kepribadian Introvert Berubah Menjadi Extrovert, Apa Bisa? - © pendidikankarakter.com
Kepribadian Introvert Berubah Menjadi Extrovert, Apa Bisa? - © pendidikankarakter.com

Nongki.net – Seringkali orang yang memiliki kepribadian tertutup atau introvert cenderung merasa iri dengan ekstrovert. Terkadang mereka ingin menjadi ekstrovert. Mungkin Anda salah satunya.

Apa itu Introvert dan Extrovert?

Sebelum membahas lebih jauh, tahukah Anda apa itu introvert dan ekstrovert? Menurut C.G Jung, introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subjektif atau individual melihat segala sesuatu. Biasanya orang introvert cenderung menyukai kondisi yang lebih tenang, senang menyendiri, dan cenderung menjauhi interaksi dengan hal-hal baru. Karena itu, mereka lebih senang menyendiri daripada berada di tengah-tengah keramaian.

Baca Juga:  12 Keunikan Negara Jepang di Mata Wisatawan

Ciri Kepribadian Introvert

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert lebih senang melakukan aktivitas yang dapat dilakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, mereka dicap sebagai pribadi yang penuh ego oleh kebanyakan orang.

Orang introvert mungkin saja memiliki sedikit teman. Tapi ketika mereka telah menerima orang itu sebagai temannya, biasanya hubungan itu akan berlangsung lama. Karena itu, orang introvert cenderung setia.

Ciri Kepribadian Ekstrovert

Sedangkan pengertian ekstrovert adalah kebalikan dari introvert. Ekstrovert adalah seseorang yang memiliki sifat yang dominan senang dengan kepuasan yang mereka temukan di luar diri mereka sendiri.

Menurut Eysenck, ekstrovert cenderung memiliki karakteristik yang ramah, periang, senang bergaul, terbuka, dan memiliki banyak teman. Mereka tidak menyukai kesendirian, karena mereka menganggap kesendirian sebagai suatu hal yang akan membuatnya bosan dan tidak menyenangkan.

Ekstrovert biasanya cepat beradaptasi dan dapat bekerja sama dengan baik dalam sebuah lingkungan baru, baik itu komunitas maupun organisasi sosial. Nah, untuk Anda yang ingin berubah menjadi ekstrovert, mari simak tips berikut ini!

Baca Juga:  14 Tips Melewati Keamanan Imigrasi Dengan Lancar

1. Lawan Rasa Takut dan Mulailah Berinteraksi

Introvert cenderung takut dan grogi ketika berinteraksi dengan orang lain. Maka, sekarang cobalah untuk melakukan kontak mata secara langsung saat berinteraksi dengan lawan bicara Anda.

2. Beranikan Diri Jadi Pusat Perhatian

Introvert biasanya tidak suka membuat dirinya menjadi pusat perhatian. Sedikit demi sedikit mulai beranikan diri Anda untuk bicara. Anda harus berupaya untuk lebih sering berkomunikasi, dan coba berkenalan dengan orang baru untuk membuat titik perubahan pada diri Anda sendiri.

3. Keluar dari Zona Nyaman

Mereka yang introvert cenderung lebih suka hidup dunia mereka sendiri. Untuk menjadi ekstrovert, Anda harus berani untuk mulai melangkah keluar dari zona nyaman tersebut.

Misal, jika biasanya Anda lebih suka tinggal di dalam rumah, maka sesekali cobalah pergi keluar bersama teman-teman Anda saat akhir pekan. Mungkin awalnya terasa tidak nyaman, tapi saat Anda lebih sering melakukannya, Anda akan menyukainya dan mulai menganggapnya menyenangkan.

Jadi dalam hal kepribadian bukan hal yang mustahil jika seorang introvet berubah menjadi ekstrovert, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Memesona di Negara Belgia

 

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini