Klepon, Kue Tradisional Yang Legendaris

0
690
Klepon, Kue Tradisional Yang Legendaris - Nongki Net
Klepon, Kue Tradisional Yang Legendaris - Nongki Net

Nongki.net – Di tengah menjamurnya pasar swalayan, namun tetap saja pasar tradisional selalu memiliki daya tarik tersendiri yang tak tergantikan. Salah satu daya tarik itu adalah jajanan kue pasar, kue yang dijajakan para penjual terutama di waktu subuh dengan harga dan kenikmatan yang bervariatif.

Kue pasar merupakan berbagai jenis kue basah yang diolah sendiri dan dijajakan di pasar tradisional setiap menjelang pagi.

Salah satu kue pasar yang paling banyak digemari oleh masyarakat adalah klepon. Kue bola-bola berwarna hijau yang sering disebut juga sebagai onde-onde ini memang terkenal enak dan murah meriah.

Resep dan Cara Membuat Klepon

Cara membuatnya pun tidak rumit. Bahan-bahan seperti tepung ketan, daun pandan, kapur sirih, dan garam dicampur jadi satu. Campuran bahan-bahan tersebut lalu diaduk bersamaan dengan air yang dimasukan sedikit demi sedikit sehingga menjadi adonan.

Beberapa buku resep ada yang menambahkan ubi atau kentang yang sudah direbus. Hal tersebut dilakukan untuk menambah kekenyalan pada adonan, selain tentu juga untuk menambah cita rasa pada klepon.

Adonan tersebut kemudian didiamkan selama 10 hingga 15 menit. Sambil menunggu adonan, iris-iris gula merah sebagai isian serta parut kelapa sebagai taburan kue.

Setelah semua siap, adonan dibentuk pipih lalu masukkan gula merah yang sudah diiris. Bentuk adonan menjadi bulat seperti bola-bola. Adonan yang sudah dibentuk menjadi bola-bola ini kemudian dimasukkan ke dalam air yang mendidih.

Jika bola-bola mengapung, berarti adonan sudah siap untuk diangkat. Angkat bola-bola lalu tiriskan. Setelah diberi taburan parutan kelapa, kue klepon pun siap untuk disantap.

Cemilan Saat Santai

Kue klepon memiliki sensasi tersendiri saat dinikmati. Gula merah yang menjadi isian kue seolah meledak di mulut pada gigitan pertama. Setelahnya, rasa manis bercampur adonan yang kenyal akan membuat mulut terus mengunyah dan tidak ingin berhenti menikmatinya.

Baca Juga:  Kue Putu Mayang, Jajanan Tradisional Yang Dirindukan

Klepon bisa menjadi cemilan yang nikmat dan bergizi. Kue ini pun bisa menjadi teman saat santai bersama keluarga, apalagi dinikmati bersama dengan secangkir kopi atau teh panas.

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini