Mengapa Hujan Memiliki Aroma Yang Nikmat?

0
731
Mengapa Hujan Memiliki Aroma Yang Nikmat - ©pyoooo.com
Mengapa Hujan Memiliki Aroma Yang Nikmat - ©pyoooo.com

Nongki.net – Pernahkah Anda mencium suatu aroma yang nikmat saat hujan tiba? Pernahkah Anda penasaran dari mana aroma hujan tersebut muncul?

Aroma segar dan bersahaja yang muncul saat hujan disebut petrichor. Aroma tersebut berasal dari berbagai unsur penyusun, seperti tanah, pohon dan atmosfir.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Agar Cepat Tidur Kurang Dari 5 Menit

Proses Terbentuknya Aroma Hujan

Pertama, pada saat tidak hujan tanaman tertentu akan melepaskan minyak dan mengendap di tanah. Ketika air hujan mulai jatuh, kandungan minyak tersebut akan bercampur dengan air yang akan berpengaruh pada udara dan menghasilkan aroma hujan.

Kedua, selain percampuran antara air hujan dengan kandungan minyak tanaman yang mengendap di tanah, terdapat zat kimia lain yang di produksi oleh bakteri. Bahan kimia tersebut dihasilkan oleh bakteri geosmin yang mendorong aroma tersebut untuk menyebar di udara, hingga sampai ke hidung kita.

Ketiga, petir yang terjadi saat hujan dapat memecah molekul di atmosfer untuk membentuk ozon (O3) yang memiliki bau seperti klorin. Nah dari ketiga proses tersebutlah, mengapa aroma hujan menjadi terasa nikmat.

Aroma ini pun akan semakin sulit jika Anda tinggal di daerah perkotaan. Karena Anda semakin jarang menjumpai tanah lapang serta kandungan polusi yang mengendap di tanah akan mempengaruhi aroma yang kurang sedap.

Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa pentingnya hujan bagi kelangsungan hidup kita telah membuat kita berevolusi untuk menikmati baunya.

Saat hujan, saat yang tepat untuk menghirup dan mensyukuri karunia aroma hujan yang enak.

Baca Juga:  Belajar Di Waktu Subuh Baik Sebelum Ujian. Benarkah?

Mengapa Hujan Dapat Menenangkan

Menurut para pakar kesehatan ketika hujan turun dan membasahi tanah akan menimbulkan aroma khas petrichor dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Begitu pula dengan suara rintik hujan. Suara guyuran hujan telah terbukti dapat mengatasi stres serta membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Hal ini karena ritme hujan yang cenderung konstan akan menyamarkan suara lain dan menghasilkan sensasi suara yang menyerupai white noise. Efek suara tersebut dapat membuat pikiran menjadi tenang dan lebih fokus.

Akibatnya tubuh menjadi lebih rileks, santai, dan tidur menjadi lebih nyenyak.

Ini tentunya bisa jadi solusi mudah bagi para penderita insomnia. Bahkan para pakar kesehatan juga menyarankan untuk mendengarkan suara hujan ketika mengalami kesulitan tidur.

Sebagai saran, Anda dapat mengambil rekaman suara ketika hujan sedang turun. Atau bisa juga mengunduh aplikasi yang di dalamnya menyediakan beragam rekaman suara menenangkan termasuk suara air hujan.

Dengan begitu pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks dan tidur pun menjadi lelap. Jika tidur Anda berkualitas tentunya kesehatan juga menjadi lebih baik bukan?

Baca Juga:  Apa itu Stres dan Kenali Tanda-tandanya

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini