Mengenal London Underground, Jaringan Kereta di Inggris 5/5 (1)

0
363

Nongki.net – London Underground merupakan jaringan kereta bawah tanah di Inggris yang biasa disebut juga sebagai The Tube. London Underground adalah alat transportasi paling baik bagi Anda untuk bepergian dari dan menuju London. Jaringan kereta bawah tanah yang telah beroperasi sejak 10 Januari 1863 ini merupakan sistem angkutan cepat tertua di dunia.

London Underground memiliki panjang rute sekitar 403 km yang terdiri dari 270 stasiun. Jaringan kereta bawah tanah ini mampu mengangkut sekitar 5 juta penumpang setiap harinya. Nah bagi Anda yang akan menggunakan kereta cepat ini, berikut Nongki.net rangkum beberapa fakta tentang London Underground. Yuk kita baca artikel selengkapnya!

Baca Juga:  5 Tips Sebelum Liburan Ke Mancanegara Pertama Kali

1. Terdapat 11 Jalur Dengan Tujuan Berbeda-beda

Saat Anda berencana untuk menggunakan The Tube, terlebih dahulu menetapkan tujuan akhir perjalanan dan mengenali jalur mana yang akan Anda naiki. Karena terdapat 11 jalur berbeda yang melayani tujuan yang berbeda pula. Tiap-tiap jalur akan dikenali berdasarkan warna-warna tertentu. Sedangkan untuk tarifnya, tergantung dari seberapa jauh, waktu perjalanan dan dengan cara apa Anda membayar. Oyster Card bagi visitor adalah pembayaran paling murah bagi penumpang yang melakukan satu kali perjalanan.

Berikut adalah 11 jalur rute perjalanan kereta London Underground:

11 Jalur Perjalanan dan Warna Rute Kereta London Underground - ©wikipedia.com
11 Jalur Perjalanan dan Warna Rute Kereta London Underground – ©wikipedia.com

Layanan The Tube beroperasi mulai pukul 05.00 pagi hingga 24.00 malamNamun khusus untuk hari Jumat dan Sabtu diberlakukan layanan Night Tube pada beberapa jalur yang akan melayani penumpang hingga larut malam. Terdapat 6 jalur yang melayani Night Tube, yaitu Jalur The Central, Jubilee, Northern, Piccadilly, Victoria, dan East London Line.

2. Peta Kereta Bawah Tanah London Underground

Peta jalur kereta bawah tanah London Underground dirancang oleh Harry Beck pada tahun 1933. Peta ini dapat menjelaskan kepada Anda rute perjalanan berdasarkan warna baik itu menuju utara, selatan, timur maupun barat. Peta ini juga memberikan informasi tentang stasiun mana Anda harus melakukan transit dan berpindah ke jalur selanjutnya.

Berikut adalah peta kereta bawah tanah London Underground:

Peta Kereta Jalur Bawah Tanah London Tube - Nongki.net
Peta Kereta Jalur Bawah Tanah London Tube – Nongki.net

3. Tips Sederhana Saat Menggunakan London Underground

Terdapat beberapa tips sederhana yang perlu Anda perhatikan saat Anda berencana untuk menggunakan kereta jalur bawah tanah London Underground. Tips ini bisa Anda gunakan agar perjalanan Anda semakin nyaman dan efisien.

  • Hindari bepergian pada jam-jam sibuk jika Anda tidak ingin berdesak-desakan, yaitu pada hari kerja pukul 07.00 – 09.00 dan 17.30 – 19.00
  • Jika Anda tidak yakin dengan tujuan kereta, maka Anda dapat memeriksa tulisan tujuan yang berada di bagian depan kereta. Saat kereta tiba, sebaiknya Anda perhatikan dengan jeli tulisan tersebut
  • Berdiri di posisi kanan saat menggunakan eskalator jika tidak sedang terburu-buru
  • Setelah masuk sebaiknya Anda segera berpindah ke bagian dalam gerbong, karena Anda akan mengganggu akses penumpang lain yang akan masuk
  • Berdiri di belakang garis kuning saat menunggu kereta di peron
  • Tawarkan tempat duduk kepada penumpang yang sedang sakit, lanjut usia, wanita hamil atau membawa balita, serta penumpang penyandang disabilitas
  • Selalu berpegangan pada tiang penyangga selama perjalanan agar tidak terjatuh
  • Selalu memperhatikan celah antara peron dan kereta saat naik maupun turun

Untuk info lebih lanjut mengenai London Underground, Anda dapat mengunjungi Transport for London’s Accessibility page.

Baca Juga:  14 Tips Melewati Keamanan Imigrasi Dengan Lancar

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini