Mengintip Spot Menyelam Bawah Laut Wakatobi 5/5 (1)

0
39
Mengintip Spot Menyelam Bawah Laut Wakatobi
Mengintip Spot Menyelam Bawah Laut Wakatobi - ©travelingyuk.com

Nongki.net –  Wakatobi adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki ibu kota kabupaten bernama Wangi-Wangi. Sejak 1996, Wakatobi telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Indonesia, spot menyelam bawah laut, serta cagar alam dunia untuk biosfer laut oleh UNESCO. Nama Wakatobi adalah singkatan dari empat pulau utama: Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Selain empat pulau tersebut, terdapat beberapa pulau kecil lainnya di wilayah Wakatobi, seperti pulau Hoga, Kapota, Anano dan Rundumana. Selain dikenal sebagai surga bagi penyelam, Wakatobi juga memiliki tujuan wisata lain yang akan mengejutkan Anda.

Menyelami Surga Bawah Laut Wisata Wakatobi

Wakatobi merupakan sebuah wilayah yang mencakup seluas 1,39 juta hektar. Wilayah ini menjadi skala prioritas tertinggi konservasi laut di Indonesia karena menyimpan keanekaragaman hayati dan karang yang beragam.

Sehingga sangat tidak mengherankan jika Wakatobi menjadi salah satu spot tempat wisata menyelam paling terkenal karena pemandangan surga bawah yang memesona.

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar Wakatobi sebagai tempat wisata spot menyelam yang telah tersohor baik di Indonesia maupun luar negeri. Penasaran? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  15 Tempat Wisata Terbaik Indonesia Yang Mendunia

Mengintip Surga Bawah Laut Tomia dan Onemohute

Mengintip Spot Menyelam Surga Bawah Laut Tomia dan Onemohute
Mengintip Spot Menyelam Surga Bawah Laut Tomia dan Onemohute

Aktivitas utama saat mengunjungi Wakatobi tidak lain adalah menyelami keindahan bawah lautnya yang spektakuler. Hampir seluruh wilayah perairan Wakatobi bisa Anda jadikan tempat wisata spot menyelam maupun snorkeling, namun yang paling populer adalah Onemohute di Wangi-Wangi dan Roma (Roma’s Reef) di Tomia.

Roma’s Reef merupakan salah satu nama gugusan karang yang terkenal paling ‘sibuk’ dibanding dengan karang lainnya.

Berada pada kedalaman 15 sampai 25 meter, Anda bisa menyaksikan warna warni terumbu karang serta barisan ikan yang berenang secara teratur dan hewan-hewan laut indah lainnya. Spot ini juga aman untuk Anda yang baru belajar diving. Lokasi diving lain yang menarik di Tomia adalah Cornucopia dan Coral Garden.

Jangan khawatir jika Anda belum bisa menyelam, pemandangan alam di atas perairan pun tidak kalah eloknya. Anda bisa sekedar snorkeling ataupun bercengkrama dengan beberapa lumba-lumba yang kerap muncul di atas permukaan.

Salah satu tempat terbaik untuk melihat lumba-lumba adalah di Pelabuhan Mola Raya yang dapat dicapai dalam waktu 20 menit dengan perahu sewaan dari Kota Wanci, Wangi-Wangi.

Menikmati Ketenangan di Pantai Pulau Hoga

Destinasi wisata pantai memang sudah jadi hal yang biasa khususnya di kawasan Indonesia Timur, seperti pantai di Pulau Hoga ini. Pasir putihnya yang lembut dan beningnya air pantai akan membuat Anda lupa waktu.

Pulau Hoga cenderung lebih tenang jika dibandingkan dengan pulau utama lainnya di Wakatobi. Lokasinya yang hanya dipisahkan oleh selat kecil dengan Pulau Kaledupa menambah keunukan dari pantai yang satu ini.

Anda bisa mencoba untuk bermalam di Hoga Dive Resort dan merasakan sensasi pantai yang seolah milikmu sendiri. Satu hal yang perlu diketahui yaitu, listrik di sini hanya tersedia mulai pukul 18.00 hingga 00.00 WIT.

Tetapi, apalah artinya listrik jika dibandingkan dengan pemandangan pantai Pulau Hoga, bukan? Karena bebas dari polusi cahaya, maka Pulau Hoga juga bisa jadi tempat stargazing yang menakjubkan lho. Dijamin Anda akan susah move on dari pemandangan yang ada di sini!

Berkenalan dengan Suku Bajo (Sea Gypsies) Wakatobi

Berkenalan dengan Suku Bajo (Sea Gypsies) Wakatobi
Berkenalan dengan Suku Bajo (Sea Gypsies) Wakatobi

Penduduk lokal Wakatobi sudah terkenal dengan keramahannya. Di bagian pesisir pantai Pulau Kaledupa, Anda bisa menemui perkampungan Bajo Sampela. Suku Bajo pada dasarnya tersebar di beberapa tempat di Wakatobi, contohnya Suku Bajo Mola yang ada di Wangi-Wangi.

Suku Bajo atau yang dikenal dengan sea gypsies menurut sejarah merupakan suku pengembara laut tertua yang ada di Wakatobi. Tidak heran jika pemukimannya selalu berada di wilayah pesisir pantai.

Masuk ke bagian daratan terdapat Desa Pajam yang merupakan desa tertua di Wakatobi. Di desa ini, Anda bisa menemui para penduduk yang memproduksi kain tenun khas Wakatobi.

Kain ini cocok untuk jadi oleh-oleh liburanmu lho. Yang lebih unik lagi, di pulau ini ada desa yang terletak di dalam hutan mangrove, namanya Desa Lambo Linggae. Penasaran, kan? Jangan lupa mampir kesini ya.

Puncak Kahyangan, Puncak Tomia

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini sangat terkenal dengan keindahannya. Puncak Kahyangan yang terletak di Pulau Tomia merupakan sebuah bukit rumput yang menyajikan pemandangan spektakuler Wakatobi dari ketinggian.

Berjarak 30 menit dari Usuku (Tomia Timur), tempat ini menjadi lokasi favorit para fotografer untuk menyaksikan matahari senja. Anda juga bisa bermalam di area perbukitan dan menikmati pemandangan langit berbintang Tomia yang jauh dari polusi cahaya kota.

Pada pagi hari, Anda akan disambut oleh pemandangan matahari terbit dengan sinarnya yang menghangatkan. Semua pengalaman mengesankan ini bisa Anda dapatkan di Puncak Kahyangan.

Baca Juga:  18 Ragam Pesona Tempat Wisata di Kota Ternate

Goa Dengan Pemandian Alam

Pemandian Alam Hendaopa terletak di Desa Wawotimo, puncak Gunung Tomia. Pemandian ini sangat unik karena berbentuk gua yang masuk ke dalam tanah.

Dari luar, tempat ini tampak seperti lubang biasa, namun ternyata di dalamnya terbentuk sebuah kolam air tawar yang jernih dan cantik.

Pemandian Alam Hendaopa masih belum banyak dikenal oleh para wisatawan, maka tak heran bila akses ke lokasi ini pun sangat terbatas.

Mitos Enteng Jodoh di Kolam Goa Kontamale

Wakatobi cukup terkenal dengan wisata alam goa serta aliran air tanah yang ada di dalamnya.

Tercatat ada sebanyak 12 goa yang tersebar di Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa dan Tomia. Salah satu yang populer adalah Gua Kontamale di Wanci, Wangi-Wangi. Goa ini juga sering disebut sebagai Goa Telaga, karena air yang berada di bibir gua menyerupai sebuah telaga.

Di langi-langit goa banyak dijumpai stalagnit yang mempesona. Dengan airnya yang jernih, banyak penduduk memanfaatkan goa ini sebagai sumber air untuk mandi dan mencuci. Meskipun demikian, air di goa ini tidak pernah keruh lho! Bahkan katanya mandi di sini bisa bikin enteng jodoh, jadi buat Anda yang masih jomblo jangan lupa mampir ke sini ya.

Jernihnya Danau Sombano, Danau Di Tengah Hutan Mangrove

Danau Sombano merupakan danau yang terbentuk di kawasan Hutan Mangrove Pulau Kaledupa. Berbagai jenis tanaman eksotis seperti anggrek dan aneka spesies pandan bisa Anda temui di sini.

Yang tidak kalah menarik adalah penampakan udang merah di atas perairan air payau yang bening.

Anda mungkin akan tergoda untuk berenang, namun warga setempat tidak menganjurkannya karena terdapat sebuah legenda tentang buaya hitam Danau Sombano yang dikhawatirkan akan muncul ketika Anda berenang di sini.

Meskipun tidak dianjurkan untuk berenang, keindahan Danau Sombano tetap memukau siapapun yang mengunjunginya kok.

Berkunjung Ke Pulau Seribu Penyu, Pantai Pulau Anano

Pulau yang memiliki julukan Pulau Seribu Penyu ini merupakan pulau kecil tak berpenghuni di Wakatobi. Dinamakan seribu penyu karena di sinilah lokasi koloni penyu hijau dan penyu sisik untuk bertelur.

Pantainya juga sangat indah dengan pasir putih yang halus dan air pantai yang sangat bening, jadi dijamin Anda akan betah berlama lama di sini deh. Jangan lewatkan juga pemandangan matahari tenggelam di Pantai Anano yang bisa membuatmu baper ya!

Hip-Hip Hura Main Air Di Pantai Cemara

Pantai Cemara tergolong salah satu pantai yang cukup moderen di Wakatobi. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota pulau Wangi-Wangi. Fasilitas umum untuk para wisatawan juga cukup lengkap.

Di sini, Anda bisa menemukan warung makan dengan mudah untuk sekedar mengisi perut yang lapar. Buat Anda yang belum bisa menyelam, di sini terdapat kursus menyelam yang siap mengajarimu lho.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan banyak permainan air seperti banana boat yang seru dan menyenangkan.

Melihat Para Pandai Besi Terbaik Nusantara Di Pulau Binongko

Seperti layaknya pulau-pulau lain di Wakatobi, Pulau Binongko juga terkenal sebagi spot untuk menyelam dan snorkeling.

Disamping itu, sebagian besar Desa di Pulau Binongko juga terbilang masih tradisional. Pulau Binongko dikenal dengan keahlian para pandai besinya yang mampu menciptakan berbagai macam peralatan besi dan baja dengan kualitas yang dapat diandalkan.

Produk besi dan baja dari pulau ini bahkan bisa jadi merupakan yang terbaik di Indonesia lho. Berkat keramahan warganya, Anda juga bisa melihat langsung proses penukangan besi dan baja di sini! Menarik sekali, bukan?

Baca Juga:  Mengintip Surga Wisata Bawah Laut Bunaken

Please rate this