Menjelajahi 10 Wisata Alam Liar Afrika Selatan 5/5 (1)

0
511
Menjelajahi 10 Wisata Alam Liar Afrika Selatan - ©addondigital.co.za
Menjelajahi 10 Wisata Alam Liar Afrika Selatan - ©addondigital.co.za
Nongki.net – Afrika Selatan, sebuah negara yang terletak di bagian paling selatan benua Afrika ini memiliki kekayaan alam yang melimpah. Afrika Selatan terkenal sebagai salah satu negara penghasil berlian, emas dan platinum terbesar di dunia. Selain kekayaan alamnya, ternyata negara yang memiliki populasi penduduk kulit putih terbanyak di benua Afrika ini juga menyimpan pesona wisata alam yang menawan.

 

Afrika Selatan mulai dilirik oleh wisatawan dunia setelah dipercaya menggelar event olahraga internasional yaitu Piala Dunia FIFA tahun 2010. Negara ini juga dikenal sebagai Bangsa Pelangi, karena negara ini disebut sebagai rumah bagi multi ras dan budaya seperti kulit putih, kulit hitam, Asia, serta India.

 

Afrika Selatan termasuk salah satu negara maju di Afrika, kekuatan ekonomi utama disokong oleh sektor produksi tambang. Sebagai negara maju, fasilitas pendukung wisata di negara ini tentu saja sudah cukup memadai. Walaupun begitu jika Anda berencana untuk mengunjungi negara ini, Anda di sarankan untuk berhati-hati karena tingkat penderita HIV/AIDS di Afrika Selatan cukup tinggi.

10 Tempat Wisata Favorit di Afrika Selatan

Jika Anda adalah tipe orang yang suka dengan tantangan dan petualangan, maka Afrika Selatan adalah negara yang cocok untuk Anda kunjungi. Beberapa tempat wisata di negara ini menyajikan pesona alam yang begitu memesona. Ditambah lagi dengan hewan-hewan liar yang hidup bebas di habitatnya memang sudah tersohor di Benua Hitam ini. Tentu akan menawarkan sensasi dan pengalaman yang berbeda dari wisata negara lainnya.

Nah, sebelum Anda mulai menabung dan merencanakan liburan ke negara ini, berikut Nongki.net telah rangkum 10 tempat wista Afrika Selatan yang wajib Anda kunjungi. Yuk simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  11 Tempat Eksotis Hawaii Paling Favorit Wisatawan

1. Clarens, Free State

 

View this post on Instagram

 

A post shared by South Africa | Tourism (@jacques_crafford) on

Clarens adalah sebuah kota kecil di Afrika Selatan, tepatnya di kaki pegunugan Maluti provinsi Free State. Clarens juga mendapat julukan lain yaitu sebagai “Jewel of the Eastern Free State” atau Permata dari Free State Timur. Kota yang didirikan pada tahun 1912 ini memiliki daya tarik wisata sebagai surga bagi para seniman.

 

Banyak seniman terkenal yang tinggal atau sering mengunjungi kota ini karena memiliki banyak sekali galeri seni yang tersebar di alun-alun kota. Suasananya yang tenang dipadu dengan iklim yang hangat, membuat kota yang berjarak 336 kilometer dari Johannesburg ini menjadi tempat favorit bukan hanya dari penduduk lokal tetapi juga mancanegara.

 

Selain sebagai pusat seni, Clarens juga menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Formasi batu pasir, tebing-tebing, serta sumber air segar dari dataran tinggi Lesotho dapat Anda temui di sini.
Kegiatan yang biasa dilakukan oleh para wisatawan di tempat ini adalah menunggang kuda, abseiling, hiking, memancing, arung jeram, golf, serta menonton pertunjukan live music.

2. Nieu Bathesda, Eastern Cape

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Hettie Sale (@hettiesale) on

Nieu Bathesda atau New Bethesda adalah sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Eastern Cape. Kota yang didirikan pada tahun 1875 ini dikenal sebagai kota gereja. Bahkan nama Nieu Bathesda sendiri diambil dari Alkitab (Yohanes 5: 2-4) yang berarti tempat air mengalir.

 

Jika Anda mampir ke kota ini jangan lupa untuk pergi ke The Owl House. The Owl House merupakan sebuah museum yang didirikan pada tahun 1996 dan telah menjadi objek wisata utama di kota ini. Terdapat banyak sekali koleksi seni patung berwujud manusia dan burung hantu.

 

Selain itu, tempat terkenal lainnya adalah Museum Vertebrarta Kitching yang menjadi tempat bagi koleksi fosil-fosil hewan vertebrata purba. Berdasarkan hasil penelitian dari fosil-fosil tersebut, diduga bahwa Afrika bagian selatan dan Antartika pernah menjadi satu daratan pada 253 juta tahun yang lalu.

3. Mountain Zebra National Park, Eastern Cape

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Samuel Spörri (@samuellspo) on

Mountain Zebra National Park adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Eastern Cape yang diresmikan pada Juli 1937. Taman nasional ini berfungsi sebagai cagar alam bagi spesies Zebra Gunung Cape yang populasinya terus menurun dan terancam punah. Taman nasional yang memiliki luas 284 kilometer persegi ini menjadi habitat bagi 700 jenis hewan dan tanaman yang dilindungi.

 

Selain zebra, jenis hewan yang dapat Anda temui di taman nasional ini diantaranya caracal, Kerbau Gunung Cape, badak hitam, eland, rusa kutub hitam, rusa kutub merah, gemsbok, cheetah dan singa. Sedangkan jenis tanaman yang tumbuh di wilayah ini seperti Rapanea melanophloeosRhus lancea, Leucosidea sericea, Acacia karroo, Buddleja salviifolia dan zaitun.

 

Selain melihat hewan dan tumbuhan langka hidup di habitat aslinya, saat Anda pergi ke tempat wisata Afrika Selatan satu ini Anda juga akan menikmati pemandangan yang memesona sekaligus menghirup udara yang sangat sejuk dan bersih.
Baca Juga:  10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Brazil

4. Calvinia, Northern Cape

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Roger Saner (@rogersaner) on

Calvinia adalah sebuah kota yang berada di wilayah Hantam, distrik Namakwa. Kota ini berada di sebelah selatan pegunungan Hantam dan memiliki sebuah sungai bernama Oorlogskloof. Kota ini terkenal dengan pemandangan langit malam yang indah dengan dihiasi oleh ribuan gugusan bintang. Oleh sebab itu nama Calvinia sendiri diambil dari sebuah asteroid.

 

Waktu terbaik untuk mengunjungi kota yang berjarak 301 kilometer dari Cape Town ini adalah saat musim semi. Selain kondisi langit yang cerah dan tidak berawan saat malam hari, Anda juga akan disambut dengan berbagai macam bunga warna-warni yang tumbuh saat musim tersebut. Pada musim semi juga biasanya akan digelar festival bunga yang bernama Festival Gualand.

 

Suhu rata-rata saat musim panas adalah 22-40 derajat celcius, saat musim dingin bisa mencapai 10 hingga -8 derajat celcius. Jadi disarankan untuk menyesuaikan pakaian yang akan dibawa jika Anda berniat untuk pergi ke tempat wisata Afrika Selatan satu ini.

5. The Wilderness Groot Winterhoek, Western Cape

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kat F (@kat_the_lizard_queen) on

The Wilderness Groot Winterhoek adalah sebuah wilayah pegunungan di dekat Porterville yang terletak sekitar 120 kilometer sebelah utara Cape Town. Tempat ini terkenal dengan bentang alam liarnya yang sangat menakjubkan. Formasi batuan yang terukir alami dapat dengan mudah Anda jumpai di tempat ini.
Selain itu, kawasan konservasi Groot Winterhoek juga merupakan rumah bagi beberapa satwa liar seperti kucing hutan. Wilayah ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

 

Aktivitas yang dapat dilakukan di taman konservasi ini diantaranya adalah melakukan hiking pada siang dan malam hari, bersepeda gunung, menyusuri goa alam, serta menikmati kolam sejernih kristal yang berada di area pegunungan. Namun jika Anda tertarik untuk melakukan hiking, disarankan untuk berhati-hati dan menjaga fisik tetap prima karena hawa dingin dan kabut dapat muncul tiba-tiba di kawasan ini.

6. Ndumo Game Reserve, KwaZulu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Alan Wilson (@wilson4796) on

Ndumo Game Reserve atau Cagar Alam Ndumo terletak di daerah Maputoland provinsi KwaZulu atau 100 kilometer dari kota Mkuze. Diresmikan pada tahun 1924, Ndumo Game Reserve ini menjadi salah satu cagar alam tertua yang ada di Afrika Selatan.
Tempat wisata Afrika Selatan satu ini dikenal karena keanekaragaman beberapa jenis burung. Bahkan diklaim memiliki sekitar 430 jenis spesies burung.

 

Selain burung, tempat ini juga menjadi tempat bagi beberapa jenis serangga. Ahli entimologi menyebutkan bahwa di Cagar Alam Ndumo terdapat sekitar 66 spesies nyamuk. Namun harus diperhatikan, bahwa selain banyaknya nyamuk tempat ini juga berada di zona dengan kasus penyakit malaria tertinggi. Sehingga disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen wisata setempat sebelum pergi ke cagar alam ini.
Baca Juga:  Berencana Ke Jerman? Ini 10 Tempat Wisata Paling Recomended

7. Riemvasmaak, Northem Cape

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Go Northern Cape (@gonortherncape) on

Riemvasmaak adalah sebuah daerah pemukiman yang berada di distrik ZF Mgcawu provinsi Cape Town Utara. Tempat wisata ini berlokasi sangat dekat dengan perbatasan Namibia.
Riemvasmaak merupakan tempat yang sempurna bagi Anda yang ingin beristirahat sejenak sembari bersantai dengan berendam di sumber mata air panas alami. Dan seperti tempat wisata yang sebelumnya, tempat ini juga memiliki lanskap alam yang begitu menawan dengan beberapa satwa liar khas Afrika dapat Anda jumpai di sini.

8. Pondoland Marine Protected Area, Eastern Cape

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Gerhard Britz | South Africa (@dronedad81) on

Pondoland Marine Protected Area merupakan wilayah perlindungan laut yang terbesar di Afrika Selatan. Tempat ini membentang sejauh 90 kilometer dan berada di sebelah timur provinsi Eastern Cape. Pondoland ditetapkan sebagai wilayah konservasi laut karena populasi ikan, kerang hitam dan karang di wilayah ini terus tergerus dan rusak akibat eksploitasi besar-besaran.

 

Dalam hal keanekaragaman hayati, wilayah laut Pondoland ini memiliki jumlah organisme laut yang tinggi bahkan beberapa diantaranya adalah endemik lokal yang tidak dapat ditemui di wilayah laut lainnya.

 

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dilarang untuk menangkap ikan maupun binatang laut lainnya.

9. Wolkberg Wilderness Mountain Reserve , Limpopo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by South African Tourism (@meetsouthafrica) on

Wolkberg Wilderness Mountain Reserve merupakan sebuah kawasan lindung yang berada di provinsi Limpopo atau 14 kilometer sebelah tenggara kota Haenertsburg. Kawasan lindung ini dilintasi oleh 2 sungai yaitu sungai Mohlapitse serta anak sungai Olifants dan dideklarasikan sebagai tempat konservasi sejak tahun 1977.

 

Di kawasan ini Anda dapat menemukan beberapa spesies tanaman langka seperti Burchellia bubalina, Alaena margaritacea, Aloe dolomitica, Encephalartos dolomiticus, Dingana clara dan Spialia secessus. Selain tanaman, Anda juga dapat melihat beberapa spesies kupu-kupu langka yang hanya ditemukan di wilayah ini yaitu kupu-kupu Lepidochrysops lotana. Sayangnya kupu-kupu ini sudah terancam punah.

10. Tankwa National Park, Western Cape and Northem Cape

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Overland Spirit (@overland_spirit) on

Tankwa National Park merupakan taman nasional tersembunyi di Afrika Selatan. Taman nasional ini terletak sekitar 70 kilometer sebelah barat Sutherland dan merupakan wilayah paling kering di Afrika Selatan. Curah hujan rata-rata di tempat ini hanya kurang dari 100 mm pertahun.

 

Taman wisata yang memiliki luas 1.436 kilometer persegi ini menjadi habitat asli bagi 29 jenis mamalia 124 jenis burung. Taman Nasional Tankwa ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan kesunyian, karena berada di tengah-tengah padang pasir Karoo yang tandus dan sepi.
Baca Juga:  10 Wisata Mesir Ini Membawa Anda Ke Peradaban Kuno

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini