Menjelajahi Pesona Kuil Kek Lok Si Di Penang Malaysia

0
641
Menjelajahi Pesona Kuil Kek Lok Si Di Penang Malaysia - ©jalanlagijalanlagi.wordpress.com

Nongki.net – Kuil Kek Lok Si atau dikenal juga sebagai Kuil Kebahagiaan Tertinggi, merupakan salah satu kuil Budha terbesar di Asia Tenggara.

Kuil ini bisa dibilang  sebagai kuil yang paling terkenal di Penang, Malaysia.

Berlokasi di daerah Air Itam dan terdapat beberapa bukit bernama He San atau Bukit Derek, yang secara geografis tradisional dianggap memiliki “feng shui” terbaik untuk sebuah kuil.

Bahkan, kuil ini sangat populer sebagai tempat retret bagi para biksu dan pengikut Tao yang berjuang untuk keabadian.

Baca Juga:  Mengungkap Sejarah Gereja Merah Di Melaka Malaysia

Sejarah Pembangunan Kuil

Konstruksi kuil dimulai pada tahun 1893, dipelopori oleh kepala biarawan “Dewi Kuil Rahmat” yang terletak di Jalan Pitt. Kaisar Manchu Guangxu kemudian menyetujui proyek tersebut, menganugerahkan tablet dan hadiah 70.000 volume Edisi Imperial dari Sutra Buddhis.

Penguasa Tiongkok lainnya, seperti Yang Mulia Kaisar Kuang Xi dan Permaisuri Cixi dari Dinasti Ching, telah cukup terkesan dengan kuil itu sehingga telah menganugerahkan kuil itu dengan hadiah.

Waktu Terbaik Mengunjungi Kuil

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kek Lok Si adalah selama perayaan Tahun Baru Imlek, ketika kuil dihiasi dengan ribuan lentera gantung yang cerah.

Di lain waktu, masih banyak yang bisa dilihat, dengan ruang doa, pagoda, menara lonceng dan kolam kura-kura menduduki daftar teratas.

Daya tarik utamanya adalah Pagoda Rama VI (Pagoda 10.000 Buddha) yang bertingkat tujuh, selesai pada tahun 1930.

Menawarkan 10.000 patung Buddha dan perunggu dari pualam, desainnya melambangkan keharmonisan antara Buddhisme Mahayana dan Theravada, yang menikahi basis oktagonal Tiongkok dengan tingkat menengah dari desain Thailand, diatapi oleh mahkota Burma.

Seseorang dapat naik ke puncak pagoda melalui tangga yang curam dan dihadiahi dengan pemandangan indah ke Penang.

Patung perunggu Kuan Yin 30,2 m, Dewi Belas Kasih, adalah sorotan lain yang populer.

Baca Juga:  VIDEO: Pesona Tempat Wisata Malaysia Bagi Para Traveler

Jam Operasional dan Akses Menuju Kuil

Kuil ini dibuka untuk pengunjung mulai dari pukul 07.00 – 17:30 setiap hari. Untuk memasuki kuil ini, Anda tidak perlu dikenakan biaya apapun. Kecuali jika Anda ingin masuk ke area pagoda dan sky lift yang akan dikenakan tiket masuk hanya sebesar 2 ringgit Malaysia (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Akses menuju kuil pun terbilang sangat mudah, terdapat beberapa rute bus yang menuju Penang dengan kode bus 201, 203, 204, 206, atau U502.

Dari kejauhan, Anda akan melihat patung Dewi Kuan Yin yang menandakan bahwa Anda akan tiba sebentar lagi. Setelah itu bus akan berhenti di halte yang terletak di sepanjang Jalan Pasar, di kaki candi.

Dari tempat pemberhentian bus, Anda tinggal jalan kaki menuju kuil dengan mengikuti beberapa rambu penunjuk arah yang disediakan di sana. Cukup mudah, bukan?

Alamat dan Kontak Kuil Kek Lok Si

Jika Anda tertarik mengunjungi dan ingin memperoleh info lainnya yang lebih lengkap. Anda dapat menghubungi kontak dari Kuil Kek Lok Si yang berada di Air Itam, Penang, Malaysia. Dengan nomer telepon, yaitu (+60) 4-828 3317

Baca Juga:  VIDEO: Melirik Megahnya Singapura Dari Skypark Marina Bay Sands

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini