Nongki.net – Indonesia memang sebuah negara yang memiliki berjuta pesona. Di setiap wilayahnya pasti menyimpan keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah pesona Taman Nasional Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kecantikan Taman Nasional Komodo seakan tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Kecantikan inilah yang membuat Taman Nasional Komodo belakangan semakin populer. Selain pulau yang dihuni oleh hewan reptil purba, Komodo, masih ada pulau-pulau sekitar yang tergabung dalam Taman Nasional Komodo yang wajib Anda jelajahi. Pulau Kanawa salah satunya.

Kanawa menjadi salah satu pulau primadona pariwisata di wilayah Taman Nasional Komodo ini. Selain karena pantainya yang indah, air laut sebening kristal, hingga pemandangan bawah lautnya yang begitu memesona. Sehingga sangat disayangkan jika Anda pergi berlibur ke wisata komodo namun tidak mampir ke pulau ini.

Lokasi Pulau Kanawa di Taman Nasional Komodo

Pulau Kanawa terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo, ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang merupakan satu-satunya pintu gerbang menuju kawasan Taman Nasional Komodo. Selain Pulau Kanawa terdapat pula Pulau Kenawa. Meskipun memiliki nama yang mirip, namun pulau tersebut adalah dua pulau yang berbeda.

Jadi jangan tertukar dengan Pulau Kenawa ya. Namanya yang hanya berbeda 1 huruf saja ini beberapa kali membuat sebagian wisatawan mengira bahwa keduanya adalah pulau yang sama.

Pulau Kenawa berada di sekitar Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, sementara Pulau Kanawa berada di sekitar Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Kanawa merupakan sebuah pulau resort yang dikelola oleh orang Italia. Untuk mencapai Kanawa, pihak pengelola menyediakan shuttle boat atau kapal gratis yang berangkat setiap pukul 12.00 WIT dari pelabuhan penyeberangan Labuan Bajo, dan 08.00 pagi dari Pulau Kanawa menuju Labuan Bajo.

Namun jika Anda ingin berangkat atau pulang diluar dari jadwal tersebut, pengelola pun menyediakan perahu yang dapat disewa sesuai jadwal yang diinginkan. Perjalanan Labuan Bajo-Pulau Kanawa memakan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan. Bagaimana semakin penasaran dengan keindahan yang ditawarkan Pulau Kanawa, bukan?

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum merencanakan liburan ke pulau ini. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Pesona Keindahan Pulau Kanawa di Nusa Tenggara Timur

Keindahan alam sekitar Pulau Kanawa sudah dapat Anda nikmati seiring dengan semakin mendekatnya kapal ke pulau ini. Perairan sekitar Pulau Kanawa yang begitu jernih seakan menggoda setiap pelancong untuk segera menyelami alam bawah lautnya yang indah.

Begitu menginjakkan kaki di dermaga Pulau Kanawa saja, Anda sudah dapat menikmati keindahan bawah laut pantai Pulau Kanawa yang dihiasi dengan karang-karang dan beragam jenis ikan.

Bahkan Anda juga dapat melihat ikan hiu kecil bermain-main di sekitar dermaga. Seru bukan? Ingin menikmati keindahan alam bawah laut lebih lanjut? Pihak pengelola pun menyediakan perlengkapan snorkeling dan menyelam yang dapat Anda sewa.

Bahkan bagi yang ingin mendapatkan lisensi menyelam, PADI Dive Center dapat melayani para wisatawan.

Baca Juga:  Pesona 2 Pantai Pink di Lombok NTB dan Flores NTT

Keindahan Alam Bawah Laut (Underwater) Pulau Kanawa

Keindahan Alam Bawah Laut (Underwater) Pulau Kanawa di wilayah Taman Nasional Komodo
Keindahan Alam Bawah Laut (Underwater) Pulau Kanawa di wilayah Taman Nasional Komodo – ©tantular.com

Tidak perlu jauh-jauh menyewa kapal bagi Anda yang hanya ingin bersnorkeling. Jarak 10 meter dari bibir pantai saja, Anda sudah dapat menikmati alam bawah laut di pulau ini yang begitu cantik bersama dengan beragam jenis ikan.

Cobalah menjelajah alam bawah laut di sisi timur pulau ini. Jika beruntung, Anda dapat menjumpai hiu dan penyu di spot tersebut.

Pulau Kanawa tak hanya indah di pantai dan alam bawah lautnya saja, tapi juga di daratannya. Mendakilah ke bukit yang ada di belakang area penginapan. Anda akan terpukau dengan panorama sekitar pulau yang begitu indah lengkap dengan semilir angin yang menyegarkan.

Jangan lewatkan juga detik-detik matahari tenggelam dari atas bukit ini. Sungguh indah!

Penginapan, Akomodasi, serta Fasilitas di Sekitar Tempat Wisata

Soal penginapan, ada tiga jenis akomodasi yang ditawarkan pengelola, yaitu tenda, bale dan bungalow. Untuk tenda dan bale, kamar mandi yang disediakan adalah tipe sharing. Sementara untuk tipe bungalow, kamar mandinya disediakan di dalam masing-masing bungalow.

Setiap tipe kamar disediakan kasur, bantal dan guling, serta selimut. Untuk bale, disediakan juga kelambu, lampu dan stop kontak. Sementara untuk tipe bungalow, di terasnya disediakan pula hammock untuk bersantai sambil menikmati semilir angin pantai.

Mengenai listrik dan air bersih, keduanya masih disediakan terbatas. Air bersih dipasok setiap pukup 16.00 WIT, sementara listrik hanya mengalir mulai dari pukul 18.00 sampai 23.00 WIT. Jadi bijaklah menggunakan air dan listrik di pulau ini ya.

Apalagi bagi Anda yang memilih tipe akomodasi tenda dan bale, yang harus berbagi air kamar mandi dengan wisatawan lain. Meski listrik di pulau ini terbatas, namun Anda dapat menikmati indahnya langit malam yang bertabur bintang tanpa terhalau cahaya lampu listrik.

Untuk urusan makan, di pulau ini terdapat restoran Starfish yang menyajikan menu-menu lokal khas daerah sekitar dan menu khas italia dengan harga terjangkau. Order terakhir restoran ini ialah pukul 21.00 WIT, jadi jangan sampai terlambat dan melewatkan makan malam yang lezat di restoran ini ya.

Setelah santap malam, Anda dapat beristirahat sejenak dari rutinitas sembari menikmati keindahan serta ketenangan yang ditawarkan oleh pulau ini.

Baca Juga:  Berburu Sunset di 5 Pantai Terbaik Pulau Bangka

Please rate this