Messi Bawa Barcelona Melaju Ke Perempat Final Liga Champions

0
560
Messi Bawa Barcelona Melaju Ke Perempat Final Liga Champions - ©majalah.sosial
Messi Bawa Barcelona Melaju Ke Perempat Final Liga Champions - ©majalah.sosial

Nongki.net – Lionel Messi menjadi bintang kemenangan Barca ketika Barcelona menjamu Lyon dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018-19, Kamis (14/3) dini hari WIB. Bermain di Camp Nou, Barca menang telak 5-1.

Messi berhasil membawa kemenangan Barca dengan mencetak dua gol. Sementara tiga gol lainnya disumbang Philippe Coutinho, Gerard Pique, dan Ousmane Dembele. Lyon sempat memperkecil ketinggalan lewat gol Lucas Tousart.

Berkat kemenangan ini, Barca berhak melangkah ke babak perempat final dengan skor agregat 5-1. Di leg pertama kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Baca Juga:  Kalahkan PSG, MU Yakin Melaju Sampai Final Liga Champions

Dua Gol Barca di Babak Pertama

Bertindak sebagai tuan rumah, Barcelona langsung menguasai jalannya pertandingan sejak menit pertama. Sayang peluang yang didapat Messi masih gagal membuahkan hasil.

Barcelona mendapat hadiah penalti di menit ke-16 setelah Jason Denayer melanggar Luis Suarez di kotak terlarang. Messi yang bertindak sebagai algojo pun dengan sukses menaklukkan Anthony Lopes lewat tendangan bergaya panenka.

Keunggulan Barcelona bertambah di menit ke-31 setelah Coutinho dengan mudah berhasil menuntaskan aksi impresif Suarez menjadi gol. Penonton Camp Nou pun makin bergemuruh.

Lyon mendapat petaka di menit ke-34 ketika kiper mereka, Lopes tak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera. Posisinya pun terpaksa digantikan Mathieu Gorgelin. Skor 2-0 untuk keunggulan Barca bertahan hingga turun minum.

Lyon Mencoba Melawan di Babak Kedua

Kembali dari kamar ganti, Barca tak mengendurkan tekanan mereka. Messi memiliki peluang di awal babak kedua, sayang masih bisa dihalau pertahanan tim tamu.

Semangat pantang menyerah yang ditunjukkan Lyon pun mendapatkan hasilnya di menit ke-58. Sebuah sepak pojok menghasilkan kemelut di muka gawang Barca. Tousart pun melepas tembakan untuk membobol gawang Marc-Andre Ter Stegen. Skor kini menjadi 2-1.

Barcelona mengamuk di sisa pertandingan. Messi mencetak gol keduanya sebelum kemudian Gerard Pique dan pemain pengganti, Ousmane Dembele tak mau ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor. Skor 5-1 untuk kemenangan Barca pun menjadi hasil akhir laga ini.

Susunan Pemain Barcelona vs Lyon

Susunan Pemain dan Taktik Lapangan Barcelona vs Lyon - ©google.com
Susunan Pemain dan Taktik Lapangan Barcelona vs Lyon – ©google.com

Susunan Pemain Barcelona:

M. Ter Stegen (kiper); S. Roberto (digantikan Semedo menit ke-83), G. Pique, C. Lenglet, J. Alba; I. Rakitic, S. Busquets, Arthur (digantikan Vidal menit ke-74); Lionel Messi, L. Suarez, Philippe Coutinho (digantikan Ousmane Dembele menit ke-70).

Susunan Pemain Lyon:

A. Lopes (Kiper digantikan Gorgelin menit ke-34); J. Denayer, Marcelo, Marcal; L. Dubois, T. Ndombele, L. Tousart, F. Mendy (digantikan Cornet menit ke-77); N. Fekir; Moussa Dembele, M. Depay (digantikan Traore menit ke-73).

Baca Juga:  Cetak Hattrick, Ronaldo Bawa Juventus ke Perempat Final Liga Champions

Messi Tak Mau Ketinggalan dari Ronaldo

Lionel Messi jadi pahlawan utama Barcelona ketika mengalahkan Lyon dengan skor telak 5-1 pada leg kedua 16 besar Liga Champions 2018/19, Kamis (14/3) dini hari WIB. Dia berperan langsung pada empat gol barca, yakni dengan mencetak dua gol dan menyumbangkan dua assists.

Messi seakan-akan tidak mau ketinggalan dari Cristiano Ronaldo yang Rabu (13/3) kemarin mencuri perhatian di Liga Champions. Jika Ronaldo mencetak hattrick untuk Juventus, kali ini Messi berperan langsung dalam empat gol Barca.

Pemain berjuluk La Pulga ini juga mencetak gol pada momen-momen penting, yakni gol pertama Barca yang membuka keunggulan, juga gol ketiga Barca yang krusial.

Messi menyadari gol keduanyalah yang lebih penting.

Messi Muncul Sebagai Pahlawan

Barca unggul dua gol di babak pertama, dan Lyon sempat memperkecil ketinggalan jadi 2-1. Saat itu Barca sedikit tertekan, sebab jika Lyon berhasil mencetak gol lagi, masalah agresivitas gol tandang akan merepotkan Barca.

Untungnya, Messi muncul sebagai pahlawan. La Pulga mencetak gol ketiga Barcelona yang melepaskan para pemain dari tekanan. Setelah itu Barca bermain lebih bebas.

“Kami bertanding sebaik mungkin sejak awal pertandingan dan mengalirkan bola dengan baik,” kata Messi.

“Kami sedikit kesulitan setelah mereka mengubah skor jadi 2-1, sebab kami membuat diri kami sendiri kesulitan dalam situasi bola mati.”

“Mereka sebenarnya tidak melakukan apa pun sampai saat itu,” lanjut dia.

Pertahanan Lyon Terpecah

Lebih lanjut, Messi mengakui Barca bermain lebih bebas setelah gol ketiga, sebab setelah itu pertahanan Lyon terpecah. Dia juga mengakui gol tersebut sedikit dibantu keberuntungan.

“Untungnya kami bisa mengubah skor jadi 3-1 dan bisa bermain tenang lagi. Gol untuk skor 3-1 itu sedikit tertahan, tapi untungnya bola mengalir ke gawang.”

“Setelah skor 3-1, kami bisa menemukan lebih banyak ruang kosong dan kami bisa menyerang dengan cepat dalam skema serangan balik,” tutup Messi.

Statistik Permainan Barcelona vs Lyon

Statistik permainan Barcelona vs Lyon leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 | Nongki.net
Statistik permainan Barcelona vs Lyon leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 | Nongki.net

Berdasarkan statistik permainan, Barcelona dominan dalam penguasaan bola dengan skor 55% selisih 10 poin dengan Lyon yang hanya 45%.

Jumlah tendangan ke arah gawang pun Barcelona unggul jauh dibandingkan dengan Lyon yaitu 10 berbanding 2. Secara keseluruhan memang Barcelona pantas menang dengan skor telak 5-1 saat bertanding di kandang sendiri, Camp Nou.

Baca Juga:  Kontroversi Penalti MU vs PSG Di Liga Champions

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini