Nongki.net – Bangkok Thailand terkenal dengan jalanan yang luas dan lebar serta kehidupan kotanya yang sibuk. Beberapa tempat wisata seperti situs bersejarah, taman hiburan, pasar tradisional hingga kehidupan malam menjadikan tempat ini tujuan favorit bagi banyak pelancong. Salah satu tempat wisata yang indah dan mendekatkan Anda dengan alam di tengah sibuknya kota Bangkok Thailand adalah taman di Lumpini Park. Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang berlibur bersama keluarga untuk melakukan piknik sembari menghirup udara segar.

Panduan Lengkap Tentang Lumpini Park Thailand

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Anaelle Pierre (@anaellepierre) on

Lumpini Park Bangkok Thailand merupakan ruang terbuka hijau (RTH) pertama di kota ini. Taman multi fungsi ini memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa kegiatan rekreasi luar ruangan dengan angin yang segar. Anda dapat berolahraga, bermain musik, games, membaca buku, belajar tarian tradisional, hingga melakukan yoga di taman ini. Selain itu, beberapa spesies hewan dan tumbuhan bisa Anda temukan di Taman Lumpini Bangkok.

Di tengah taman, Anda dapat menjumpai sebuah danau besar yang akan membuat suasana taman menjadi lebih sejuk. Anda juga bisa menikmati lantunan musik Thailand dan musik Barat di Lumpini Park. Pada masa lalu, tempat wisata ini berfungsi sebagai tempat untuk mengadakan pesta dansa ballroom. Namun sekarang taman ini terbuka untuk umum, pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket untuk masuk ke Lumpini Park Bangkok.

Waktu Terbaik Mengunjungi Lumpini Park Bangkok

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 다올 ღ (@da__all) on

Waktu terbaik untuk mengunjungi Lumpini Park adalah mulai bulan Maret hingga Oktober. Taman ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu pukul 04.30 hingga 21.00. Jika Anda ingin menikmati taman dengan kondisi yang relatif sepi, Nongki.net menyarankan untuk pergi sebelum matahari terbit. Selain sepi, udara yang masih sangat segar juga bisa Anda rasakan di pagi hari.

Manfaatkan taman hijau ini untuk kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti jogging, aerobik, kelas dansa, yoga, ataupun berperahu. Sedangkan untuk kegiatan bersepeda hanya diizinkan antara pukul 10.00 sampai 15.00 waktu setempat.

Baca Juga:  Patung Merlion: Simbol Wisata dan Negara Singapura

Alasan Mengapa Harus Mengunjungi Tempat Wisata Taman Lumpini Bangkok

 

Terdapat beberapa alasan yang mengharuskan Anda untuk mengunjungi taman Lumpini di Kota Bangkok Thailand, di antaranya yaitu:

1. Mengamati Spesies Burung

Taman Lumpini memiliki banyak pepohonan besar berdaun rimbun nan hijau. Maka tidak mengherankan jika taman ini menjadi rumah bagi lebih dari 30 spesies burung. Taman ini adalah tempat yang ideal bagi para pecinta burung untuk menghabiskan waktu melihat berbagai jenis burung.

2. Berbagi Dengan Anak-anak Kurang Beruntung

Selain kegiatan yang menyehatkan, taman ini juga sering kali menjadi tempat acara bagi anak-anak difable serta yatim piatu. Anda dapat turut berbagi dan bermain untuk menghibung anak-anak tersebut.

3. Bangkok Elder Citizens Club

Selain untuk anak-anak kurang beruntung, taman ini juga menjadi tempat bagi para lansia untuk saling berkomunikasi, bersantai, dan berolahraga. Kelas menari dan aerobik tersedia setiap hari Sabtu dan Minggu. Anda dapat mengikuti secara gratis dan bergabung dengan para lansia.

4. Lumpini Park Library and Youth Center

Olahraga fisik memang penting, tetapi mengisi otak dengan berbagai ilmu pengetahuan juga tidak kalah penting. Taman ini dilengkapi dengan sebuah perpustakaan dengan berbagai kolek buku-buku serta Pusat Kepemudaan. Selain buku, tempat ini juga menawarkan berbagai kursus pelatihan beberapa cabang olahraga untuk anak-anak dan remaja.

5. Aktivitas Dharma Buddhis

Thailand adalah rumah bagi sebagian besar umat Buddha. Negara ini tercatat memiliki 75,45% pemeluk agama Buddha dari total populasi. Sehingga berbagai kuil serta kegiatan sosial keagamaan sangat mudah dijumpai di sini. Anda dapat ikut berpartisipasi dalam aktivitas sosial pada hari Minggu setiap akhir bulan berupa menawarkan makanan kepada para Biksu. Atau bagi Anda yang juga beragama Buddha dapat langsung mendengarkan cerama ajaran Buddha oleh guru setempat.

6. Patung Raja Rama VI

Selain pepohonan hijau, danau, dan perpustakaan, taman ini juga memiliki patung Raja Vajiravudh yang dibangun pada tahun 1942 untuk memperingati pembangunan taman. Patung ini sudah menjadi ikon bagi taman Lumpini. Anda dapat berfoto selfie dengan latar belakang patung bersejarah ini.

Acara dan Atraksi Wisata di Lumpini Park

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @nikcyclist on

Ketika malam menjelang, taman Lumpini berubah menjadi malam yang penuh dengan kegiatan. Kelas Aerobik, pedagang kaki lima, serta berbagai rekreasi luar ruangan diselenggarakan di sini. Terdapat satu acara tahunan yang rutin diselnggarakan di Lumpini Park yaitu Bangkok Symphony Orchestra yang tampil di area taman palm.

Daya tarik lain dari taman ini adalah pasar malam yang sudah sangat populer dikalangan warga lokal dan wisatawan. Suan Lum Night Bazaar adalah salah satu pasar malam yang cukup terkenal dan berada di dekat Lumpini Park yaitu berlokasi di jalan Ratchada. Dengan sedikitnya ruang terbuka hijau di pusat kota Bangkok, maka Taman Lumpini menjadi primadona bagi beberapa orang untuk menghabiskan akhir pekan.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Belanja di Ho Chi Minh Vietnam

Beberapa Tempat Wisata Terdekat dari Lumpini Park

Liburan ke Bangkok Thailand bisa jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Selain Lumpini park, Anda juga dapat melihat beberapa tempat wisata menarik lainnya yang berlokasi tidak jauh dari taman ini. Tempat wisata populer untuk dikunjungi dekat Lumpini Park Bangkok di antaranya yaitu:

1. The Grand Palace

 

View this post on Instagram

 

A post shared by CIEE Teach Abroad (@cieeteach) on

Terletak di jantung kota Bangkok, Grand Palace adalah sebuah bangunan mempesona yang menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia. Bangunan ini merupakan kombinasi antara gaya arsitektur Thailand dan Eropa. Beberapa Raja Siam pada zaman dahulu tinggal di istana ini. Namun sekarang The Grand Palace hanya digunakan untuk upacara-upacara kerajaan saja.

Jarak dari Taman Lumpini: 7 kilometer

2. Wat Arun Temple

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Saana Saltevo 🇫🇮 (@saanas.s) on

Wat Arun Temple atau yang berarti Kuil Fajar adalah salah satu kuil Buddha yang paling terkenal di Bangkok Thailand. Terletak di tepi barat Thonburi di SUngai Chao Phraya. Kuil ini juga merupakan salah satu simbol negara Thailand yang paling banyak difoto. Mengingat pentingnya kuil ini bagi pariwisata Thailand, maka jangan lewatkan untuk mampir ke tempat ini ketika liburan ke Bangkok.

Jarak dari Taman Lumpini: 6 kilometer

3. Madame Tussauds Museum Thailand

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @doron_makaron on

Museum Madame Tussauds Thailand juga merupakan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika pergi ke Bangkok. Anda dapat menemukan patung-patung lilin dari selebritas dan tokoh dunia terkenal di sini. Selain itu, hal yang paling populer dari museum ini adalah Anda dapat menyentuh serta berfoto bahkan berpelukan dengan patung tersebut.

Museum ini memiliki 10 zona dan menampilkan lebih dari 90 koleksi patung lilin. Para pengunjung akan menikmati lantunan musik band-band rock and pop agar kunjungan Anda ke museum semakin berkesan dan terasa nyata. Sehingga membuat museum ini menjadi jauh lebih dari sekedar museum lilin.

Jarak dari Taman Lumpini: 2,5 kilometer

4. Baiyoke Sky Tower

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Henry (@henryqd2015) on

Baiyoke Sky Tower merupakan bangunan tertinggi di Thailand saat ini. Gedung ini juga menawarkan hotel dengan pemandangan yang tertinggi di Bangkok, yaitu Baiyoke Sky Hotel. Selain hotel, gedung ini juga difasilitasi dengan pusat perbelanjaan, hiburan, serta tempat makan yang populer. Anda dapat menikmati pemandangan kota Bangkok secara 360 derajat dari dek observasi yang berada di lantai 84. Untuk mencapai gedung tertinggi ini Anda dapat menaiki Sky Train ke Stadion Chidlom dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Jarak dari Taman Lumpini: 2,5 kilometer

Travel Tips Lumpini Park Thailand

Meskipun gratis aliastidak dipungut biaya apapun, namun Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ketika akan mengunjungi Lumpini park di Bangkok, yaitu:

  • Hewan peliharaan tidak diperbolehkan untuk memasuki area taman.
  • Dilarang membuang sampah sembarangan yang akan mengotori lingkungan. Taman ini difasilitasi dengan beberapa tong sampah di sudut-sudut tertentu.
  • Merokok dan minum-minuman beralkohol sangat dilarang di taman ini.
  • Setelah jam tutup, Anda disarankan tidak memasuki area taman.

Cara Menuju Taman Lumpini di Bangkok

Taman yang berlokasi di pusat kota Bangkok ini relatif sangat mudah untuk dituju. Cara terbaik untuk mencapai Taman Lumpini adalah dengan menggunakan MRT dan turun di stasiun Silom atau stasiun Lumpini. Taman ini terletak di antara Jalan Ratchadamri dan Jalan Witthayu. Bandara Internasional Bangkok atau Bandar Udara Suvarnabhumi berjarak sekitar 38 kilometer dari taman ini. Berikut adalah nomor bus umum yang berhenti di taman Lumpini:

  • Jalan Rama IV: 4, 14, 47, 67, 74, 76, 106, 109, 115, dan Por Oor 7
  • Jalan Witthayu: 13, 17, 62, 76, dan 106
  • Bus Jalan Sarasin No. 13, 76, dan 106
  • Jalan Ratchadamri: 14, 15, 74, 77, 119, Por Oor 4, dan Por Oor 5
Baca Juga:  10 Tempat Wisata Situs Warisan UNESCO di Australia

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini