Panduan Liburan Ke Singapura Untuk Pemula 5/5 (1)

0
33
Panduan Liburan Ke Singapura Untuk Pemula
Panduan Liburan Ke Singapura Untuk Pemula - ©koalahero.com

Nongki.net – Singapura adalah sebuah negara pulau yang terletak di sebelah selatan Semenanjung Malaysia. Negara yang memiliki luas sebesar 722,5 kilometer persegi ini memang menjadi negara tujuan liburan favorit masyarakat Indonesia. Selain karena dekat, Singapura juga cocok untuk pemula yang baru pertama kali mencoba liburan ke luar negeri. Pada artikel kali ini, Nongki.net akan memberikan panduan bagi Anda para pemula yang akan melakukan liburan ke Singapura.

Yang Harus Diperhatikan Saat Liburan Ke Singapura

Beda negara pasti akan berbeda pula peraturan dan kebiasaan penduduknya. Oleh karena itu, sebelum Anda berlibur ke Singapura, ada baiknya untuk membaca panduan agar tidak melakukan kesalahan yang akan merugikan Anda sendiri. Apa saja yang harus diperhatikan? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Anti Mainstream di Singapura

1. Lengkapi Kartu Imigrasi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan setibanya di Bandara Changi Singapura adalah mengisi Embarkation Card atau kartu kedatangan selengkap mungkin.

Kartu ini biasanya akan kamu dapatkan saat di dalam pesawat yang dibagikan oleh pramugari. Atau kamu juga bisa meminta atau mengambilnya sendiri di stand imigrasi ketika sampai di bandara.

Yang perlu Anda perhatikan sebagai pemula yang baru pertama kali liburan ke Singapura adalah isi kartu tersebut selengkap mungkin sesuai petunjuk.

Hal ini dimaksudkan agar Anda terhindar dari bolak-balik karena tuntutan pengisian oleh petugas imigrasi. Setelah dokumen telah siap, Anda dapat langsung mengambil antrian di belakang garis kuning sampai tiba giliran Anda untuk menghampiri petugas.

Sebaiknya hindari untuk bermain HP, makan atau melakukan kegiatan yang mencurigakan selama proses ini.

Dan hal terakhir yang perlu Anda ingat adalah menyimpan potongan dokumen jangan sampai hilang. Karena harus dikembalikan saat Anda akan pulang nanti.

2. Jangan Malu Mengambil Brosur Wisata di Bandara

Ketika sampai di Bandara, mungkin Anda akan banyak sekali menjumpai brosur-brosur wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola.

Selain sebagai informasi, brosur-brosur tersebut juga berisi berbagai daftar tempat wisata hingga peta Singapura.

Anda juga dapat mencari informasi transportasi bus, MRT dan rekomendasi restoran dari brosur tersebut.

Perlu Anda ketahui pula jika brosur tersebut tersedia dalam berbagai bahasa. Anda dapat mengambil sesuai dengan bahasa yang paling Anda kuasai.

3. Menggunakan EZ Link untuk Semua Transportasi Umum

Kartu EZ Link digunakan untuk semua transpotasi umum di Singapura
Kartu EZ Link digunakan untuk semua transpotasi umum di Singapura

Sama seperti di Indonesia khususnya di Jakarta yang sudah mulai banyak menggunakan e-money untuk pembayaran transportasi umum. Di Singapura juga berlaku untuk pembayaran elektronik bernama EZ Link.

Prinsipnya sama saja yaitu digunakan untuk membayar MRT, LRT, bus, hingga monorel ke Sentosa Island.

Bahkan sekarang EZ Link dapat Anda gunakan juga untuk pembayaran berbagai transaksi perbelanjaan.

Kabar baiknya adalah kartu EZ Link yang biasa dibeli di dekat stasiun MRT disana, kini sudah tersedia di Indonesia. Sehingga Anda dapat mempersiapkannya tersebih dahulu sebelum liburan ke Singapura.

Baca Juga:  Jewel Bandara Changi: Kebanggaan Baru Wisata Singapura

4. Biasakan Tertib Menggunakan Transportasi Umum

Panduan menggunakan transportasi umum untuk pemula yang akan liburan ke Singapura
Panduan menggunakan transportasi umum untuk pemula yang akan liburan ke Singapura

Berbicara soal transportasi umum, jangan bayangkan seperti di Indonesia. Anda mungkin sering melihat menyerobot antrian atau berdiri di depan pintu masuk saat akan masuk ke kendaraan.

Tinggalkan semua kebiasaan tersebut jika Anda akan berlibur ke Singapura. Budaya antri dan tertib sudah menjadi keseharian warga lokal di sana. Sehingga Anda harus mengikuti kebiasaan tersebut.

Dahulukan penumpang turun ketika Anda ingin naik transportasi umum. Jangan berjubel atau berdiri di depan pintu masuk. Sehingga arus lalu lintas orang menjadi lebih tertata dan rapih.

5. Sediakan Botol Kosong Untuk Mengisi Air Minum

Jika di Indonesia Anda akan mudah membeli air mineral kemasan maka Anda akan berpikir 2 kali saat berada di Singapura. Air mineral memang mudah ditemukan di minimarket atau pedagang asongan pinggir jalan.

Namun jangan kaget jika harganya yang lumayan saat akan membelinya. Rata-rata harga air mineral di sana bisa sampai 2 dollar Singapura atau sekitar 20.000 rupiah (kurs: Rp 10.000).

Tapi tenang saja, Anda masih dapat berhemat dengan cara membawa botol air atau tumbler kemana pun Anda pergi. Karena ada banyak sekali tempat pengisian air minum secara gratis yang tersebar di beberapa lokasi.

Bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas, tentu hal ini bisa menghemat budget liburan Anda saat pergi ke Singapura. Hemat bukan?

6. Sediakan Tisu Basah Saat Ke Toilet

Sebagai orang Indonesia, kita pasti sudah terbiasa dengan cebok menggunakan air sehabis ke toilet.

Di Singapura, Anda akan menemukan banyak toilet kering alias tidak disediakan jet washer atau hanya menggunakan tisu.

Di beberapa tempat memang akan dijumpai toilet jongkok dengan air. Namun jika tidak maka Anda wajib membawa tisu basah atau botol berisi air saat akan pergi ke toilet.

Supaya Anda tetap nyaman seharian berkeliling Singapura sehabis menggunakan toilet kering.

7. Selalu Patuhi Peraturan

Singapura memang terkenal dengan negara sejuta peraturan. Hal ini membuat warga negaranya menjadi sangat disiplin dan taat terhadap segala peraturan.

Tentunya di sini Anda tidak boleh sembarangan. Karena akan banyak sekali CCTV yang akan mengawasi Anda kapan pun dan dimana pun.

Seperti tidak boleh makan dan minum di stasiun MRT, di dalam gerbong, bahkan di dalam bus.

Tidak boleh membuang sampah sembarangan, apalagi meludah sembarangan. Berjalan eskalator di sisi sebelah kiri jika ingin berhenti dan sisi kanan jika sedang terburu-buru.

Menyebrang di area zebra cross, dilarang merokok di tempat umum selain pada tempatnya, dan masih banyak lagi.

Lift untuk menuju stasiun adalah diperuntukan oleh orang berkebutuhan khusus. Jika melanggar maka Anda akan dicap sebagai orang “Alay” oleh warga lokal. Bahkan beberapa akan dikenakan denda yang jumlahnya tidak sedikit.

Oleh karena itu, bagi Anda para pemula yang baru pertama kali ingin berlibur ke Singapura. Ada baiknya jika membaca banyak referensi tentang negara tersebut.

Anda tentu tidak inginkan momen liburan Anda menjadi berantakan karena tidak tahu atau bahkan melanggar peraturan disana.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk pergi ke Singapura. Selamat berlibur!

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Terbaik Ketika Berlibur ke Roma Italia

Please rate this