Nongki.net – Merlion adalah salah satu simbol atau lambang yang paling dikenal oleh para wisatawan ketika berlibur ke Negara Singapura. Merlion merupakan hewan mitos berbentuk Kepala Singa dengan Badan Ikan. Nama Merlion merupakan gabungan dari Mermaid (Ikan Duyung) dan Lion (Singa). Patung ini telah menjadi simbol penting bagi wisata dan Negara Singapura.

Patung Merlion dirancang oleh seniman terkenal bernama Fraser Brunner pada tahun 1964 melalui projek dari Badan Pariwisata Singapura. Kemudian pada tanggal 15 September 1972, Patung Merlion diresmikan oleh perdana menteri Lee Kuan Yew. Hingga kini Merlion merupakan merek dagang dari pariwisata dan Negara Singapura. Patung Merlion asli dapat Anda temukan di mulut Sungai Singapura.

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan mengupas secara lebih dalam dan terperinci mengenai segala hal tentang Patung Merlion sebagai simbol wisata dan Negara Singapura. Penting bagi Anda untuk mengetahui tentang Merlion sebelum merencanakan pergi berlibur ke Singapura. Apa saja info menariknya? Yuk kita simak artikel berikut ini!

Baca Juga:  9 Tempat Wisata Instagramable Terbaik di Singapura

Sejarah dan Informasi Umum Tentang Patung Merlion

Menurut Badan Pariwisata Singapura, mahluk mitos berkepada singa dan bertubuh ikan ini merupakan simbol dari penggalan cerita tentang Sang Nila Utama yang legendaris. Sang Nila Utama dikisahkan sebagai putra dari pasangan Sang Sapurba dengan Wan Sundaria. Saat sedang melakukan perburuan dalam perjalanannya menuju Malaka, Sang Nila Utama melihat seekor hewan aneh bertubuh merah, kepala hitam dengan wajah tampan dan bergerak lincah kemudian menghilang ke dalam hutan.

Dia lalu bertanya kepada salah seorang menteri tentang hewan tersebut. Sang menteri menjawab bahwa hewan tersebut mungkin seekor singa. Sang Nila Utama merasa senang dan menganggap hal tersebut sebagai pertanda baik. Ia lalu memutuskan untuk membangun kota baru di pulau yang dulunya bernama Temasek ini. Saat ini kota Temasek dikenal sebagai negara maju bernama Singapura yang berarti Kota Singa. Berikut adalah informasi umum mengenai patung Merlion Utama yang asli di Singapura.

Tinggi dan Berat: 8,6 meter dan 70 Ton

Perancang: Fraser Brunner

Tanggal Persemian: 15 September 1972

Lokasi: Merlion Park

Jam Operasional: Buka 24 jam setiap hari

Harga Tiket Masuk: Gratis

Berapa Jumlah Patung Merlion di Singapura?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Solomon (@solomonwong) on

Patung Merlion ternyata bukan hanya satu-satunya di Negara Singapura. Ikon hewan mitos simbol pariwisata Singapura ini nyatanya tersebar di beberapa tempat di seluruh penjuru Singapura. Lantas ada berapa jumlah Merlion di Singapura? Berdasarkan Badan Pariwisata Singapura atau Singapore Tourism Promotion Aboard, terdapat 5 Patung Merlion resmi yang diakui oleh pemerintah Singapura. Berikut adalah 5 patung Merlion resmi yang tersebar di Negara SIngapura:

  1. Original Merlion Statue: Patung Merlion setinggi 8,6 meter yang berlokasi di Merlion Park merupakan versi asli dan yang paling terkenal di Negara Singapura.
  2. Baby Merlion: Merlion berukuran 2 meter ini berdiri tepat di belakang Original Merlion Statue. Patung yang memiliki ukuran lebih kecil ini merupakan Merlion yang juga diakui oleh pemerintah Singapura.
  3. Tallest Merlion at Sentosa: Patung Merlion resmi selanjutnya adalah yang terletak di Pulau Sentosa. Patung ini juga sekaligus yang tertinggi dengan ukuran mencapai 37 meter.
  4. Mini Merlion at Mount Faber: Patung mini berukuran 3 meter ini terletak di wilayah Gunung Faber. Patung ini juga merupakan Merlion asli yang diakui oleh pemerintah Singapura.
  5. The three-metre-tall glazed polymarble statue: Patung Merlion asli yang terakhir adalah sebuah patung yang berlokasi di Tourism Court dekat dengan Jalan Grange (Grange Road). Patung Merlion kaca setinggi 3 meter ini selesai dibangun pada tahun 1995.

Atraksi di Sekitar Patung Merlion Park

Merlion merupakan simbol ikonik dari pariwisata dan Negara Singapura. Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke Singapura namun tidak berkunjung ke Merlion Park. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali pergi ke Singapura, berikut adalah atraksi yang dapat Anda nikmati di sekitar Merlion Park.

1. Mengelilingi Merlion Park

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ChiaYing Sun (@sunchiaying) on

Merlion Park adalah atraksi utama di Singapura. Di tempat ini, Anda akan menemukan Patung Merlion Original yang mengeluarkan pancuran air yang keluar dari mulut patung. Terdapat sebuah dermaga kecul yang memungkinkan Anda untuk berfoto selfie dengan latar belakang Merlion. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata instagramable yang ada di Singapura.

2. Melihat Pertunjukan Laser dan Air di Marina Bay

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Things to do in Singapore (@things2doinsingapore) on

Ketika malam menjelang, siap-siap untuk menyambut pertunjukan yang spektakuler di Singapura. Anda dapat menonton cahaya laser yang disorot dari atas gedung Marina Bay Sands. Marina Bay Sands adalah sebuah landmark berupa 3 gedung kembar dengan dock yang menyerupai perahu pada bagian atas ketiga gedung tersebut. Selain pertunjukan cahaya, Anda juga dapat menikmati pertunjukan air yang juga bisa disaksikan dari Merlion Park.

Jadwal Light and Water Show:

  • Minggu hingga Kamis pukul 20.00 dan 21.00
  • Jumat dan Sabtu pukul 20.00, 21.00, dan 22.00

Akses Menuju Merlion Park

Merlion Park memang tidak dilintasi oleh jalur MRT, namun bukan berarti Anda akan kesulitan untuk menuju tempat wisata ini. Anda dapat menggunakan transportasi umum lainnya yaitu bus. Stasiun bus terdekat dari Merlion Park adalah Fullerton Sq. Sedangkan jika Anda tetap ingin menggunakan MRT, maka stasiun MRT terdekat adalah Raffles Place. Selain menggunakan 2 pilihan tersebut, Anda juga bisa memesan taksi online seperti grab agar lebih mudah dan cepat, namun dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Warisan Budaya Asia di Singapura

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini