Nongki.net – Indonesia seakan tidak pernah kehabisan pesona untuk menarik para wisatawan. Jika umumnya pasir di pantai berwarna putih atau abu kehitaman, tidak demikian halnya dengan pasir yang ada di dua pantai ini. Adalah Pantai Tangsi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Pantai Pink di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kedua pantai tersebut memiliki pesona yang berbeda karena pasir pantainya yang berwarna merah muda. Anda boleh bangga, karena dari tujuh pantai berpasir pink yang ada di dunia, dua di antaranya berada di Indonesia.

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas seputar 2 pantai berpasir pink yang terletak di Lombok Nusa Tenggara Barat dan Flores Nusa Tenggara Timur. Apa saja fakta dan keseruan dari kedua pantai pink ini? Penasaran? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  10 Hal Tentang Wisata Lombok Yang Harus Anda Ketahui

Asal Usul Pasir Berwarna Pink di Lombok NTB dan Flores NTT

Warna pink atau merah muda yang ada di dua pantai tersebut akan sangat terlihat jika terkena air laut. Semburat warna pink tersebut terlihat paling jelas di bibir pantai, yang paling banyak terkena air laut dan terpapar sinar matahari.

Beberapa sumber menjelaskan bahwa warna pink ini berasal dari hewan mikroskopik yang bercampur dengan air laut. Ada pula yang menjelaskan bahwa butiran pink tersebut berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati yang kabarnya memang banyak ditemukan di sekitar kedua pantai tersebut.

Pantai Tangsi, Pantai Pasir Pink di Lombok NTB

Sama seperti di Flores, di Lombok Pantai Tangsi lebih sering disebut sebagai Pantai Pink. Pantai yang terletak desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, kota Mataram ini menjadi salah satu destinasi tempat wisata paling favorit ketika berlibur ke Lombok. Untuk mencapai pantai tersebut terdapat 2 jalur yang bisa Anda pilih yaitu jalur darat dan laut. Jika Anda memilih jalur laut, Anda diharuskan menaiki perahu dari pelabuhan nelayan Tanjung Luar. Perjalanan ini akan menempuh sekitar 1 jam menggunakan perahu. Sebelum sampai di Pantai Pink menggunakan jalur ini, Anda dapat menjumpai spot-spot menarik seperti Pulau Pasir, Gili Petelu, dan Pantai Sabui.

Sedangkan jalur kedua adalah menggunakan mobil dari Kota Mataram menuju Pantai Tanjung Ringgit. Lokasi pantai ini sangat berdekatan dengan Pantai Tangsi yang berpasir merah muda. Namun karena kondisi jalanan yang sedikit rusak membuat waktu tempuh akan memakan 2 jam perjalanan. Pintu masuk ke pantai ini, terdapat di 1 kilometer sebelum wisatawan memasuki pantai Tanjung Ringgit, atau sebelum sampai di Pintu masuk pantai Tanjung Ringgit, akan terlihat di pinggir jalan sebuah rambu yang bertuliskan “Pantai Pink 50 meter”.

Keseruan Saat Mengunjungi Pantai Pink di Lombok NTB

Cantiknya Pantai Tangsi, Pantai Pasir Pink di Lombok NTB
Cantiknya Pantai Tangsi, Pantai Pasir Pink di Lombok NTB

Pantai Tangsi dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi, sehingga wisatawan dapat menikmati panorama alam dari atas tebing. Selain pasirnya yang berwarna pink, kekayaan bawah laut pantai ini juga sangat menawan. Tak perlu menyelam terlalu jauh, karena hanya dengan bersnorkeling anda sudah dapat menikmati keindahan berbagai biota laut di pantai ini. Ombaknya yang tenang akan membuat siapapun merasa nyaman ketika berenang ataupun sekedar bermain air di Pantai Tangsi ini.

Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat pantai berwarna merah muda di Lombok ini masih sangat bersih dan terjaga keindahannya. Namun fasilitas di sekitar pantai ini masih minim. Sehingga Nongki.net sarankan untuk menyiapkan perbekalan seperti persedianan air minum dan makanan sebelum pergi ke Pantai Tangsi. Penginapan dan warung masih belum banyak tersedia di sekitar pantai. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk datang sepagi mungkin dan pulang sebelum gelap untuk menuju hotel atau penginapan di pusat kota. Meskipun begitu, tidak akan mengurangi keseruan untuk pergi ke pantai ini. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai pink diantaranya yaitu snorkeling, memancing, dan menyelam. Atau bahkan mendaki bukit untuk melihat pemandangan pantai dari ketinggian.

Baca Juga:  Deretan 8 Pantai Terbaik di Pulau Dewata Bali

Pesona Pantai Pink di Flores NTT

Sementara itu, tidak kalah dengan Pantai Tangsi di Lombok NTB, Flores di NTT pun memiliki pantai berpasir pink yang memesona. Pantai yang terletak di Labuan Bajo, Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur juga ini juga memiliki pasir yang berwarna merah muda. Untuk menuju ke Lokasi, para wisatawan memang harus memanfaatkan beberapa moda transportasi. Karena keberadaannya di pulau yang dikelilingi oleh pantai-pantai. Untuk mencapai Pantai Pink di Flores, Anda dapat berangkat dengan menyeberang dari Labuan Bajo menuju Taman Nasional Komodo, dilanjutkan dengan menyeberang dalam waktu 30 menit dengan kapal dari dermaga di Loh Liang.

Pesona dan Keunikan Pantai Berpasir Pink di Flores NTT

Pantai berpasir pink di wilayah taman nasional komodo Flores NTT
Pantai berpasir pink di wilayah taman nasional komodo Flores NTT

Selain karena warna pasirnya yang unik, keindahan biota lautnya mudah dinikmati tanpa harus menyelam. Cukup dengan ber-snorkeling di sekitar pantai, Anda sudah dapat melihat keindahan terumbu karang dan ikan warna-warni yang cantik. Dengan air lautnya yang sejernih kristal menjadikan pantai ini memiliki perpaduan sempurna sebagai tempat wisata paling unik dan fenomenal bukan hanya di Indonesia tetapi juga hingga ke mancanegara.

Wilayah Flores dikenal dengan iklimnya yang kering, itu sebabnya banyak sabana yang bisa ditemukan d daerah ini, termasuk Pulau Komodo. Jika wisatawan ingin memiliki angle unik lainnya untuk berfoto, sebaiknya naik ke atas bukti sabana. Dari atas bukit, para turis dapat melihat keindahan lokasi wisata ini. Air laut yang biru dan juga barisan koral di bagian pesisirnya. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat sekeliling pulau dari atas bukit yang tentu saja menakjubkan untuk tidak diabadikan. Itulah beberapa fakta dan keunikan dari 2 pantai berpasir merah muda yang terdapat di Lombok NTB dan Flores NTT Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini akan menambah wawasan dan kecintaan Anda terhadap dunia pariwisata Indonesia. Selamat berlibur!

Baca Juga:  5 Pulau Favorit di Wisata Taman Nasional Komodo

Please rate this