Pesona Wisata Pulau Sentosa Singapura No ratings yet.

0
150
Pesona Wisata Pulau Sentosa Singapura - ©mariplesir.blogspot.com
Pesona Wisata Pulau Sentosa Singapura - ©mariplesir.blogspot.com

Nongki.net – Singapura memang selalu menawarkan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Sentosa atau Sentosa Island. Pulau yang dahulunya memiliki nama Pulau Blakang Mati ini adalah sebuah pulau resort paling terkenal di Singapura.

Pada zaman dahulu, pulau ini digunakan sebagai markas militer Inggris dan sebuah penjara perang pada zaman Jepang. Pada tahun 1972, Pemerintah Singapura mengubah nama menjadi Sentosa dan dijadikan destinasi wisata. Pulau ini telah menyumbangkan 20 juta pengunjung setiap tahunnya.

Ada begitu banyak tempat wisata di pulau seluas 4,71 kilometer persegi ini diantaranya yaitu The Merlion, Universal Studios Singapore, Resort World Sentosa, Casino, Lapangan Golf dan tentu saja pantai.

Pada tahun 2018, mata seluruh penduduk dunia tertuju pada Pulau Sentosa karena pulau ini terpilih menjadi tempat pertemuan pertama antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dengan Presiden Korea Utara, Kim Jong Un untuk membahas nuklir korut. Peristiwa bersejarah ini tentu saja menjadikan Pulau Sentosa semakin dilirik oleh wisatawan dunia.

Baca Juga:  Legoland Malaysia, Wisata Edukatif Untuk Keluarga

4 Kawasan Utama Pulau Sentosa

Secara garis besar Pulau Sentosa terbagi menjadi empat kawasan utama yaitu Imbiah Lookout, Siloso Point, Kawasan Pantai dan Resort World Sentosa. Semua kawasan ini menawarkan banyak sekali tempat wisata. Apa saja? Berikut Nongki.net rangkum dari beberapa sumber tentang pesona wisata Pulau Sentosa. Yuk kita simak artikel selengkapnya!

1. Kawasan Imbiah Lookout

Imbiah Lookout adalah sebuah kawasan paling besar dan terletak tepat di jantung Pulau Sentosa. Di kawasan ini terdapat 11 atraksi wisata menarik yang wajib Anda kunjungi diantaranya yaitu Madame Tussauds Singapore, Taman kupu-kupu dan kerajaan serangga, Images of Singapore. Kemudian terdapat juga Patung Merlion yang menjadi ikon negara Singapura, Sentosa 4D Adventureland, Sentosa CineBlast, Mega Adventure Park, Sentosa Luge and Skyride dan The Flying Trapeze.

  • Madame Tussauds Singapore

Madame Tussauds Singapore dibuka pada tanggal 25 Oktober 2014. Madame Tussauds adalah museum patung lilin paling populer yang berpusat di London Inggris. Museum ini berisi koleksi patung lilin dari beberapa tokoh dan artis terkenal di dunia. Sedangkan di Madame Tussauds Singapura sendiri memiliki 5 zona utama yaitu zona musik yang berisi penyanyi terkenal, zona sport yang memiliki koleksi olahragawan terkenal, zona pemimpin dan sejarah, zona film dan tv, dan terakhir adalah zona a-list party.

  • Images of Singapore

Images of Singapore adalah sebuah museum yang menampilkan budaya dan sejarah Negara Singapura dari waktu ke waktu. Mulai dari periode kolonialisme Inggris, pemerintahan Malaysia, penjajahan Jepang, hingga era kemerdekaan dan pemerintahan perdana menteri pertama Singapura Lee Kuan Yew. Semuanya disuguhkan dalam tampilan multi media, pertunjukan teater layar lebar, serta lukisan dan foto-foto.

Pada zaman dahulu, bangunan museum ini difungsikan sebagai rumah sakit militer yang digunakan antara tahun 1893 hingga 1950. Setelah merdeka gedung ini dialih fungsikan sebagai museum dan dibuka pada tahun 1983.

  • Taman kupu-kupu dan kerajaan serangga

Taman kupu-kupu dan kerajaan serangga adalah sebuah taman lanskap yang memiliki koleksi lebih dari 15.000 kupu-kupu yang terdiri dari 50 spesies. Taman yang dibuka pada bulan Juni 1987 ini juga menjadi rumah bagi sekitar 3.000 spesies serangga langka dari seluruh dunia. Termasuk hewan kumbang jenis Dynastes Hercules yang memiliki panjang 160 mm.

Taman ini sangat cocok bagi Anda yang pergi berlibur bersama keluarga terutama anak-anak. Karena selain melihat keindahan kupu-kupu, taman ini juga memberikan wisata edukatif kepada pengunjungnya.

  • Sentosa 4D Adventureland

Sentosa 4D Adventureland adalah sebuah teater empat dimensi pertama di wilayah Asia Tenggara. Teater yang dibuka pada bulan Januari 2006 ini menelan biaya hingga 3,5 juta dollar Singapore. Sentosa 4D Adventureland ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih seperti proyeksi digital dan sistem suara DTS 6.1. Para pengunjung yang menonton akan duduk di kursi berbaris yang dapat bergerak mengikuti alur film yang sedang ditampilkan.

Film yang dipertunjukan pun bukan sembarang film, karena memiliki efek visual yang seolah-olah gambar keluar dari layar. Selain itu efek lingkungan dan suara membuat film tersebut seperti hidup dan nyata.

Baca Juga:  10 Tempat Nongkrong Kuliner Hits Di Bogor

2. Kawasan Siloso Point

Kawasan kedua dari Pulau Sentosa adalah Siloso Point. Di tempat ini, Anda akan disajikan keindahan alam bawah laut. Selain itu terdapat juga Laguna Lumba-lumba dan Combat Skirmis Live

3. Kawasan Pantai

Kawasan ketiga dari Pulau Sentosa dalah wisata pantai. Kawasan ini terkenal dengan pantai berpasir putih yang sangat lembut dan gelombang air yang tenang. Sehingga sangat cocok menjadi tempat untuk berenang dan berjemur di bawah terik matahari.

4. Kawasan Resort World Sentosa

Kawasan terakhir dari Pulau Sentosa adalah Resort World Sentosa. Kawasan ini mencakup Universal Studio, Merlion Park, Lake Of Dream, dan masih banyak lagi. Perlu Anda ketahui, sebagian besar tempat wisata di Pulau Sentosa adalah wisata yang berbayar. Anda akan dikenakan tiket masuk untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Sehingga apabila Anda ingin berhemat, disarankan untuk memilih beberapa tempat wisata gratis yang tidak dikenakan biaya apapun.

Berikut adalah pilihan destinasi wisata gratis yang ada di pulau sentosa: Monumen Bola Dunia yang ada berada di depan Universal Studio, Siloso Beach Sentosa dan Merlion Walk Sentosa Island.

Baca Juga:  VIDEO: Melirik Megahnya Singapura Dari Skypark Marina Bay Sands

Akses Menuju Pulau Sentosa Singapura

Terdapat beberapa cara akses untuk menuju Pulau Sentosa dari daratan utama Negara Singapura. Anda dapat memilih salah satu dari empat alternatif yang tersedia. Berikut adalah 4 akses menuju Pulau Sentosa Singapura:

1. Menggunakan Sentosa Express

Sentosa Express adalah sebuah kereta yang akan mengantarkan Anda dari Singapura menuju Pulau Sentosa. Untuk menggunakan alat transportasi ini Anda dapat menuju Vivo Mall lantai tiga. Setelah itu membeli tiket seharga kurang lebih 3 dollar Singapura yang dapat Anda beli dari loket penyeberangan.

2. Cable Car

Cara berikutnya adalah Anda dapat menaiki cable car atau kereta gantung. Alat transportasi ini adalah salah satu yang favorit bagi para pengunjung. Karena dengan menggunakan kereta gantung ini, Anda akan disuguhkan pemandangan Singapura dari ketinggian.

Perjalanan pun seakan menjadi tidak terasa karena sepanjang jalan mata Anda akan terpesona dengan keindahan Singapura. Namun Anda perlu merogoh kocek yang lebih dalam jika ingin menggunakan kereta gantung ini. Bagi orang dewasa, tiket kereta gantung seharga 26 Dollar Singapura untuk perjalanan pulang-pergi. Sedangkan bagi anak-anak, tiket pulang pergi akan dikenakan biaya sekitar 24 Dollar Singapura.

Untuk mengunakan cable car, Anda dapat mencari tower kereta gantung yang bisa Anda cari melalui papan penunjuk arah. Alat transportasi ini beroperasi mulai pukul 07.00 pagi hingga 24.00 malam.

3. Bus RWS (World Resort Sentosa)

Jika Anda menginginkan alat transportasi yang lebih murah dan cepat, maka bus RWS adalah pilihan yang cocok. Hanya dengan tiket sebesar 2 Dollar Singapura. Anda sudah dapat duduk manis menuju Pulau Sentosa pulang dan pergi.

Bus ini dapat Anda akses melalui halte yang berada di depan Vivo Mall atau Harbour Front. Bus ini akan mengantarkan penumpang mulai dari jam 06.00 pagi hingga 23.00 malam.

4. Jalan Kaki

Pilihan terakhir yang santai dan sehat adalah dengan berjalan kaki. Anda dapat berolahraga sekaligus melatih otot kaki sambil memanjakan mata dengan pemandangan sekitar.

Namun ada sedikit biaya saat Anda menyebrang melewati jembatan Sentosa Boardwalk, yaitu 1 Dollar Singapura saja. Info lengkap lainnya, Anda dapat melihat di situs resmi Pulau Sentosa, silakan klik di sini.

Baca Juga:  4 Destinasi Gratis Saat Liburan Ke Singapura

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here