Raja Ampat: Surga Bawah Laut dan Wisata Terbaik Papua 5/5 (1)

0
35
Raja Ampat Surga Bawah Laut dan Wisata Terbaik Papua
Raja Ampat Surga Bawah Laut dan Wisata Terbaik Papua - ©brilio.net

Nongki.net – Anda pasti tahu kalau banyak orang telah menjadikan Raja Ampat sebagai destinasi impian mereka. Raja Ampat adalah rangkaian 4 gugusan pulau yang terletak di Provinsi Papua Barat. Raja Ampat sebagai wisata terbaik Papua terkenal dengan surga bawah laut, pantai pasir putih, burung cendrawasih, hingga keramahan masyarakat adatnya.

Pada artikel kali ini, Nongki.net akan membahas beberapa fakta dan hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang wisata terbaik di Papua ini.

Wisata Raja Ampat menawarkan banyak sekali objek alam yang bisa Anda eksplor. Mulai keanekaragaman biota laut, terumbu karang cantik, Pulau Wayag, goa-goa sebagai habitat burung Cendrawasih, dan banyak lainnya.

Lantas seperti apa sih sebenarnya Raja Ampat itu? Penasaran? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Pesona Surga Bawah Laut Raja Ampat Papua

Keindahan bawah laut Raja Ampat merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Raja Ampat menjadi rumah bagi keindahan dan keragaman terumbu karang, ikan, dan berbagai fauna laut berukuran besar.

Bahkan setiap survei underwater yang dilakukan oleh ahli biologi laut Conservation International sering menemukan jenis baru lagi.

Keanekaragaman hayati laut yang tak tertandingi membuat penyelam merasakan pengalaman menyelam yang spektakuler di surga bawah laut ini.

Keragaman kehidupan ikan, karang lunak liar berwarna-warni, taman karang luas keras yang tak tertandingi dapat memuaskan penyelam dari semua tingkatan dan kepentingan.

Selain dari ikan dan karang, ada sejumlah spesies yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Hiu Berjalan Raja Ampat, misalnya, adalah puncak pemandangan bagi sebagian besar pengunjung.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menemui spesies ubur-ubur langka yang tidak menyengat di puluhan danau laut di Raja Ampat.

Bayangkan dirimu berfoto di bawah laut di tengah kerumunan ubur-ubur ini. Epic!

Buat Anda yang belum mendapatkan lisensi menyelam atau belum berani menyelam, jangan khawatir.

Berkat kejernihan airnya, keindahan bawah laut masih bisa Anda nikmati dengan mata telanjang dari atas speedboat atau dengan kegiatan snorkeling.

Baca Juga:  Menyelami 5 Pesona Wisata Bawah Laut Ambon

Menjelajahi Laut dan Pantai Pasir Putih di Raja Ampat Papua

Menjelajahi Laut dan Pantai Pasir Putih di Raja Ampat Papua
Menjelajahi Laut dan Pantai Pasir Putih di Raja Ampat Papua

Namun, keindahan tempat wisata Papua ini bukan hanya tentang keindahan bawah lautnya.

Begitu Anda menginjakkan kaki di sini, Anda akan langsung terkagum-kagum dengan deburan ombak, pasir putih, serta kejernihan air lautnya yang memantulkan warna biru kehijau-hijauan.

Tak hanya tentang pasir putih dan laut, banyak pula hutan hujan tropis dataran rendah yang bisa Anda jelajahi.

Di dalam hutan hujan ini Anda bisa menemui spesies burung-burung eksotis seperti Kakaktua dan burung beo berwarna-warni, cendrawasih, wilson dan beberapa spesies burung endemik yang hanya ada di Raja Ampat.

Menjelajahi Raja Ampat lebih lanjut, Anda akan menemukan banyak hal menarik yang menjadikan tempat wisata ini merupakan salah satu surga dunia.

Anda akan menemukan banyak goa yang memiliki ragam ornamen goa yang beberapa di antaranya melawan gravitasi bumi.

Goa-goa ini merupakan habitat dari banyak Burung Cenderawasih.

Banyak juga yang di antaranya memiliki situs-situs lukisan dinding purba di gurat-gurat dindingnya.

Baca Juga:  11 Tempat Wisata Maluku Dengan Sejuta Pesona

Puncak Keindahan di Pulau Wayag

Puncak Keindahan di Pulau Wayag di Papua Barat
Puncak Keindahan di Pulau Wayag di Papua Barat

Puncak keindahan tempat wisata di Papua ini adalah di Pulau Wayag. Pulau ini terdiri dari gugusan pulau-pulau karst terjal yang bermunculan dari dalam laut seperti keindahan pulau-pulau Karst Phi-Phi Island, Thailand.

Pulau karang ini mempunyai air laut yang sangat jernih, sehingga kita masih bisa melihat dengan kasat mata aneka biota laut yang berada di bawah permukaan air.

Nah, menyaksikan keindahan Wayag belum lengkap jika tidak menikmatinya dari puncak pulau karang setinggi 3 meter dengan kemiringan nyaris 90 derajat.

Menaikinya memang perlu perjuangan, tapi semuanya terbayar begitu Anda sampai di puncaknya.

Masyarakat Adat Papua yang Ramah

Masyarakat Adat Papua yang Ramah terhadap Wisatawan
Masyarakat Adat Papua yang Ramah terhadap Wisatawan

Keindahan tempat wisata terbaik Papua ini semakin lengkap dengan budaya masyarakatnya yang masih asli namun ramah terhadap para wisatawan yang datang.

Keramahan khas Indonesia yang terbuka terhadap pendatang luar namun tetap menjalankan nilai-nilai tradisional adat.

Anda juga bisa melihat festival adat ataupun membeli barang-barang kesenian yang mereka hasilkan.

Anda bisa menyaksikan festival bakar batu Suku Dani atapun membeli kerajinan tangan seperti tas noken, kerajinan kayu, kerajinan batu-batuan, saly (pakaian tradisional Suku Dani), dan Batik Papua.

Tifa sebagai alat perkusi tradisional pun tersedia untuk dibawa pulang.

Datang ke Papua seperti menikmati paket lengkap pariwisata. Anda bisa menikmati wisata budaya, alam, sejarah dan laut yang indah dan membekas.

Jadi, kalau Anda memang menjadikan tempat wisata terbaik ini sebagai salah satu destinasi impian Anda, mari sisihkan uang mulai dari sekarang, karena Raja Ampat merupakan salah satu surga dunia yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga:  5 Surga Tersembunyi di Wisata Raja Ampat Papua

Please rate this