Rekomendasi 10 Tempat Wisata Papua Yang Memesona

0
502

Nongki.net – Indonesia memang tidak pernah habis menawarkan spot wisata yang menarik. Salah satunya adalah Papua, yang saat ini masih jadi urutan teratas dalam wisata Indonesia setelah pulau Bali.

Papua adalah satu kawasan di Nusantara yang begitu kaya akan sumber daya alam. Keindahan alamnya juga masih sangat asri dan terjaga. Dan tentu tidak ketinggalan, adat dan budaya Papua juga mempunyai nilai plus untuk Anda kunjungi saat liburan.

Sebetulnya tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena Papua tentunya sangat menarik untuk disinggahi. Sayang sebetulnya, kita yang masih satu negara ini belum sempat mengunjungi, sementara mereka yang dari luar negeri berbondong-bondong datang ke Papua.

Baca Juga:  Menjelajah 8 Pesona Wisata Palembang

10 Pesona Wisata Papua

Sebelumnya, Papua merupakan sebuah provinsi di wilayah Indonesia Timur. Namun pada tahun 2003, pemerintah Indonesia membagi menjadi 2 provinsi yaitu provinsi Papua Barat dan Papua Timur.

Meskipun terpisah, tidak sedikitpun mengurangi pesona keindahan tempat wisata yang eksotik yang berbeda dari wilayah lainnya di Indonesia.

Nah pada artikel kali ini, Nongki.net akan memberikan informasi mengenai berbagai destinasi menarik yang berada di pulau Papua, baik dari tempat wisata di provinsi Papua Barat maupun Papua Timur.

Berikut adalah beberapa tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi ketika pergi berlibur ke Papua.

1. Raja Ampat Papua

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ESTU SAPUTRO (@estpr) on

Tempat wisata di Papua Barat yang satu ini merupakan salah satu andalan wisata yang sudah diakui oleh dunia internasional. Raja Ampat merupakan gugusan kepulauan yang memiliki keindahan yang sangat memikat mata siapapun yang pernah ke sana.

Biota laut yang tersebar di Raja Ampat adalah hal yang menjadi incaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli biologi membuktikan bahwa Raja Ampat memiliki kekayaan berupa biota laut yang spesiesnya sangat beragam. Bahkan termasuk wilayah perairan dengan biota laut paling lengkap di dunia.

Raja Ampat merupakan wilayah dengan kumpulan beberapa gugusan pulau. Empat pulau besar yang paling terkenal yaitu Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta dan Pulau Waigeo. Dari total 610 pulau yang ada di wilayah ini, hanya 35 pulau yang berpenghuni. Sedangkan sisanya adalah pulau yang masih sangat asri dan belum tersentuh oleh kehidupan manusia bahkan sebagian besarnya belum memiliki nama.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Makassar Yang Wajib Dikunjungi

2. Danau Sentani

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tripvisto (@tripvisto_official) on

Danau Sentani terbentang di antara 2 wilayah yaitu Kota dan Kabupaten Jayapura. Danau yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar ini berada di bawah lereng pegunungan Cagar Alam Cyclops. Danau yang berada pada ketinggian 75 mdpl ini merupakan danau terluas dan paling terkenal sebagai salah satu tempat wisata Papua.

Di dalam area Danau Sentani terdapat 21 pulau yang bisa Anda kunjungi dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga sekitar. Aktivitas memancing juga merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan di danau yang kaya dengan biota laut ini. Danau yang berada di wilayah berbukit-bukit ini sangat indah untuk diabadikan pada lensa kamera Anda.

Para wisatawan yang pergi ke tempat wisata Papua ini juga menghabiskan waktu liburan mereka dengan berenang sambil menikmati pemandangan di sekitar danau. Jika Anda pergi ke Papua pada pertengahan bulan Juni Anda bisa menyaksikan festival Danau Sentani yang merupakan tradisi tahunan warga lokal.

3. Lembah Baliem

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Irvan Fadhila Putra (@irvanzfadhila) on

Tempat wisata berikutnya adalah Lembah Baliem. Lembah Baliem merupakan lembah yang berada di wilayah pegunungan Jayawijaya dan memiliki ketinggian mencapai 1600 meter di atas permukaan laut.

Lembah Baliem juga dikenal dengan nama Grand Baliem Valley dan memiliki suasana dan suhu yang sangat sejuk. Setiap bulan Agustus, masyarakat sekitar menggelar Festival Lembah Baliem yang berkisah tentang peperangan antar suku di daerah tersebut. Festival ini pertama kali digelar sejak tahun 1989. Festival biasanya berlangsung selama 3 hari dan bertepatan pada hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Di lembah ini, Anda juga bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar yang masih menjaga tradisi yaitu suku Dani dengan etnisitasnya. Selain berwisata, Anda sekaligus dapat mempelajari budaya dari warga suku di sekitar tempat wisata Papua ini.

4. Puncak Jayawijaya

 

View this post on Instagram

 

A post shared by bersahabat dengan alam (@pecinta_alampapua) on

Siapa yang mengira bahwa Indonesia tidak memiliki salju? Puncak di wilayah pegunungan Jayawijaya ini memang memiliki pemandangan seperti di Negara Swiss. Jayawijaya merupakan salah satu gunung yang sangat terkenal hingga ke luar negeri yang terletak di Papua.

Jayawijaya adalah satu-satunya gunung di Indonesia dengan puncak yang selalu memiliki salju atau disebut juga salju abadi. Bahkan tempat wisata di Papua ini menjadi salah satu lokasi pendakian populer di kalangan para pendaki professional karena memiliki keindahan dan pesona yang khas. Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mendaki hingga ke puncak, Anda cukup berfoto dari jauh dengan latar belakang gunung ini.

Baca Juga:  5 Pulau Favorit di Wisata Taman Nasional Komodo

5. Pantai Bosnik

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nando Putra (@nandoamarylly) on

Pantai yang satu ini dapat membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama berada di sana. Dari kota Biak Anda harus menempuh jarak sekitar 15 kilometer untuk menuju ke Pantai Bosnik. Hamparan pasir yang luas serta jernihnya air laut berwarna biru membuat suasana di pantai menjadi semakin menarik.

Selain itu Anda juga bisa merasakan kesejukan karena banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pinggiran pantai. Apabila Anda sedang berada di Papua, khususnya di kota Biak, kunjungilah tempat wisata Papua ini.

6. Pulau Rumberpon

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Asep Ariandi (@asepariandi) on

Salah satu tempat wisata Papua yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Pulau Rumberpon. Untuk bisa mencapai pulau ini, Anda harus menyeberang dari Manokwari menggunakan kapal selama kurang lebih 5 jam perjalanan.

Luas pulau Rumberpon memang relatif kecil yaitu hanya sekitar 6 kilometer persegi. Di sisi lain dari pulau Rumberpon juga terdapat hutan bakau yang sangat memesona. Terdapat pula padang alang-alang yang memungkinkan Anda untuk berpapasan dengan burung rusa.

7. Situs Purbakala Tapurarang

Situs Purbakala Tapurarang merupakan objek wisata arkeologi yang terletak di kabupaten Fakfak, tepatnya di Distrik Kokas. Situs ini juga dikenal dengan nama Situs Purbakala Kokas.

Di tempat ini, Anda dapat menyaksikan bukti peninggalan kehidupan masa prasejarah yaitu berupa lukisan dari telapak tangan manusia zaman prasejarah pada tebing bebatuan di daerah tersebut.

Meskipun sudah dibuat sejak ratusan tahun yang lalu, lukisan tersebut masih bisa terlihat dengan jelas sampai sekarang. Masyarakat sekitar tempat wisata Papua Barat ini memberi sebutan lukisan cap tangan merah pada lukisan tersebut karena warnanya yang seperti darah.

Lukisan cap tangan seperti ini juga memiliki kemiripan dengan lukisan dinding yang berada di Sangkulirang (Kutai Timur, Kalimantan Timur) atau di Gua Leangleang (Maros, Sulawesi Selatan).

Anda harus menempuh perjalanan darat sejauh 50 kilometer dari terminal Fakfak yang akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Baca Juga:  Bangka Belitung, Pesona Wisata Alam Khas Film Laskar Pelangi

8. Taman Wisata Alam Gunung Meja

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Daniel J. Andersen Hutapea (@andersenhutapea) on

Taman Wisata Alam Gunung Meja terletak di Kota Manokwari-Papua Barat. Di tempat ini Anda bisa menemukan beragam jenis flora dan fauna dengan suasana alam yang masih alami.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan di lokasi ini seperti hiking, trekking dan aktivitas lainnya. Hutan tropis yang satu ini memang menjadi habitat yang ideal bagi banyak jenis tumbuhan dan juga hewan. Karena itu Anda bisa menemukan ratusan jenis pohon dan berbagai tanaman langka yang sulit ditemukan di tempat lain.

9. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rikas Harsa (@rikasharsa) on

Bagi Anda yang suka dengan suasana lautan dan biota laut, Taman Nasional Cendrawasi merupakan salah satu tempat wisata Papua Barat yang wajib Anda kunjungi. Karena Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah taman nasional terluas di seluruh nusantara. Selain itu 89,8% dari taman nasional ini adalah lautan. Berbagai jenis ikan bisa Anda jumpai, termasuk ikan yang tergolong langka dan susah untuk ditemukan.

Binatang lain yang juga langka seperti penyu, duyung, paus, lumba-lumba hingga hiu juga terdapat di sana. Ada juga gua alam di dalam air dan berbagai tempat bersejarah lain di taman nasional tersebut. Selain itu potensi wisata lainnya di tempat ini adalah goa alam peninggalan zaman purba, sumber air panas belerang, air terjun, serta bangunan gereja tua.

Untuk menuju taman nasional ini, Anda dapat menggunakan kapal laut ke Manokwari atau Nabire, kemudian dilanjutkan menggunakan long boat ke lokasi taman nasional yang memakan waktu sekitar 5,5 jam.

10. Taman Nasional Lorentz

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Moch. Ihsan Hakiem (@ihsanworld) on

Taman Nasional Lorentz terletak di provinsi Papua. Taman nasional ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta hektar.

Nama Taman Nasional Lorentz diambil dari nama seorang penjelajah asal Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz. Ia menemukan taman nasional ini pada ekspedisinya yang ke sepuluh pada tahun 1909. Walaupun taman ini masih belum dipetakan dan dijelajahi, namun pada tahun 1999, taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Pasifik. Kawasan ini juga merupakan salah satu di antara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis. Kawasan ini membentang dari puncak Jayawijaya hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakaunya di laut Arafura.

Baca Juga:  11 Tempat Wisata Maluku Dengan Sejuta Pesona

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini