Resep Bika Ambon, Kue Manis Khas Medan Yang Lezat

0
688
Resep Bika Ambon, Kue Manis Khas Medan Yang Lezat - ©google.com
Resep Bika Ambon, Kue Manis Khas Medan Yang Lezat - ©google.com

Nongki.net – Bika Ambon, siapa yang tidak pernah mencoba kue satu ini? Kue ini biasanya sering disajikan dalam berbagai acara di kalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari acara keluarga, hajatan, hingga dijadikan kue oleh-oleh.

Bika ambon merupakan salah satu kue basah yang unik. Karena kue tersebut memiliki tekstur serat atau pori yang mirip sarang semut, berwarna kuning, tapi rasanya manis, kenyal serta lembut di lidah.

Zaman dahulu, bika ambon memiliki rasa yang monoton, yaitu original dan rasa pandan. Namun seiring perkembangan zaman dan kreativitas sang penjual, rasa bika ambon kini mulai variatif, seperti rasa cokelat, keju, kelapa, hingga durian.

Baca Juga:  Bikin Kangen, Ini Resep Membuat Kue Putu Bambu

Sejarah Kue Bika Ambon

Namun ada yang unik dan menarik dari kue ini, yaitu namanya. Bika Ambon. Walaupun bernama bika ambon, namun kue manis satu ini merupakan merupakan salah satu kuliner khas Medan. Lho kok bisa?

Kota Ambon berada di Indonesia bagian timur, sedangkan Medan berada di Indonesia bagian barat. Tapi mengapa kue bika ambon menjadi kue khas kota Medan?

Terdapat tiga versi sejarah, mengapa kue bika ambon justru terkenal sebagai kue khas Medan. Berikut adalah sejarah kue bika ambon:

Sejarah Nama Jl. Ambon di Kota Medan

Pertama, ada yang berpendapat bahwa kue itu dinamai Bika Ambon karena tempat pertama kali dijual dan dipopulerkan yaitu di simpang Jl. Ambon Sei Kera, Kota Medan. Seperti kita ketahui bahwa hampir tiap kota memiliki nama jalan dengan nama kota-kota Indonesia lainnya. Sebagai contoh, ada Jl. Surabaya di Jakarta.

Pada zamannya, kue tradisional ini cukup populer dan laris manis. Banyak orang mendatangi jalan Ambon untuk membeli kue bingka modifikasi ini. Dari situlah kue bingka modifikasi ini diganti menjadi “bika ambon”.

Sejarah Warga Ambon Yang Merantau Ke Malaysia

Kedua, konon pada zaman dahulu ada seorang warga Ambon yang pergi merantau ke Malaysia. Lalu ia pertama kali memperkenalkan kue khas satu ini.

Kue tersebut kemudian mendapat sambutan yang baik bagi orang-orang Negeri Jiran, karena memiliki rasa yang enak. Namun setelah kue itu terkenal, dia tidak ingin pulang ke Ambon, melainkan ke Kota Medan. Sejak saat itulah kue tersebut benama kue Ambon dari Medan.

Sejarah Kata Ambon Yang Berarti Lembut

Versi ketiga, adalah dilihat dari segi bahasa. Kue ini dinamai Bika Ambon karena makna kata “Ambon” dalam bahasa Medan berarti “lembut.” Bika Ambon menurut versi ini sebenarnya adalah kue bika yang lembut. Jika dimakan, kue ini memang terasa lembut.

Nama bika ambon sendiri bukan berarti asalnya dari kota Ambon. Konon, kue ini terinspirasi dari kue khas Melayu, yakni bingka. Bedanya, bika ambon memakai bahan pengembang sehingga bentuknya seperti spons.

Seiring berjalannya waktu, bika ambon dijual dalam beraneka bentuk. Ada persegi, lingkaran, potongan (slice), atau mini seperti kue lumpur. Bika ambon pun tidak terlalu sulit dibuat, namun anda perlu memperhatikan langkah-langkahnya dengan teliti.

Pengukuran takaran bahan juga tak boleh salah agar hasilnya sesuai harapan. Penasaran dengan tipsnya? Langsung saja cek di bawah ini.

Baca Juga:  Klepon, Kue Tradisional Yang Legendaris

Resep Membuat Bika Ambon

Tidak banyak yang mengetahui bagaimana bika ambon dapat dibuat. Kue tradisional yang memiliki rasa legit ini ternyata tidak dibuat dengan bahan baku tepung terigu, melainkan menggunakan tepung sagu. Untuk lebih lengkapnya mengenai bagaimana bika ambon original dapat dibuat, yuk simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Pertama-tama tentu Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam pembuatan bika ambon. Bahan-bahan untuk membuat bika ambon antara lain adalah seperti yang tercatat pada daftar berikut.

Bahan-bahan Bika Ambon

  • Tepung sagu 200 gram.
  • Gula pasir 200 gram.
  • Telur kuning 10 butir.
  • Ragi roti 1 sendok makan.
  • Gula pasir untuk biang, sebanyak 1 sendok makan.
  • Tepung terigu untuk biang, sekitar 1 sendok makan.
  • Air hangat untuk biang 3 sendok makan.
  • Santan dengan tekstur kental, sebanyak 300 ml.
  • Daun pandan 2 lembar.
  • Serai, 2 lembar.
  • Daun jeruk sebanyak 10 lembar.

Cara Pembuatan Bika Ambon

Setelah seluruh bahan-bahan di atas disiapkan, Anda dapat memulai proses pembuatan resep bika ambon. Berikut ini langkah-langkah membuat bika ambon yang dapat Anda ikuti.

  • Pertama-tama Anda harus membuat biang untuk dapat membuat bika ambon.
  • Biang dibuat dengan mencampur bahan-bahan biang seperti ragi roti, gula pasir, tepung terigu, dan air hangat. Aduk campuran itu hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Sambil menunggu, Anda dapat mulai merebus santan dengan serai.
  • Campurkanlah juga daun pandan dan daun jeruk ke dalamnya.
  • Tunggulah hingga rebusan tersebut mendidih.
  • Setelah mendidih, Anda dapat mendiamkannya hingga mencapai suhu hangat.
  • Sambil menunggu, Anda dapat mengocok kuning telur dan mencampurkan gula ke dalamnya.
  • Kocok hingga halus dan campurkan tepung sagu ke dalam kuning telur dan gula.
  • Selanjutnya, masukkan juga biang yang telah Anda buat juga adonan santan.
  • Aduklah hingga merata dan masukkan ke dalam loyang
  • Setelah itu Anda dapat memanggang adonan bika ambon ini pada api sedang hingga kering. Dilanjutkan dengan api besar hingga seluruhnya matang sampai ke permukaan.
  • Kemudian bika ambon pun siap untuk Anda sajikan dan nikmati kelezatannya.

Itulah resep bika ambon yang lezat dan dapat Anda buat di rumah sendiri. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Kue Awug, Si Hitam Manis Khas Jawa Barat

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini