Resep Bolu Kukus, Kue Tradisional Serbaguna

0
591
Resep Bolu Kukus, Kue Tradisional Serbaguna - ©bukalapak.com
Resep Bolu Kukus, Kue Tradisional Serbaguna - ©bukalapak.com

Nongki.net – Bolu Kukus, siapa sih yang tidak mengenal kue tradisional ini. Kue bolu merupakan salah satu jenis kue tradisional serbaguna khas Indonesia yang paling banyak digemari dan banyak disajikan di berbagai macam acara penting masyarakat Indonesia. Resep membuat kue satu ini telah banyak beredar di buku-buku maupun internet.

Jenis kue basah satu ini banyak digemari karena rasanya yang manis serta enak dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Sehingga setiap orang yang mencobanya pasti akan langsung ketagihan. Anda dapat membeli bolu kukus dengan mudah karena panganan satu ini termasuk jajanan pasar yang cukup laris dan memiliki banyak penggemar dari semua kalangan.

Penganan satu ini cukup menjadi favorit sebagai pilihan makanan ringan dalam berbagai acara hajatan, pernikahan, syukuran, hingga teman minum teh di sore hari ataupun bekal kue yang nikmat untuk anak ke sekolah. Karena telah menjadi makanan favorit, bolu kukus sangat mudah dijumpai di pasar tradisional atau toko penyedia makanan dan kue-kue. Dari segi harga, kue yang memiliki bentuk seperti cup cakes ini pun terbilang cukup murah.

Menjelang bulan Ramadhan yang akan tiba pada Mei 2019, kue bolu kukus banyak diburu oleh para ibu-ibu sebagai hidangan takjil saat berbuka puasa. Namun sayangnya tidak semua produsen pembuat bolu kukus di pasaran memperhatikan kualitas bahan dan kebersihannya. Seringkali ada produsen-produsen kue yang masih menggunakan bahan-bahan yang tidak baik untuk kesehatan. Misalnya, penggunaan zat pewarna makanan berbahaya.

Demi menjaga kesehatan buah hati Anda dan keluarga, tidak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri di rumah. Selain dapat menjamin kualitas bahan yang terbaik. Anda juga dapat berkreasi dengan kreatif saat membuat kue ini.

Baca Juga:  Resep Membuat Kue Wajik Ketan Yang Enak

Resep Kue Bolu Kukus dan Bolu Panggang Sederhana

Untuk membuat kue jajanan pasar ini, Anda dapat melihatnya di buku-buku resep masakan atau mencarinya di Internet. Cara membuat dan resep bolu kukus ini pun terbilang sangat sederhana. Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk proses pembuatannya.

Bahan-bahannya pun sangat mudah didapat, Anda bisa menemukannya di warung-warung terdekat. Untuk teknik pembuatannya, kue bolu bisa diolah dengan cara dikukus dan dipanggang. Bedanya, adonan kue bolu panggang akan dipanggang di dalam oven dan adonan kue bolu kukus akan dikukus di dalam panci kukus.

Dari segi adonan, kedua resep untuk cara membuat bolu tidak memiliki banyak perbedaan. Akan tetapi dari sisi ketahanannya, bolu panggang lebih awet daripada bolu kukus.

Kue bolu dapat disajikan dengan berbagai rasa sesuai selera. Topping-nya pun bisa Anda tambahkan dengan berbagai macam topping yang berbeda-beda. Pada umumnya yang paling digemari, yaitu rasa cokelat, keju, pandan, kue bolu pelangi dan lain-lain.

Anda juga bisa menambahkan topping seperti parutan keju atau pasta coklat di atasnya untuk menambah selera. Meskipun saat ini semakin banyak kreasi dan bentuk dalam membuatnya, bolu kukus tetap terasa lezat, lembut, dan manis.

Bagaimana, sudah tidak sabar untuk mengetahui cara-cara membuat kue mekar yang berbentuk mirip bunga ini? Yuk simak cara membuat kue bolu kukus dan cara membuat kue bolu panggang di bawah ini.

Baca Juga:  Resep Membuat Donat Yang Lembut Dan Empuk

Resep Membuat Kue Bolu Kukus

Bahan-Bahan Bolu Kukus:

  • 250 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir halus
  • 15 gram emulsifier
  • 3 butir telur
  • 220 ml susu cair
  • 1 sendok teh vanila bubuk
  • 2 sendok makan pasta cokelat
  • Cup kertas kue bolu

Cara Membuat Bolu Kukus:

  1. Siapkan alat cetakan kue bolu dan juga cup kertas untuk tempat adonan kue.
  2. Setelah itu taruh cup kertas ke dalam cetakan kue bolu.
  3. Persiapkan semua bahan yang sudah dijelaskan di atas dan campur semua bahan ke dalam sebuah wadah.
  4. Lalu, aduk semua bahan yang telah tercampur menggunakan alat mixer agar adonan tercampur lebih rata.
  5. Kemudian, aduklah adonan hingga mengembang dan menjadi berwarna putih.
  6. Setelah itu, ambil sepertiga adonan lalu pisahkan ke wadah yang berbeda untuk ditambah pasta cokelat ke dalamnya. Lalu aduk hingga rata sampai berwarna cokelat.
  7. Jika sudah selesai, masukkan adonan berwarna putih terlebih dahulu ke dalam cetakan yang sudah disediakan.
  8. Setelah itu, tambahkan adonan cokelat di atasnya.
  9. Persiapkan dandang atau panci kukus, lalu masukan adonan ke dalam panci tersebut.
  10. Kukus adonan hingga mengembang dan matang, akhirnya kue bolu kukus siap untuk dihidangkan.
Baca Juga:  Kue Putu Mayang, Jajanan Tradisional Yang Dirindukan

Resep Membuat Kue Bolu Panggang

Bahan-Bahan Bolu Panggang:

  • 100 gram tepung terigu
  • 125 gram gula pasir
  • 50 gr margarin (lelehkan)
  • 5 butir telur
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan emulsifier

Cara Membuat Bolu Panggang:

  1. Persiapkan bahan-bahan, seperti telur, gua pasir, emulsifier. Kocok bahan tersebut menggunakan mixer dengan kecepatan yang tinggi hingga mengembang dan kental.
  2. Lalu masukkan baking powder, vanili bubuk, dan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga tercampur merata.
  3. Setelah itu, tuang margarin yang telah dilelehkan dan aduk lagi hingga merata.
  4. Jika sudah selesai, tuangkan adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan tepung terigu agar tidak lengket.
  5. Panggang adonan lue bolu tersebut ke dalam oven sampai matang dan berwarna kecokelatan.
  6. Jika sudah matang keluarkan loyang dari oven dan kue bolu siap dihidangkan.
Baca Juga:  Resep Bika Ambon, Kue Manis Khas Medan Yang Lezat

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini