Resep Kolak Pisang Istimewa di Bulan Ramadan

0
436
Resep Kolak Pisang Istimewa di Bulan Ramadan -©allasiarecipes.com
Resep Kolak Pisang Istimewa di Bulan Ramadan -©allasiarecipes.com

Nongki.net – Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim. Selain karena seluruh amal baik akan dilipat gandakan tetapi juga makanan yang dihidangkan biasanya akan terasa sangat spesial terutama ketika berbuka puasa. Salah satu menu istimewa yang selalu hadir menemani tatkala Ramadan datang adalah kolak pisang. Menu satu ini terbilang cukup favorit karena rasanya yang enak sekaligus resep dan cara membuatnya yang relatif mudah.

Kolak pisang adalah menu masakan tradisional Indonesia yang berbahan dasar pisang atau juga ubi dengan kuah santan yang gurih dan manis. Panganan ini umumnya mudah ditemukan ketika bulan Ramadan datang. Namun tidak menutup kemungkinan juga pada bulan-bulan lainnya dihidangkan makanan ini.

Resep membuat kolak pisang pun terbilang sederhana dan bahan-bahannya mudah ditemukan di pasar tradisional terdekat. Jika Anda ingin membuat variasi lain, Anda dapat mengganti pisang dengan bahan lain seperti ubi atau singkong, labu kuning, kolang-kaling, nangka, durian, tapai atau tape, dan lain-lain.

Tidak perlu membeli jika Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Selain karena alasan kebersihan, Anda juga dapat memilih bahan-bahan yang berkualitas jika memasaknya sendiri. Terlebih lagi jika menu ini akan dihidangkan dan disantap bersama keluarga dan anak-anak Anda.

Tertarik untuk membuat kolak pisang sendiri di rumah? Yuk kita simak resep dan cara membuat menu kolak pisang istimewa di Bulan Ramadan berikut. Jangan lupa juga untuk terus mengikuti info-info menarik dan terbaru lainnya di situs tempat nongkrong online terbaik Nongki.net ya!

Baca Juga:  Bikin Kangen, Ini Resep Membuat Kue Putu Bambu

Bahan Membuat Kolak Pisang:

  • 2 buah pisang potong potong (sebaiknya gunakan pisang tanduk)
  • 200 gram singkong, potong potong
  • 200 gram labu kuning, potong kotak kotak
  • 200 gram ubi merah, potong potong
  • 400 gram gula merah sisir
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 50 gram nangka, belah menjadi dua memanjang
  • 1 sendok teh garam
  • 800 ml santan terbuat dari 1 butir kelapa
  • 1500 ml air

Cara Membuat Kolak Pisang dan Ubi:

  1. Rebus air dengan singkong yang telah dipotong potong, ubi dan labu kuning hingga matang.
  2. Kemudian masukkan gula merah sisir dan juga daun pandan, masak hingga mendidih.
  3. Kemudian tambahkan potongan pisang dan aduk aduk rata juga meresap.
  4. Terakhir masukkan nangka, santan dan garam masak hingga mendidih.
  5. Sajikan selagi masih hangat karena rasanya sangat enak dan lezat.
Baca Juga:  Resep Bika Ambon, Kue Manis Khas Medan Yang Lezat

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Pisang adalah tumbuhan yang hidup di daerah beriklim tropis panas, lembab dan di dataran rendah. Buah pisang terkenal sebagai penghasil energi dan di setiap 100 gram terdapat sekitar 136 kalori yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat.
Selain sebagai sumber energi, manfaat lain pisang diantaranya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena didalamnya terkandung Vitamin A, C, dan B6 yang yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Selain itu sebagai Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.

Mencegah Penyakit Jantung

Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

Kesehatan Janin

Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin. Asam folat berfungsi sebagai kesuburan wanita dan dapat meningkatkan pembentukan embrio atau janin pada masa kehamilan.

Mengatasi Anemia

Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.

Menurunkan Berat Badan

Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.
Baca Juga:  Resep Bolu Kukus, Kue Tradisional Serbaguna

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini