Resep Membuat Donat Yang Lembut Dan Empuk No ratings yet.

0
197
Resep Membuat Donat Yang Lembut Dan Empuk - Nongki Net
Resep Membuat Donat Yang Lembut Dan Empuk - Nongki Net

Nongki.net – Cara membuat donat sederhana namun dengan cita rasa yang lembut dan empuk bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan takaran yang pas dalam memilih dan menggunakan bahan-bahan.

Begitu juga saat proses pembuatan adonannya harus diaduk dengan baik dan merata agar donat dapat mengembang secara optimal.

Donat adalah kue basah berbentuk bulat yang memiliki lubang di tengahnya. Namun ada pula kue donat yang tidak berlubang. Makanan yang dibuat dari tepung terigu ini sangat popular dan disukai semua kalangan.

Apalagi saat ini kreativitas dalam membuat donat makin berkembang dan kreatif, terutama pada sentuhan finishingnya agar lebih menarik dan lebih nikmat. Ada yang menggunakan gula putih halus, selai, krim, meises, coklat, ataupun coklat warna-warni.

Baca Juga:  4 Resep Takjil Istimewa Pilihan Untuk Berbuka Puasa

Proses Membuat Donat

Cara membuat donat itu sendiri sebenarnya tidak sulit dan tak ubahnya dengan proses pembuatan kue basah lainnya. Yang justru membuat donat menjadi lebih istimewa adalah bentuknya yang terkembang secara optimal sehingga saat dimakan terasa lembut dan lezat.

Jika Anda tertarik untuk membuat donat sendiri di rumah, sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan seperti di bawah ini.

Baca Juga:  Nasi Jamblang, Kuliner Lezat Saat Melancong Ke Cirebon

Bahan-bahan Membuat Donat

Untuk membuat donat, kita perlu menyiapakan bahan-bahan dasarnya. Bahan-bahan ini relatif mudah untuk didapatkan dan harganya pun relatif tidak terlalu mahal. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • Tepung terigu ½ kg
  • Ragi instan 11 gram atau ½ bungkus
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Susu bubuk atau susu kental 3 sendok makan
  • Mentega 3 sendok makan
  • Telur 2 butir
  • Garam 2 sendok teh
  • Air sekitar 200 cc
Baca Juga:  Salah Kaprah, Ini Bedanya Gulai Dan Gule

Cara Membuat Donat

Setelah semua bahan telah disiapkan, selanjutnya akan kita bahas tahapan cara membuat donat sederhana berikut ini.

  • Kocok 2 butir telur hingga rata lalu tambahkan susu, mentega dan tepung terigu, gula pasir, serta garam dan terus aduk hingga merata.
  • Dengan wadah terpisah, kocok dan aduk campuran tepung terigu dan air hingga merata.
  • Campurkan kedua adonan tersebut dalam satu wadah lalu aduk hingga sempurna. Proses pengadukan harus dilakukan dengan sempurna hingga adonan terlihat halus. Diamkan adonan tersebut dengan diberi tutup hingga adonan mengembang atau sekitar 20 – 30 menit.
  • Setelah mengembang lalu cetak atau bentuk adonan berbentuk bulat dan lubangi bagian tengahnya dengan alat pelobang dan letakkan hasilnya dalam wadah bersih yang telah diolesi tepung terigu agar tidak lengket pada wadahnya. Selanjutnya cetak sampai semua adonan habis. Setelah itu diamkan sekitar 20 menit lagi agar donat mentah mengembang secara optimal.
  • Selanjutnya dilakukan penggorengan. Gunakan api kecil hingga panas minyak goreng merata. Lalu masukkan donat mentah ke dalamnya dan goreng hingga warna donat berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan hingga dingin. Gunakan wadah dengan alas kertas koran atau kertas buram agar minyak pada donat yang telah matang terserap.
  • Setelah itu taburi donat dengan gula halus putih, krim, coklat, ataupun meises sesuai keinginan dan selera Anda. Donat yang lembut dan lezat pun siap dihidangkan.
Baca Juga:  Tips Agar Tubuh Tidak Lemah dan Lesu Saat Berpuasa

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here