Resep Membuat Kue Wajik Ketan Yang Enak

0
702
Resep Membuat Kue Wajik Ketan Yang Enak - ©youtube.com
Resep Membuat Kue Wajik Ketan Yang Enak - ©youtube.com

Nongki.net – Kue Wajik ketan, siapa yang tidak mengenal kue tradisional ini? Walaupun sekarang sudah cukup sulit ditemukan, tetapi kue berwarna hidap dengan bentuk yang unik ini maih dapat Anda nikmati di jajanan pasar terutama penjual yang menjajakan kue basah di pagi hari.

Wajik yang biasa di kenal luas oleh masyarakat Indonesia adalah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan. Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan dan gula hingga berminyak dan memiliki rasa yang lembut di lidah.

Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna cokelat muda hingga cokelat tua bahkan kehitaman.

Setelah wajik diangkat dari tempat pengolahan, wajik kemudian akan dibentuk atau diiris sesuai dengan keinginan pembuat. Bentuk yang biasa dibuat adalah bentuk belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa biasa disebut bentuk wajik, oleh karena itu kue ini bernama kue wajik.

Semakin berkembangnya zaman, kue wajik kini tidak hanya berwarna cokelat ataupun hitam. Ada juga kue wajik yang berwarna hijau hingga merah muda

Para pembuat kue wajik akan menambahkan pewarna alami yaitu dari sari daun suji agar kue menjadi hijau. Sedangkan warna merah muda bisa didapat dari pewarna makanan. Wajik yang berwarna hijau dan merah muda tidak menggunakan gula merah melainkan menggunakan gula pasir.

Kue wajik juga biasanya memiliki aroma yang harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan.

Baca Juga:  Kue Keranjang Khas Kudus Saat Tahun Baru Imlek

Resep Membuat Kue Wajik Ketan

Cara membuat kue tradisonal berbahan ketan dan gula merah ini relatif cukup mudah dan sederhana. Anda dapat memperkenalkan kua basah tradisional khas Indonesia ini kepada anak Anda di rumah sebagai alternatif roti ataupun kue modern lainnya.
Walaupun bisa dipotong-potong kotak ataupun belah ketupat. Anda juga dapat berkreasi sendiri dengan bentuk lain agar lebih menarik dan disukai oleh si kecil.
Selain beras ketan dan gula merah, santan adalah bagian bahan yang dipergunakan untuk menghasilkan cita rasa yang gurih sedangkan daun pandan seperti biasa untuk menguatkan aroma supaya lebih sedap untuk disantap. Berikut adalah bahan dan cara membuat kue wajik ketan yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan Kue Wajik

  • 500 gr ketan putih, rendam dalam air minimal 3 jam sebelum dibuat.
  • 200 gr gula merah (disarankan untuk memakai gula kelapa atau aren agar rasanya lebih nikmat, bukan gula dari tebu).
  • 200 gr gula pasir (tambahan jika perlu).
  • 150 ml santan kental dari 1 butir kelapa.
  • 1/2 sdt garam atau secukupnya.
  • 250 air untuk merebus gula.
  • 2 buah daun pandan.
Baca Juga:  Klepon, Kue Tradisional Yang Legendaris

Cara Membuat Kue Wajik

  • Rendam ketan dalam air dingin minimal 3 jam sebelum dimasak. Buang air rendaman, cuci hingga bersih dan tiriskan.
  • Kukus ketan selama 15 menit hingga setengah matang yang ditandai dengan warna ketan berubah dari putih susu menjadi transparan.
  • Angkat dari kompor lalu tambahkan air hangat secukupnya ke dalam ketan setengah matang, kemudian aduk-aduk menggunakan garpu sehingga ketan tidak lagi menggumpal.
  • Kukus lagi ketan hingga benar-benar matang (kurang lebih 15 menit). Sisihkan.
  • Sisir gula merah, masukkan ke dalam panci. Tambahkan 250 ml air dingin, garam dan daun pandan.
  • Larutan gula pada air mendidih sambil sesekali diaduk hingga jumlahnya menyusut menjadi setengahnya dan treksturnya mengental menyerupai sirup (kurang lebih 15 menit).
  • Tambahkan santan kental ke dalam sirup gula dan teruskan memasak hingga larutan mengental dan berminyak. Angkat dari api.
  • Saring dan campurkan sirup gula tersebut ke dalam ketan matang di dalam wajan cekung yang agak besar. Aduk dengan sendok kayu hingga rata.
  • Panaskan wajik dengan suhu kecil sambil diaduk terus menerus hingga adonan tanak, mengeras dan teksturnya lengket (kurang lebih 10 menit).
  • Cicipi terlebih dahulu, jika perlu tambahkan gula pasir secukupnya jika rasanya belum sesuai dengan selera Anda. Aduk-aduk kembali hingga rata. Angkat dari api.
  • Tambahkan gula pasir selagi wajik dalam proses pemanasan, penambahan tanpa pemanasan akan menyebabkan wajik terlalu lunak dan lembek karena gula mengandung air.
  • Siapkan loyang atau wadah untuk tempat kue, olesi dengan sedikit minyak. Alasi dengan kertas roti jika perlu.
  • Tuang wajik ke dalam wadah yang sudah disiapkan, tekan-tekan dan ratakan. Biarkan dingin (pakai selembar plastik untuk menekan jika wajik terlalu lengket).
  • Potong-potong dengan bentuk sesuai selera, jika perlu bungkus setiap potong dengan plastik supaya tidak lengket satu sama lain. Hidangkan.

Catatan Lainnya:

  1. Jumlah gula pasir mungkin bervariasi tergantung jenis dan kadar kemanisan gula yang Anda pakai.
  2. Wajik sebenarnya sudah bisa Anda konsumsi tanpa pemanasan karena sudah matang, tetapi pemanasan membuat wajik lebih tanak dan tidak mudah bau.
  3. Alat yang paling baik untuk membentuk dan mengiris wajik yang cenderung lengket adalah peralatan yang terbuat dari plastik.
Baca Juga:  Bikin Kangen, Ini Resep Membuat Kue Putu Bambu

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini