Nongki.net – Jika kalian pergi ke New York maka kalian akan melihat patung besar, berupa patung wanita yang membawa obor. Ya, itulah patung Liberty.

Hadiah Persembahan Dari Rakyat Perancis

Patung ini merupakan hadiah dari rakyat Prancis kepada rakyat Amerika saat ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100. Hal ini merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara.

Patung ini di desain oleh seorang pemahat Perancis yang bernama Frédéric-Auguste Bartholdi, selesai pada bulan Juli 1884.

Proses Pembuatan Patung Liberty

Setelah selesai dibuat di Prancis, patung tersebut dibongkar, lalu dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika.

Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe’s Island di mulut pelabuhan Kota New York. Sehingga patung ini merupakan patung penyambut siapa saja yang masuk ke USA sekaligus menunjukan betapa megahnya negeri paman sam ini.

Namun karena lamanya proses pengepakan, patung Liberty baru bisa diresmikan oleh presiden Amerika, Grover Cleveland pada tanggal 28 Oktober 1886 dan terhitung sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Total Tinggi dan Berat Patung Liberty

Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri di atas landasan setinggi 46 meter.

Sehingga total tinggi patung liberty plus landasannya adalah 92 meter, benar-benar tinggi laksana raksasa.

Tentunya tidak hanya tinggi tapi juga kuat karena bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga.

Rangka baja patung Liberty, dibuat dan dirancang oleh Gustave Eiffel, sorang yang merancang dan membangun Menara Eiffel.

Sedangkan dinding berbentuk bintang yang mengelilingi alas, memiliki tinggi 47-m (154-ft) . Dinding ini merupakan bagian dari Fort Wood.

Berikut 10 fakta unik lainnya tentang Patung Liberty di Amerika:

  1. Nama asli patung ini adalah Liberty Enlightening the World.
  2. Patung ini merupakan pemberian dari Prancis untuk Amerika pada 1886.
  3. Patung Liberty adalah seorang figur perempuan yang melambangkan Libertas, Dewi Kebebasan dari Romawi.
  4. Patung ini memegang obor dan sebuah tablet yang bertuliskan tanggal deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat, yaitu 4 Juli 1776.
  5. Patung ini memiliki tinggi 93 meter, dengan berat 204 Ton. Untuk mencapai puncaknya, pengunjung harus memanjat 354 anak tangga.
  6. Dari mahkota Patung Liberty, wisatawan dapat melihat panorama Kota New York. Di mahkota ini terdapat 25 jendela.
  7. Patung Liberty dikunjungi sekira 4 juta wisatawan setiap tahunnya. Bila dibandingkan, patung ini cukup sejajar statusnya dengan Menara Eiffel yang dikunjungi 6 juta wisatawan dan London Eye yang dikunjungi 3,5 juta turis setiap tahun.
  8. Patung Liberty berada di Pulau Liberty, di pesisir New York. Kapal ferry yang mengantarkan pengunjung ke pulau ini gratis, lho!
  9. Patung ini kerap muncul dalam film-film terkenal, seperti Planet of teh Apes, Independence Day, dan The Day After Tomorrow. Bahkan, patung ini sering menjadi sasaran penghancuran alien dalam film.
  10. Pada 1984, Patung Liberty menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.
Baca Juga:  11 Pesona Tempat Wisata Dubai UAE

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini