Sejarah Gereja Pink Ho Chi Minh Vietnam Yang Memesona 5/5 (4)

0
345
Sejarah Gereja Pink Ho Chi Minh Vietnam Yang Memesona - ©vietnam-guide.com
Sejarah Gereja Pink Ho Chi Minh Vietnam Yang Memesona - ©vietnam-guide.com

Nongki.net – Gereja Tan Dinh atau yang biasa dikenal gereja pink (pink church) adalah sebuah gereja bergaya kastil Disney berwarna merah muda. Tidak sulit untuk menemukan gereja satu ini. Karena terletak di pusat kota Ho Chi Minh, Vietnam. Atau tepatnya berada di jalan 289 Hai Bà Trưng, Phường 8, Quận 3, Hồ Chí Minh, Vietnam.

Anda akan mudah mengenali gereja ini karena gereja pink berada di tengah-tengah pusat pertokoan. Warnanya yang mencolok mata akan memudahkannya terlihat bahkan dari kejauhan. Gereja pink adalah salah satu tempat wisata yang cukup terkenal saat Anda pergi belibur ke Ho Chi Minh, Vietnam.

Namun siapa sangka jika gereja yang dipengaruhi gaya arsitektur Perancis ini telah berusia lebih dari 150 tahun yang lalu. Meskipun sudah berdiri lebih dari satu abad, bangunan gereja pink ini sangat terawat dan masih digunakan sebagai tempat beribadah umat Katolik hingga saat ini. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai gereja yang sangat instagramable ini, Nongki.net telah merangkum beberapa informasi tentang sejarah gereja tua ini. Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Sejarah Gereja Pink Ho Chi Minh

Eksterior bangunan gereja pink, memiliki gaya arsitektur gotik - Nongki.net
Eksterior bangunan gereja pink, memiliki gaya arsitektur gotik – Nongki.net

Gereja Tan Dinh atau gereja pink telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Anda dapat menelusurinya kembali ke masa kolonial Perancis ketika pembangunan gereja dimulai, yaitu pada tahun 1970 dan selesai hingga tahun 1876. Gereja yang berusia lebih dari 150 tahun ini dibangun dalam arsitektur Gotik yang menampilkan desain gaya Romawi.

Gereja Tan Dinh atau yang dikenal juga sebagai Gereja Hati Kudus Yesus, dicat menggunakan warna merah muda cerah baik untuk eksterior maupun interior. Yang menjadikannya istimewa adalah letaknya yang berada di jantung kota modern sehingga menarik perhatian banyak orang yang melewatinya. Baik untuk melaksanakan ibadah maupun hanya sekedar berfoto ria bagi para pelancong yang datang dari luar negeri.

Baca Juga:  Pilihan Destinasi Wisata Menarik di Vietnam

Lokasi Gereja Pink Vietnam

Desain interior Gereja Pink di Ho Chi Minh - Nongki.net
Desain interior Gereja Pink di Ho Chi Minh – Nongki.net

Untuk dapat melihat gereja berwarna pink ini, Anda dapat menelusuri jalan Hai Bà Trưng yang berada di Distrik 3 kota Ho Chi Minh. Bukan hal yang mengejutkan apabila Anda melihat ratusan orang dan turis asing mengunjungi gereja ini.

Terlepas dari apapun agama mereka, namun semuanya berkumpul menjadi satu di gereja tertua dan paling mencolok di Ho Chi Minh ini. Para turis biasanya hanya sekedar mengagumi keindahan arsitektur dan tampilan warna gereja sambil berpose untuk foto. Ada juga yang sekaligus beribadah dan melakukan wisata religi.

Meskipun Gereja Tan Dinh atau gereja pink ini telah mengalami beberapa renovasi dan perbaikan setelah berusia lebih dari 150 tahun ini. Namun situs suci ini masih mempertahankan arsitektur aslinya dan tetap menjadi rumah bagi umat katolik. Meskipun perubahan sosial dan ekonomi telah berlangsung sangat cepat di lingkungan sekitar gereja selama bertahun-tahun.

Spot Lain di Sekitar Gereja Tan Dinh

Turis melakukan foto selfie di Gereja Tan Dinh - Nongki.net
Turis melakukan foto selfie di Gereja Tan Dinh – Nongki.net
Turis berpose foto di lingkungan Gereja Pink Vietnam - Nongki.net
Turis berpose foto di lingkungan Gereja Pink Vietnam – Nongki.net

Gereja pink terletak di Jalan Hai Ba Trung 289 di Distrik 3, Kota Ho Chi Minh. Dan hanya berjarak kurang lebih 100 meter, Anda akan dapat menemukan pasar Tan Dinh hanya dengan berjalan kaki. Pasar ini juga disebut-sebut telah ada hampir sekitar 100 tahun yang lalu.

Pasar ini menampung beberapa penjual makanan khas lokal serta food court. Selain itu, ada juga ribuan kios yang menjual pakaian, alas kaki, sepatu, buah-buahan dan tekstil.

Gereja ini telah berumur lebih dari 150 tahun dan dianggap sebagai gereja terbesar kedua di Ho Chi Minh setelah Katedral Notre Dame yang ikonik di distrik 1.

Itulah beberapa informasi sejarah tentang gereja pink. Anda dapat mengunjungi gereja ini setiap hari, namun tidak semua area bisa Anda masuki. Anda hanya bisa berfoto di sekitar pagar dalam dan luar pagar gereja.

Selain itu, terdapat juga patung Bunda Maria yang berada di salah satu sudut. Dan Anda juga bisa melihat patung Yesus besar yang berada di sisi dalam gereja namun tidak boleh dimasuki. Sehingga Anda hanya bisa melihatnya dari kejauhan.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Vietnam Yang Wajib Dikunjungi

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini