Sering Kesiangan? Ikuti 6 Tips Sederhana Ini Agar Mudah Bangun Pagi 5/5 (1)

0
639
Sering Kesiangan Ikuti 6 Tips Sederhana Ini Agar Mudah Bangun Pagi - ©herworld.com
Sering Kesiangan Ikuti 6 Tips Sederhana Ini Agar Mudah Bangun Pagi - ©herworld.com

Nongki.net – Sering terlambat karena bangun kesiangan? Hal ini bisa membuat Anda frustasi, bukan? Dan tentu Anda mendambakan ingin menjadi orang yang “morning person” agar tidak terlambat lagi.

Anda tahu bahwa bangun lebih awal adalah salah satu cara terbaik untuk menjadi lebih produktif. Anda juga mungkin mengetahui bahwa banyak pengusaha sukses di dunia ini adalah orang yang bangun lebih awal.

Namun, sekeras apa pun Anda berusaha, Anda sepertinya tidak bisa berhenti untuk menunda alarm dan kemudian melanjutkan tidur.

Anda tentu tidak ingin selamanya kesiangan dan menjadi orang yang kurang produktif. Berikut Nongki.net rangkum 6 tips agar Anda mudah bangun pagi dan menjadi “morning person”:

Baca Juga:  7 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

1. Cobalah Mengatur Alarm 1 Menit Lebih Awal Setiap Hari

Mengatur alarm Anda lebih awal tentu bukan berarti Anda harus membuat jam bangun menjadi 60 atau 30 menit lebih pagi.

Jika Anda terus-menerus menekan tombol “snooze” sampai waktu bangun biasanya, tubuh Anda mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri.

Jika target Anda ingin selalu bangun pukul 5 pagi, maka atur alarm Anda satu menit lebih awal setiap hari hingga Anda mencapai tujuan jam bangun tersebut.

Sebagai contoh, waktu bangun Anda saat ini biasanya puku 06:00 pagi. Sedangkan target Anda ingin terbiasa bangun pukul 05.00 pagi. Maka di hari pertama atur alarm Anda pukul 05.59. Hari berikutnya atur pukul 05.58. Hari ketiga 05.57. Begitu seterusnya, hingga tubuh Anda secara bertahap mengatur ritme bangun pagi mencapai target yaitu 05.00 pagi.

Dalam sebulan, Anda akan terbiasa bangun 15 menit sampai 30 menit lebih awal dan hampir tidak merasakan perbedaannya. Dari pola bangun sebelumnya dengan sekarang. Anda akan membuatnya menjadi lebih mudah untuk bangun pagi dengan memulai kebiasaan dan pola bangun pagi yang baru.

Anda mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai target jam bangun pagi Anda. Namun dengan cara ini, Anda akan membangun kebiasaan baru yang positif. Itu akan lebih baik daripada tidak pernah membiasakannya sama sekali.

2. Atur Janji Dengan Teman di Pagi Hari

Berjanji dan mengatur pertemuan untuk melakukan sesuatu dengan teman di pagi hari. Hal ini akan sangat efektif dan menciptakan rasa tanggung jawab pada diri Anda sendiri.

Setelah melakukan perjanjian, tentu Anda tidak ingin mengecewakan mereka dengan menunggu. Rasa tanggung jawab tersebut akan menciptakan sinyal biologis pada tubuh Anda.

Penelitian telah membuktikan bahwa ketika Anda memiliki suatu yang penting untuk dilakukan pada waktu tertentu, tubuh akan membangunkan Anda secara alami. Anda bahkan bangun lebih cepat sebelum alarm berbunyi. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut?

Hal itu karena Anda mempertaruhkan sesuatu dan akan merasa bersalah jika melewatkannya. Ketika jam alarm menjadi satu-satunya alat yang diandalkan untuk bangun lebih awal, tubuh Anda sebenarnya telah mengirim sinyal alami terlebih dahulu agar bangun lebih pagi.

via GIPHY

3. Manipulasi Lingkungan Kamar Agar Lebih Mudah Bangun Pagi

Bagi Anda yang suka tidur dengan kondisi gelap mungkin itu salah satu penyebab mengapa Anda selalu kesiangan. Tidur dalam kondisi gelap memang bermanfaat bagi kesehatan. Namun jika hal tersebut membuat Anda sering terlambat, maka sudah saatnya untuk mengubah lingkungan kamar Anda.

Sisakan celah sedikit pada jendela kamar Anda, agar sinar matahari masuk dan mengenai wajah Anda di pagi hari. Hal ini memang sangat mengganggu, tapi akan efektif membangunkan Anda di pagi hari.

Ketika cahaya matahari masuk dan mengenai wajah Anda, mata akan merespon walaupun masih dalam keadaan tertutup yang akan berdampak pada jam biologis tubuh Anda. Tubuh akan merespon bahwa ini adalah saatnya untuk bangun.

Saat kamar Anda terlalu gelap sampai cahaya matahari tidak dapat tembus. Jam biologis tubuh Anda akan menganggap bahwa hari masih gelap dan tubuh akan terus mengajak Anda untuk tertidur.

Baca Juga:  Tips Bermain Game Agar Mata Tidak Lelah

4. Jangan Letakan Alarm Dekat Kasur

Banyak dari kita memiliki kebiasaan meletakan alarm atau handphone di kasur atau dekat kasur. Hal ini akan menyebabkan Anda menjadi lebih mudah untuk menekan tombol “snooze”. Hasilnya, Anda akan merasa tidak sadar dan melanjutkan tidur.

Meletakan alarm di meja seberang dan jauh dari jangkauan akan memaksa Anda untuk berjalan. Ketika alarm berbunyi dan mengganggu tidur Anda, tentu Anda akan malas untuk mematikannya.

Saat Anda berjalan untuk mematikan alarm, aliran darah Anda akan berubah dan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar.

Namun jangan sekali-kali untuk berbaring kembali setelah mematikan alarm. Karena akan membuat tubuh Anda kembali ingin melanjutkan tidur.

Sebaiknya menyediakan segelas air putih sebelum tidur dan meminumnya sambil duduk di kursi setelah mematikan alarm.

5. Beri Alasan Yang Menyenangkan Untuk Bangun Pagi

Apa tujuan utama Anda untuk bangun pagi? Jika tujuan Anda adalah ingin melakukan jogging di pagi hari padahal Anda tidak suka berlari. Maka Anda akan mengasosiasikan bangun pagi dengan sesuatu yang tidak menyenangkan.

Ganti tujuan Anda yang dikaitkan dengan sesuatu yang menyenangkan. Rencanakan tujuan tersebut sebagai kegiatan yang Anda sukai di pagi hari. Saat jam alarm berbunyi, Anda tidak serta-merta menekan tombol “snooze” dan melanjutkan tidur. Tetapi akan benar-benar bangun dan turun dari kasur untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai.

Sebagai contoh, jika di dekat rumah Anda terdapat pasar pagi yang menjajakan nasi uduk ataupun kue yang Anda sukai namun Anda tidak pernah membelinya karena kesiangan. Maka ini akan memotivasi Anda untuk bangun pagi.

Intinya, jika tujuan Anda untuk bangun pagi tidak menyenangkan, Anda akan selalu melihat bangun pagi sebagai hukuman. Sebaliknya, jika tujuan bangun pagi adalah hal yang Anda sukai, maka Anda akan termotivasi dan bangun bahkan lebih awal sebelum alarm berbunyi.

6. Ubah Mindset Diri Anda Sendiri

Selama ini Anda memang terkenal sebagai orang yang “not a morning person”. Bahkan keluarga dan teman-teman Anda sudah mengetahui dan mengganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang biasa.

Tahukah Anda bahwa perjuangan Anda untuk menjadi “morning person” banyak berkaitan dengan kepercayaan diri? Meyakini dan mengakui diri sendiri bahwa Anda “bukan orang yang bisa bangun pagi” adalah keyakinan yang akan membatasi keinginan Anda untuk bangun pagi.

Ubah kepercayaan diri Anda dari “not a morning person” menjadi “I am a morning person”. Secara halus akan mengubah perilaku Anda karena kepercayaan diri membantu Anda untuk memenuhi target dan tujuan Anda.

Bangun pagi mungkin tidak akan mudah untuk beberapa minggu pertama. Tubuh Anda akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas baru ini.

Tapi jika Anda sudah bertekad dan sudah mengubah mindset pada diri Anda sendiri. Bukan hal yang mustahil jika kekuatan pikiran akan menjadikan Anda sebagai apa yang Anda pikirkan.

Dan Anda tidak akan pernah kembali menjadi “not a morning person” sebagai pembuktian kepada keluarga dan teman-teman Anda.

Baca Juga:  VIDEO: Tips Mengelola Gaji Bulanan Untuk Millennial

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini