Kue Awug, Si Hitam Manis Khas Jawa Barat

0
739
Si Hitam Manis, Kue Awug Khas Jawa Barat - Nongki Net
Si Hitam Manis, Kue Awug Khas Jawa Barat - Nongki Net
Nongki.net – Kue awug adalah salah satu makanan yang berasal dari daerah sunda. Di beberapa daerah di Jawa Barat, kue awug biasa juga dikenal dengan nama kue orog-orog (orok-orok).
Kue ini termasuk ke dalam kategori kue tradisional dan merupakan warisan kuliner turun temurun yang sudah mulai dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat dari luar sunda.
Kue tradisional awug ini dibuat dari komposisi tepung beras yang telah dikukus setengah matang kemudian dikukus kembali bersama dengan kelapa parut, daun pandan dan gula merah.
Proses pengukusan pada kue ini sedikit berbeda dari kue basah pada umunya. di mana awug ini menggunakan alat atau perabot dapur yang dinamakan dengan seeng atau panci berbentuk panjang (lebar pada bagian bawah dan mulut panci. Serta menggunakan anyaman kulit bambu berbentuk kerucut yang disebut dengan aseupan.
Bahan dan cara membuatnya pun terbilang sederhana dan mudah didapatkan. Berikut adalah resep dan cara membuat kue tradisional awug.
Baca Juga:  10 Kuliner Lombok Yang Wajib Anda Coba

Bahan-bahan Untuk Membuat Kue Awug

  • Tepung beras 1,5 kg
  • Gula merah 500 g
  • Kelapa parut satu butir
  • Air garam sebanyak 500 ml
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar
  • Garam halus sebanyak 2 sendok teh
Baca Juga:  7 Tempat Wisata Belanja di Georgetown Penang Malaysia

Cara Membuat Kue Awug

  1. Siapkan perabotan yang akan digunakan untuk mengukus bahan awug karena awug kue tradisional ini dibuat dengan cara dikukus. Perabotan tersebut adalah panci panjang atau juga dikenal dengan nama seeng dan anyaman kulit bambu bentuk kerucut (aseupan).
  2. Nyalakan api kompor dan panaskan seeng. Kemudian letakkan aseupan pada bagian bibir seeng dengan menyiramkan air secukupnya ke dalam bibir seeng yang sudah tertutup aseupan tersebut. Biarkan air dalam seeng tersebut mendidih.
  3. Sementara itu bahan awug berupa tepung beras dan kelapa parut (setengah dari takaran) dimasukkan ke dalam aseupan dalam seeng tadi. Lalu siram tepung beras dan kelapa parut dengan air garam secukupnya. Aduk sampai tercampur rata, lembab dan membentuk gumpalan kecil. Setelah itu letakkan daun pada bagian pinggir aseupan.
  4. Selanjutnya sisir halus gula merah dan campurkan pada campuran bahan awug yang telah ada dalam kukusan (biasanya pada bagian tengah awug). Kemudian tutup dengan membuat lapisan baru dari tepung yang masih tersisa sampai aseupan terisi penuh. Tutup seeng dan tunggu sampai awug matang.
  5. Sementara menunggu pengukusan awug selesai, siapkan wadah dengan alas daun pisang lalu angkat awug yang sudah dikukus matang dan tumpahkan pada wadah dengan alas.
Baca Juga:  Resep Membuat Kue Wajik Ketan Yang Enak

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini