Sifat dan Karakter Manusia Berdasarkan Golongan Darah

0
453
Sifat dan Karakter Manusia Berdasarkan Golongan Darah - ©ipospedia.com
Sifat dan Karakter Manusia Berdasarkan Golongan Darah - ©ipospedia.com

Nongki.net – Anda tentu telah mengetahui bahwa di dunia ini banyak sekali penggolongan sifat seseorang seperti zodiak, hari lahir, shio, golongan darah dan lain-lain. Meskipun belum teruji kebenarannya, namun penggolongan sifat ini telah digunakan oleh beberapa perusahaan untuk menjaring kandidat karyawan yang tepat. Contoh lainnya yaitu di negara Amerika Serikat, beberapa orang percaya bahwa mereka akan melihat zodiak untuk menentukan calon pasangan paling potensial. Sedangkan di negara Jepang dan Korea Selatan, penentuan sifat berdasarkan golongan darah lebih populer dibandingkan zodiak.

Seperti dilansir Sciencedaily, Jepang lantas melakukan penelitian untuk mengetahui lebih dalam mengenai sifat umum manusia berdasarkan golongan darah. Seperti kita ketahui bersama bahwa golongan darah terbagi atas 4 macam yaitu golongan darah A, B, AB dan O. Keempat golongan tersebut dipercaya memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing.

Berdasarkan penelitian tersebut, berikut adalah karakteristik sifat manusia berdasarkan golongan darah. Yuk kita simak selengkapnya!

Baca Juga:  Imlek 2019: Tahun Babi Tanah. Ini Fakta Unik Hewan Tersebut

Kepribadian Golongan Darah A

Orang-orang yang memiliki golongan darah A di percaya memiliki sifat terorganisir, konsisten, mudah bekerja, namun sangat perfeksionis. Karakter perfeksionis ini lah yang justru membuat golongan darah A selalu cemas karena terlalu memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

Mereka juga diketahui memiliki sifat yang tenang ketika menghadapi situasi kritis bahkan disaat semua orang panik. Namun, mereka cenderung menghindari konfrontasi atau konflik dan tidak nyaman di dekat orang yang tidak cocok dengan dirinya.

Golongan darah A yang pemalu, cenderung bersikap sangat sopan serta mempertimbangkan orang lain dalam bertindak. Tapi semua orang dengan golongan darah A memiliki kesamaan yang mirip yaitu tidak pernah benar-benar merasa cocok dengan orang lain.

Mereka sangat bertanggung jawab dan bekerja keras. Jika ada pekerjaan yang harus dilakukan, mereka lebih memilih untuk mengurus sendiri dan memastikan tugas akan selesai tepat waktu meski harus menyita waktu lainnya. Namun mereka lebih mengutamakan kerja keras, bukan kerja cerdas. Hal inilah yang membuat mereka merasa kesulitan untuk mencari jalan pintas. Mereka termasuk orang-orang mendambakan kesuksesan dan perfeksionis.

Orang-orang bergolongan darah A juga sangat kreatif dan paling artistik dari semua tipe darah. Kemungkinan besar karena sensitivitas mereka. Orang dengan golongan darah A juga dianggap klasik karena sensitif, mudah tersinggung dan terluka kemudian stres.

Dalam hubungan asmara, golongan darah A cenderung pasif dan menunggu pihak lain mengungkapkan perasaannya terlebih dahulu. Secara umum sifat golongan darah A yaitu:

  • Berkepala dingin, serius, sabar dan tenang.
  • Mempunyai karakter yang tegas, bisa diandalkan dan dipercaya tetapi sangat keras kepala.
  • Sebelum melakukan sesuatu orang bergolongan darah A biasanya memikirkannya terlebih dahulu dan mempunyai perencanaan yang matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.
  • Teratur dan selalu ingin mengikuti aturan yang ada.
  • Berusaha membuat diri mereka sewajar dan seideal mungkin.
  • Bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang serta bersifat pendiam.
  • Mencoba menekan perasaan mereka dan kelihatan tegar. Walaupun sebenarnya mereka mempunyai sisi yang lemah seperti gugup dan lain sebagainya.
  • Cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang bertemperamen sama.
Baca Juga:  Yuk Cek Keberuntungan Shio Kamu Di Tahun Babi Tanah

Kepribadian Golongan Darah B

Orang dengan darah tipe B memiliki karakter tidak sabar, aktif dan bersemangat. Mereka cenderung kurang kooperatif karena lebih suka mengikuti aturan dan ide-ide mereka sendiri. Mereka adalah seorang individualis. Lebih mengutamakan pikiran mereka daripada perasaan mereka. Oleh sebab itu terkadang tampak dingin dan serius. Orang dengan darah tipe B sering dianggap tidak konvensional dari pada jenis golongan darah lainnya.

Golongan darah B juga merupakan seseorang yang tidak bisa dikendalikan oleh orang lain. Mereka adalah pemikir kreatif dan penembak yang jitu, sehingga tidak suka membuang waktu untuk hal-hal kecil.

Mereka akan merasa kesal ketika seseorang melanggar aturan di depannya, tetapi ia tidak merasa dendam. Orang-orang dengan golongan darah B biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan menghargai kebebasan.

Mereka mudah berteman sebab memiliki sifat jujur, menjaga perasaan, dan mudah membuat orang tertawa.Umumnya, orang dengan golongan darah B senang mendapat perhatian.

Maka dari itu, mereka terkadang suka mendengarkan dan melibatkan diri di percakapan orang lain.Dalam hubungan percintaan, mereka dengan mudah berubah.Mereka mudah jatuh cinta tetapi mudah pula melupakan.

Mereka memiliki rasa ingin tahu dan kreativitas yang tinggi, sehingga mereka terkadang kurang fokus.Oleh sebab itu, mereka juga bisa menjadi egois dan impulsif.

  • Pemilik golongan darah B ini suka penasaran dan tertarik terhadap segala hal baru.
  • Mempunyai terlalu banyak kegemaran dan hobi. Kalau sedang suka dengan sesuatu biasanya mereka menggebu-gebu namun cepat juga bosan.
  • Tapi biasanya mereka bisa memilih mana yang lebih penting dari sekian banyak hal yang di kerjakannya.
  • Ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal dan tidak mau hanya dianggap rata-rata. Cenderung melalaikan lain hal jika sedang terfokus pada satu hal. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mengerjakan sesuatu secara berbarengan alias kurang bisa multi-tasking.
  • Terlihat cemerlang, riang, bersemangat dan antusias dari luar tetapi sebenarnya semuanya ternyata sama sekali berbeda dengan yang ada di dalam diri mereka.
Baca Juga:  Ini 3 Pilihan Investasi Terbaik Untuk Anda

Kepribadian Golongan Darah O

Orang dengan golongan darah O memiliki kepribadian terbuka, energi kuat dan sosial yang tinggi. Mereka yang paling fleksibel dibandingkan dengan semua golongan darah.

Mereka mudah memulai suatu pekerjaan tetapi sering mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya karena mereka mudah menyerah. Sehingga termasuk orang yang sulit untuk diandalkan. Golongan darah O selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka tanpa berpikir panjang tentang orang lain.

Meski begitu, mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Juga termasuk orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Orang-orang bergolongan darah O terlahir sebagai pemimpin karena berpengetahuan luas dan dihormati. Mereka lebih mengutamakan tindakan dari pada perkataan. Mereka tidak memiliki masalah dalam mempertahankan lingkaran sosial yang besar. Dalam pekerjaan, mereka memiliki tujuan untuk menang dan dapat mencapai hal-hal dengan sukses.

Golongan darah O biasanya jujur tentang apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Hal itu dapat berdampak buruk seperti menjadi keras kepala dan cenderung merendahkan apa yang tidak mereka sukai. Mereka memiliki ambisi untuk menang dan tidak ingin terkalahkan. Hal itu membuat mereka kesulitan untuk berkompromi dan angkuh untuk meminta maaf.

  • Golongan darah O biasanya berperan dalam menciptakan gairah untuk suatu grup dan berperan dalam menciptakan suatu keharmonisan diantara para anggota grup tersebut. Biasanya mereka berjiwa leadership sebagai seorang pemimpin.
  • Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksakan sesuatu dengan tenang
  • Apabila kesal terhadap seseorang, mereka susah marah terhadap orangnya langsung.
  • Biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Mereka dermawan dan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk orang lain.
  • Disukai oleh semua orang meski keras kepala dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.
  • Di lain pihak, mereka sangat fleksibel dan gampang menerima hal-hal yang baru.
  • Gampang di pengaruhi oleh orang lain dan lingkungan.
  • Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati.
Baca Juga:  5 Tips Perawatan Agar Kulit Sehat dan Bercahaya

Kepribadian Golongan Darah AB

Orang dengan golongan darah AB sulit diprediksi. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu yang sama. Misalnya, mereka bisa pemalu dan bisa tiba-tiba sebaliknya. Mereka dengan mudah beralih dari satu berlawanan dengan yang lain.

Orang-orang yang bergolongan darah AB pada dasarnya memiliki sifat yang unik. Mereka suka menghabiskan waktu sendirian dan tetap tenggelam dalam dunianya sendiri. Di Korea, suatu kepercayaan umum menganggap orang-orang dengan golongan darah AB adalah seorang jenius. Setelah mereka tertarik pada sesuatu, mereka akan sangat mendalaminya dan sedikit mengabaikan hal lain.

Mereka sangat teliti dan praktis, mereka tidak senang melakukan sesuatu yang bukan demi kepentingan pribadinya. Mereka ingin menjaga hal-hal yang jelas tanpa kerumitan yang terlibat. Karena tidak senang orang lain ikut campur dalam hidupnya, mereka cenderung bertindak dingin dan itu menyakiti perasaan orang lain. Orang-orang menganggap mereka yang bergolongan darah AB misterius karena mereka tidak suka mengungkapkan sisi pribadinya.

Orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab, tetapi tidak dapat menangani terlalu banyak. Mereka tidak keberatan membantu asalkan kondisi mereka sendiri mampu. Orang dengan tipe darah ini tertarik dalam seni dan metafisika.

AB dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka hengkang dari pekerjaan ketika terdapat hal-hal tidak memenuhi harapan mereka. Dikenal sensitif dan ingin mendapat perhatian untuk mengimbangi kekurangan dari jenis darahnya.

Dalam beberapa kasus, sejumlah perusahaan mencoba membagi karyawan mereka kedalam kelompok kerja berdasarkan golongan darah dan tak seorang pun ingin bekerja dengan kelompok golongan darah AB.

  • Memiliki perasaan yang sensitif, lembut.
  • Penuh perhatian dan menjaga perasaan orang lain dan selalu menghadapi orang lain dengan kepedulian serta kehati-hatian.
  • Di samping itu mereka keras dengan diri mereka sendiri juga dengan orang-orang yang dekat dengannya.
  • Mereka jadi cenderung kelihatan mempunyai dua kepribadian.
  • Mereka sering menjadi orang yang sentimen dan memikirkan sesuatu terlalu panjang dan dalam.
  • Punya banyak teman, tapi membutuhkan waktu dan tempat untuk menyendiri dalam memikirkan persoalan-persoalan mereka.
Baca Juga:  VIDEO: Teknik Dasar Breakdance Untuk Pemula

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini