Nongki.net – Gerakan-gerakan street dance atau breakdance tidak hanya menawarkan keindahan, namun juga melatih dan meningkatkan fisik kamu. Seperti empat gerakan dasar breakdance yang ada berikut ini.

1. Indian Step Toprock

Teknik Breakdance Indian Step Toprock - Nongki Net
Teknik Breakdance Indian Step Toprock – Nongki Net
  • Condongkan Tubuh ke Belakang – Indian step toprock adalah gerakan dasar, namun penting untuk membangun alur gerakan tubuh kamu secara menyeluruh. Mulai dengan berdiri, kemudian condongkan tubuh sedikit ke belakang, dan putar bahu ke belakang. Setelah itu condongkan tubuh ke posisi awal. Latih ini hingga kamu mendapatkan ritmenya. Saat menguasainya, guncangan tubuh kamu saat bergerak akan berkurang. Gerakanmu akan lebih pendek dan cepat.
  • Silangkan Kaki Kanan di Atas Kaki Kiri – Berdiri tegak dengan telapak kaki saling berdampingan. Gerakkan kaki kanan ke depan seperti melangkah, namun arahkan secara diagonal ke kiri. Telapak kaki kanan kamu harus berada jauh dari telapak kaki kiri, tidak menyentuhnya. Angkat tumit kiri untuk menyokong gerakan kamu.
  • Step back – Bawa telapak kaki kanan ke belakang sehingga kamu berdiri dalam posisi netral. Di sini, kedua telapak kaki kamu kembali berdampingan.
  • Silangkan Kaki Kiri di Atas Kaki Kanan – Ulangi langkah menyilangkan kaki, tetapi kini kaki kiri yang bergerak aktif.

2. Siz Step

Teknik Breakdance Siz Step - Nongki Net
Teknik Breakdance Siz Step – Nongki Net
  • Ambil Posisi Jongkok – Teknik footwork seperti ini akan menambahkan variasi ke gerakan toprock. Gerakannya terlihat mengintimidasi. Tetapi sebetulnya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Awali dengan mengambil posisi jongkok atau merendahkan tubuh.
  • Posisikan Tangan – Posisikan tangan kiri ke lantai di belakang punggung. setelah itu sapukan kaki kanan ke arah depan dan langsung ke belakang, dilanjutkan menempatkan kedua tangan di lantai yang berada di depan tubuh kamu. Tahan gerakan saat kaki kanan menyentuh kaki kiri.
  • Gerakan Kaki Kiri – Lalu gerakkan kaki kiri ke belakang, namun pastikan posisi kaki kanan dan kedua tangan tidak berubah. Setelah itu ke dalam hingga posisi tubuh seperti melakukan push up, tetap dengan posisi tangan-tangan yang berubah.
  • Masukkan Kaki Kiri – Masukkan kaki kiri ke depan, posisi kedua tangan dan kaki kanan tetap. Kemudian dorong kaki kanan ke depan hingga telapak kaki menyentuh sudut tekukan lutut kiri, dan jepit.
  • Lepaskan Jepitan – Lepaskan jepitan, sapukan kaki kiri ke depan dan kemudian langsung ke belakang dengan posisi tangan kanan sudah tidak menyentuh lantai dan tangan kiri sudah dalam keadaan menyentuh lantai di belakang punggung.
Baca Juga:  Harga Tiket: Wisata Jewel Bandara Changi Singapura

3. Handstand Freeze

Teknik Breakdance Handstand Freeze - Nongki Net
Teknik Breakdance Handstand Freeze – Nongki Net
  • Posisikan Telapak Tangan di Lantai – Freeze  adalah upaya menahan posisi di akhir rangkaian gerakan. Sementara handstand adalah salah satu gerakan freeze yang paling mudah. Awali gerakan ini dengan menempatkan tangan di lantai, persis di depan kamu. Pastikan bukaan tangan selebar bahu. Jaga lengkungan pada punggung.
  • Tendangkan – Mulai dengan menendang kaki ke atas untuk mengukur seberapa besar (tenaga) dorongan yang kamu perlukan. Saat sudah siap, tendangkan (salah satu) kaki dengan (tenaga) dorongan, dilanjutkan dengan kaki satunya. Untuk mendapatkan momentum yang pas, tendangkan kaki begitu kamu menempatkan tangan di lantai. Jika masih ragu-ragu dengan hasilnya atau mempelajari keseimbangan, kamu bisa melakukannya dengan dinding sebagai penahan.
  • Tekuk Kaki – Sebagian besar breakdancer belajar menekuk kakinya ke belakang sembari melakukan handstand. Ini memberi kamu stabilitas tambahan sehingga bisa melakukan freeze lebih lama. Tetapi untuk awal, sebaiknya kamu fokus melakukan handstand dengan sempurna dan menjaga keseimbangan. Saat kemampuan berkembang, sesuaikan posisi kaki untuk freeze yang lebih lama.
  • Mendarat dengan Telapak Kaki – Mendarat juga membutuhkan keseimbangan. Pindahkan beban tubuh ke salah satu lengan. Condongkan kaki yang berlawanan ke arah pendaratan kamu. Saat kamu mulai mencondongkan kaki, gravitasi akan menarik kamu ke bawah. Kendalikan proses pendaratan ini. Pastikan mendarat dengan telapak kaki. Setelah itu berdiri.

4. Corkscrew Up

Teknik Breakdance Corkscrew Up - Nongki Net
Teknik Breakdance Corkscrew Up – Nongki Net
  • Ambil Posisi Jongkok – Gerakan corkscrew up adalah cara gaya untuk bangkit dari lantai. Seperti gerakan breakdance lainnya, trik ini bisa digabungkan dengan gerakan lainnya. Mulai corkscrew up dengan mengambil posisi jongkok.
  • Silangkan Kaki – Lilitkan salah satu kaki di kaki lainnya, seperti halnya kamu saat melakukan six step. Sebagai contoh, kaki kanan kamu bergerak di bawah lutut kiri. Posisikan tangan kanan di lantai yang berada di belakang kamu untuk menyokong berat badan.
  • Berputar ke Arah Tangan Penyokong – Tepat sebelum mulai bangkit, putar tubuh menuju ke arah tangan yang berada di lantai. Gunakan gerakan ringan. Kamu hanya butuh momentum yang  tepat untuk bangkit.
  • Dorongan Tangan dan Telapak Kaki – Berikan dorongan lembut dengan anggota badan untuk membantumu bangkit. Kamu akan butuh momentum untuk kembali ke posisi berdiri yang netral.
  • Berputar – Saat kamu bangkit, berpalinglah dari tangan yang ada di lantai. Berputarlah sampai mendekati arah yang ingin kamu tuju. Untuk berhenti, Anda bisa mengangkat kaki yang melengkung tadi dan menjejakkannya ke lantai dengan cepat. Gerakan ini juga bisa dilakukan secara terbalik untuk mendekat ke permukaan lantai.
Baca Juga:  VIDEO: Tips Liburan Hemat Ke Korea Selatan

Bersenang-senang dan ekspresikan diri melalui breakdance memang seru, tapi ingat sebelum melakukan gerakan-gerakan di atas pastikan kamu melakukan pemanasan. Jaga keamanan diri seperti pelindung lutut, siku ketika proses belajar dan selalu berhati-hati ketika pertama mempelajari gerakan-gerakan ini. Ketahui kemampuan tubuh mu sebenarnya, bro.

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini