Tips Agar Tubuh Tidak Lemah dan Lesu Saat Berpuasa

0
422
Tips Agar Tubuh Tidak Lemah dan Lesu Saat Berpuasa - ©cosmopolitan.co.id
Tips Agar Tubuh Tidak Lemah dan Lesu Saat Berpuasa - ©cosmopolitan.co.id

Nongki.net – Berpuasa bukan menjadi alasan kita untu bermalas-malasan melakukan aktivitas. Kegiatan sehari-hari harus terus berjalan meskipun kita sedang berpuasa. Namun ada satu alasan yang membuat orang untuk malas melakukan sesuatu apapun yaitu tubuh lesu dan lemas terutama pada siang hari. Lantas, apa yang menyebabkan tubuh seseorang menjadi lesu dan lemas ketika melakukan puasa?

Meskipun kita berpuasa kegiatan sehari hari harus jalan terus, sehingga kita perlu asupan nutrisi yang cukup, ke banyakan masyarakat kita kadang sangat berlebihan dalam menyikapi waktu berbuka puasa atau sahur, apalagi biasa nya dalam bulan Ramadhan menu buka puasa atau pun sahur di buat lengkap.

Meskipun sahur dilakukan ketika kita lagi enak tidur, bukan berarti menu makanan sahur bisa seada nya, menu sahur sangat lah penting karena akan sangat menetukan energi yang akan kita dapatkan dalam menjalani kegiatan seharian.

Berikut adalah 10 tips agar tubuh tidak lemah dan lesu yang berhasil Nongki.net rangkum dari berbagai sumber. Yuk simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  12 Tips Liburan Seru Saat Puasa Ramadan

1. Perbanyak minum air putih

Sahur bisa di mulai dengan segelas air putih hangat, esok nya tubuh kita memerlukan banyak asupan cairan.Karena hal yang tersulit di tahan ketika kita berpuasa adalah rasa haus di banding dengan rasa lapar, karena seharian tubuh kita akan banyak kehilangan cairan.Sangat di anjurkan untuk minum air sebanyak 2 liter sehari pada waktu sahur dan buka puasa.

Berpuasa bukan berarti kita bisa mengurangi kebutuhan cairan tubuh kita dong. Apalagi air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena tubuh kita 80% terdiri dari air.

Saat berpuasa kita banyak kehilangan cairan tubuh, oleh karena itu dibutuhkan cairan cukup sebagai persediaan dalam tubuh.

Penggantian cairan yang hilang dapat Anda lakukan aat buka puasa dan setelah sholat tarawih. Tetap menjaga tubuh agar tetap terhidrasi yaitu dengan minum masing-masing 2 gelas air putih pada saat sahur, buka dan sebelum tidur.

Juga air kelapa bisa diminum sebagai pengganti elektrolit yang hilang.

2. Makan buah dan sayur

Perbanyak makan sayur dan buah buahan yang bermanfaat untuk menghindari konstipasi atau sembelit. Selain itu juga dapat banyak memberi kesegaran pada tubuh karena buah buahan dan sayuran itu banyak mengandung elektrolit.

Sayur dan buah merupakan makanan berserat yang dapat mencegah sembelit yang sering kali menjadi masalah pada saat kita berpuasa. Kandungan vitamin juga sangat dibutuhkan pada saat berpuasa yang dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran untuk tetap sehat saat puasa.

Seperti vitamin C dan E yang dapat diperoleh dari pepaya dan jeruk untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika Anda malas mengonsumsi buah secara langsung cobalah olah buah dan sayur menjadi salad buah yang lezat untuk dikonsumsi.

3. Makanan mengandung zat besi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi pada waktu sahur akan bermanfaat untuk menghindari tubuh lemas dan mengantuk, karena zat besi membantu pasokan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Baca Juga:  Sering Kesiangan? Ikuti 6 Tips Sederhana Ini Agar Mudah Bangun Pagi

4. Makan makanan berkarbohidrat tinggi

Pilihlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat, seperti nasi putih atau roti gandum, karena akan membuat gula darah cenderung stabil. Makanan yang banyak mengandung zat gula akan membuat tubuh menjadi cepat lapar.

Menurut dokter ahli gizi mengatakan bahwa menu sahur yang sehat adalah menu yang akan menjaga gula darah tetap stabil seharian. Menu sehat tersebut harus mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah.

Karbohidrat kompleks mengandung serat tinggi supaya penyerapannya pelan-pelan, gula darah naiknya pelan-pelan, dan akan dimasukkan ke sel oleh insulin secara perlahan. Karena itu, menjelang buka puasa gula darahnya masih tinggi sehingga tidak merasa lemas di siang hari.

Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah dan kentang rebus. Kamu bisa juga makan ikan, daging ayam serta putih telur yang mengandung protein. Menu seperti ayam popcorn, sup macaroni, tumis kangkung, serta nasi goreng telur bisa jadi pilihan.

5. Hidari gorengan

Sebaiknya tidak menggunakan menu gorengan sebagai menu sahur, karena makanan yang di goreng cenderung untuk menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari, karena makanan yang di goreng akan menimbulkan kehilangan banyak oksigen pada makanan.

6. Hindari makanan tidak sehat

Hindari memakan makan yang pedas atau berlemak, karena kan menimbulkan gangguan pada pencernaan. Berpuasa seharian membuat tubuh kita membutuhkan makanan yang bergizi yang dapat mengganti energi yang hilang.

Tentunya dengan mengisi perut dengan makanan bergizi. Kebiasaan ingin praktis dengan mengonsumsi junkfood pada saat berbuka puasa sangatlah baik.

Junkfood mengandung lemak jenuh, tinggi gula dan pemanis buatan yang sangat tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi junkfood dihari-hari biasa pun tidak dianjurkan, apalagi pada saat berpuasa.

Baca Juga:  7 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

7. Jangan tidur setelah makan

Sangat dianjurkan untuk menghindari tidur setelah sahur, karena energi yang di hasilkan setelah makan hanya di pakai untuk tidur tidak di gunakan untuk beraktivitas. Makan terlalu mepet waktu tidur meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke tenggorokan, kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah.

Hal ini dapat berdampak pada peningkatan risiko sleep apnea dan berkaitan dengan stroke. Selain itu, sahur itu waktunya jam tiga ke atas kemudian mengukuhkan niat agar puasa tidak terganggu rasa lapar dan dahaga.

8. Makan secukupnya

Pakai lah porsi makan biasa jangan berlebihan dalam sahur, karena perut yang kekenyangan akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman

9. Makan dengan santai

Nikmati makanan, jangan terburu buru mengunyah, karena tubuh akan di paksa untuk memproses makan yang di kunyah secara terburu buru.Sehingga tubuh akan menjadi lemas karena tubuh tidak cepat menyerap nutrisi makanan.

10. Berbuka dengan makanan manis

Tips puasa tetap sehat selama bulan ramadhan dengan mengonsumsi makanan manis sudah  dianjurkan sejak jaman rasulullah.

Karena memang makanan manis dapat diserap makanan secara cepat oleh tubuh, contohnya kurma. Kurma bisa menjadi makanan pengganti energi yang cepat setelah hilang seharian dan dapat dicerna secara cepat oleh tubuh.

Baca Juga:  5 Tips Perawatan Agar Kulit Sehat dan Bercahaya

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini