Nongki.net – Anda mungkin sering bertanya, “Gimana, sih, caranya menabung? Kenapa gajiku selalu habis setiap bulan?”.

Pertanyaan ini biasanya sering terlontar oleh generasi millennial atau generesi Y yang lahir antara tahun 1984-1991.

Mereka kesulitan menabung karena generasi ini dianggap kurang bisa berkomitmen jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu generasi X.

Baca Juga:  4 Tipe Kepribadian Yang Sulit Untuk Menabung

Jangan Terpengaruh Godaan Gaya Hidup

Menabung memang membutuhkan komitmen. Padahal, anak muda angkatan kerja sekarang—yang sebagian besar adalah generasi millennial—memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang tuanya atau bahkan generasi sebelumnya.

Generasi millennial pun dihadapkan pada tantangan yang lebih beragam dibanding Gen X ketika berbicara tentang komitmen, salah satunya komitmen menabung.

Salah satu karakteristik generasi millennial yang lain adalah selalu ingin terlihat keren dan mengikuti perkembangan zaman di belahan dunia manapun secara real-time.

Godaan seperti gadget terbaru yang selalu keluar setiap beberapa bulan, traveling ke tempat-tempat impian, salebaju dan sepatu merek favorit, atau hiburan malam yang tidak ada habisnya jika dituruti.

Perbedaan karakteristik ini membuat panduan cara mengelola gaji terus berubah seiring perubahan zaman.

Di satu sisi, memang wajar jika anak muda, terutama yang baru pertama kali bekerja, sering menghabiskan uangnya untuk bersenang-senang.

Namun, mau tak mau, ketika semakin dewasa dan saat wawasan bertambah, tata kelola keuangannya pun harus semakin bijaksana.

“Ketika orang baru masuk kerja, tendensinya memang bersenang-senang. Ketika semakin dewasa dan wawasannya bertambah, mau tak mau pengelolaan keuangannya juga harus semakin bijak,” ungkap seorang pakar keuangan.

Ungkapannya tersebut dapat menjadi pemicu bagi siapa saja untuk mengelola gaji bulanan lebih bijak. Jangan biarkan tata kelola keuangan yang buruk merusak impian yang hendak Anda raih di masa depan.

Ingatlah bahwa kondisi finansial yang sejahtera akan membuat hidup lebih bernilai dan bermakna bagi orang lain, termasuk pasangan, keluarga, atau siapa saja yang dicintai.

Tabunglah 10% Gaji Anda Di Awal Bulan

Menabung dan berinvestasi memiliki seni tersendiri agar bisa sukses. Banyak ahli finansial ternama dunia mengatakan kunci sukses mengelola gaji adalah selalu konsisten sisihkan dana di awal saat hari gajian tiba, bukan saat di akhir.

Jumlahnya bisa sekitar 10% dari total gaji bulanan yang diterima. Bentuk dananya bisa berupa tabungan di bank atau investasi reksadana.

Jika ingin menginvestasikannya dalam bentuk reksadana, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang menjadi pedoman. Satu yang paling penting, pilih Manajer Investasi (MI) di Sekuritas atau agen penjual di bank yang terpecaya.

Selain membuat investasi yang dilakukan lebih terjamin dan terukur pasti, 10% gaji bulananmu juga akan menjadi berlipat ganda dalam beberapa tahun mendatang dengan modal yang terbilang kecil.

Ya, investasi reksadana memang hanya memerlukan biaya sekitar Rp100.000-250.000 untuk modal awal.

Sangat praktis dan cocok bagi yang ingin menyisihkan gajinya untuk investasi.

Baca Juga:  7 Keuntungan Dalam Menabung Emas. Tertarik?

Tentukan Tanggal Menabung Tiap Bulan

Tanamkan niat yang kuat dalam diri untuk terus konsisten menabung di tanggal yang sama. Bantuan dari anggota keluarga atau sahabat dekat bisa membantu Anda.

Ingatkan mereka untuk terus mendukung Anda menabung dengan nilai yang sama tiap bulannya.

Catat baik-baik tanggalnya di kalender yang setiap hari terlihat oleh Anda di rumah agar lebih mudah.

Selain itu, menabung juga memerlukan perencanaan yang matang. Perhatikan baik-baik pola pengeluaran yang dilakukan setiap tahun.

Bulan apa saja yang kira-kira mengeluarkan banyak biaya? Hal-hal yang kerap ‘mengganggu’ arus keuangan, seperti membeli hadiah saat pasangan ulang tahun, biaya mentraktir teman-teman sekantor, atau biaya liburan akhir tahun bisa diantisipasi lebih dini.

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini